Sukses

11 Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan, Antivirus

Manfaat minyak kayu putih berasal dari sineol dan eucalyptusnya.

Liputan6.com, Jakarta Minyak kayu putih merupakan minyak esensial yang dibuat dari penyulingan daun kayu putih. Minyak kayu putih memiliki kandungan sineol sekitar 65 persen. Sineol inilah yang memberikan sensasi hangat dan menenangkan dari minyak kayu putih. Tak heran jika kemudian banyak yang memanfaatkan minyak kayu putih bagi kesehatan.

Selain menghangatkan, kandungan sineol dalam minyak kayu putih juga memiliki kemampuan antiradang dan antioksidan. Hal inilah yang membuat manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan bisa atasi masalah pernapasan. Masalah pernapasan ini meliputi asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Minyak kayu putih merupakan minyak atsiri asli Indonesia yang memiliki kandungan senyawa sineol cukup tinggi. Tak hanya sineol, terdapat pula kandungan eucalyptus dalam minyak kayu putih ini. Eucalyptus memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antimikroba. Hal inilah yang menjadikan manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan semakin patut diandalkan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Batuk

Batuk dapat muncul dari beberapa hal, seperti alergi, infeksi virus, atau kondisi lainnya. Minyak kayu putih dapat berfungsi sebagai dekongestan alami hanya dengan menghirup uapnya.

Terdapat pula senyawa sineol yang dapat melegakan saluran pernapasan. Sehingga dahak dan rasa gatal tenggorokan bisa diredakan karenanya.

Manfaat ini bisa dirasakan dengan mengusapnya ke dada atau leher. Bisa juga dengan menghirup uapnya secara langsung atau meneteskannya dalam baskom air hangat.

Nyeri Sendi

Memiliki masalah pada nyeri sendi dan pegal-pegal memang tak menyenangkan. Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi keluhan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis mengandung ekstrak minyak Eucalyptus.

Alih-alih mengonsumsi obat, lebih baik gunakan minyak kayu putih yang juga memiliki kandungan serupa. Minyak kayu putih memiliki eucalyptus dan sineol yang bisa menghangatkan persendian.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Pernapasan

Tak hanya bisa mengatasi batuk dan pilek, minyak kayu putih bisa atasi asma, sinusitis, dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). Manfaat ini berasal dari sifat antiradang dan antioksidan minyak kayu putih.

Hal inilah yang kemudian membuat minyak kayu putih dapat mengurangi cairan seperti dahak pada saluran pernapasan. Tak hanya mengurangi tetapi juga membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Minyak kayu putih sering digunakan untuk meredakan masalah hidung tersumbat. Cajuput yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan. Senyawa ini dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Antivirus

Minyak kayu putih merupakan minyak atsiri asli Indonesia yang memiliki kandungan eucalyptus. Sementara eucalyptus ini memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri.

Penelitian tentang potensi eucalyptus pernah diunggah Badan Litbang Kementerian Pertanian. Namun, penelitian tersebut tidak menggunakan minyak kayu putih, melainkan minyak atsiri yang juga terbuat dari eucalyptus.

Mengutip laman Balitbangtan, setelah uji molecular docking, dilakukan uji in vitro di laboratorium Biosafety Level 3 (BSL-3). Hasilnya menunjukkan, Eucalyptus sp. bisa membunuh 80 – 100 persen beberapa virus.

Penelitian tersebut belum menggunakan virus Sars-CoV-2, penyebab COVID-19. Virus corona yang digunakan dalam penelitian adalah virus corona jenis lain (tidak disebutkan jenisnya).

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Sakit Kepala

Minyak kayu putih dipercaya dapat meredakan sakit kepala. Tak menyembuhkan tetapi meredakan karena kandungan sineolnya. Sineol memberikan sensasi hangat dan dapat menenangkan penggunanya.

Jika ingin mendapat sensasi yang lebih menghangatkan, minyak murni dari eucalyptus solusinya. Eucalyptus memiliki kandungan sineol lebih tinggi yakni sekitar 85 persen.

Menjauhkan Serangga

Gangguan  nyamuk dapat mendatangkan berbagai macam keluhan penyakit. Menggunakan semprotan pengusir nyamuk mungkin efektif, namun mengandung bahan kimia yang terlalu kuat.

Untuk bisa menjauhi serangga, coba oleskan minyak kayu putih. Saat ini sudah ada minyak botanical pengusir serangga yang dibuat dari ekstrak minyak lemon Eucalyptus.

Menggunakannya akan membuatmu terhindar dari penyakit bawaan serangga nyamuk seperti malaria dan demam berdarah. Selain nyamuk, kutu juga bisa diusir dengan minyak kayu putih. Hanya perlu meneteskan minyak kayu putih di kulit kepala.

Kulit

Minyak kayu putih tak hanya bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan. Minyak kayu putih pun bisa membantu mengatasi infeksi pada kulit.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan zat sineol pada minyak kayu putih. Kandungan ini dapat memberikan sensasi hangat dan mengurangi rasa sakit pada permukaan kulit. 

Selain menghangatkan, minyak ini juga dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Hanya saja tak semua orang cocok menggunakannya.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Merawat Luka

Luka pun bisa diringankan dan disembuhkan dengan minyak kayu putih. Pengobatan ini sudah kerap digunakan oleh suku Aborigin Australia. Bedanya, mereka menggunakan daun minyak kayu putih.

Tak heran jika minyak kayu putih, kini diandalkan untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Jika tidak suka menggunakan minyaknya, bisa gunakan krim atau salep kayu putih.

Entah menggunakan minyak atau salepnya, manfaat ini tetap bisa dirasakan. Hanya perlu mengoleskan pada area luka, terutama yang gatal seperti herpes.

Bekas Jerawat

Minyak kayu putih memang memiliki sifat inflamasi tinggi. Tak heran jika kemudian minyak ini cocok untuk meremajakan kulit. Terutama untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menerapkannya juga cukup mudah. Hanya perlu mencampur gel lidah buaya dengan minyak kayu putih. Lalu oleskan pada bekas jerawat secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan setelah menggunakan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Ketombe

Tak hanya kesehatan kulit, tetapi kesehatan rambut bisa didapat dari minyak kayu putih. Minyak esensial ini memiliki sifat antijamur yang bisa membasmi masalah ketombe.

Jamur Malassezia furfur adalah jamur yang menyerang kulit manusia. Jamur ini bisa mengakibatkan masalah kulit, seperti ketombe atau panu. 

Menurut sebuah penelitian, campuran minyak esensial seperti kayu putih dan atsiri terbukti dapat melawan jamur Malassezia di kepala. Jadi, tak heran jika kemudian produksi kulit ketombe di kepala dapat dikurangi.

Hanya saja, penggunaannya perlu lebih hati-hati. Jangan terapkan pada luka di kulit kepala yang berketombe. Jika terlanjur, efeknya pasti akan sangat perih dan sebabkan iritasi.

Kram Otot

Kram otot bisa diredakan menggunakan minyak kayu putih. Manfaat ini berasal dari sifat analgesik yang dimilikinya.

Kontraksi otot yang datang secara tiba-tiba akan mereda saat menggunakan minyak kayu putih. Aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu karena masalah kram otot.

Hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada area yang mengalami kram otot. Pijat secara perlahan untuk melemaskan. Selain itu, konsumsi buah dan air putih lebih banyak dari biasanya sebagai penunjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.