Sukses

10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Serius

Jalan pagi adalah cara sederhana menjaga kesehatan keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Bangun di pagi hari merupakan awal yang baik untuk memulai rutinitas hidup sehat. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah berolahraga. Tak perlu melakukan olahraga berat di pagi hari.

Cara yang paling sederhana untuk mendapat manfaat kesehatan di pagi hari adalah dengan jalan kaki. Berjalan kaki 30 menit di pagi hari dapat memberikan manfaat menakjubkan bagi tubuh. Udara pagi yang segar juga dapat menenangkan saraf, meningkatkan susasan ahati, dan memberi energi positif.

Jalan kaki di pagi hari dapat menurunkan risiko yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Jalan kaki di pagi hari adalah cara mudah meregangkan ersendian dan jantung.

Berikut manfaat jalan kaki di pagi hari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat jalan pagi

Bantu penurunan berat badan

Berjalan di pagi hari dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan, berat badan akan turun dengan segera. Berjalan membantu meningkatkan detak jantung dan membakar kalori yang penting untuk menurunkan berat badan.

Turunkan risiko diabetes

Jalan pagi 30 menit dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2. Berjalan memungkinkan sel-sel di otot menggunakan lebih banyak glukosa, membantu membakar lemak tubuh yang tidak diperlukan, dan juga membantu meningkatkan Indeks Massa Tubuh.

Berjalan juga membakar kalori yang dapat mencegah obesitas. Obesitas adalah penyebab utama penyakit diabetes yang disebabkan karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

3 dari 6 halaman

Manfaat jalan pagi

Baik untuk jantung

Berjalan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Melakukan rutinitas ini setiap hari dapat memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah. Jalan pagi juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan mencegah hipertensi.

Cegah Arthritis dan Osteoporosis

Gaya hidup yang tidak aktif dalam memicu kaku pada persendian. Kekakuan ini dapat memicu perkembangan gejala radang sendi. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan 5 kali dalam seminggu dapat membantu meredakan nyeri artritis, kekakuan serta menyediakan energi untuk tubuh. Berjalan melatih sendi dengan lembut dan menguatkannya, bersama dengan meningkatkan kepadatan tulang.

4 dari 6 halaman

Manfaat jalan pagi

Cegah stroke

Jalan pagi membantu menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Berjalan cepat selama setengah jam lima kali seminggu membantu dalam menurunkan risiko stroke. Selain itu, berjalan di pagi hari juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

Kontrol kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah jantung yang berbahaya bagi kesehatan. Mengikuti gaya hidup aktif dan termasuk berjalan di pagi hari adalah cara terbaik untuk memastikan kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol.

Jalan pahi membantu mencegah Aterosklerosis. Ini merupakan kondisi i yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena penimbunan plak atau kolesterol pada dinding arteri. Penyumbatan terjadi di dinding bagian dalam arteri di organ-organ seperti otak, ginjal, jantung, dan kaki.

5 dari 6 halaman

Manfaat jalan pagi

Kuatkan otot

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas dan naiki tangga, berjalan naik dan turun bukit, atau berjalan di turunan atau di atas treadmill. Tambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali seminggu untuk lebih otot yang lebih sehat.

Bantu fokus sepanjang hari

Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk fokus sepanjang hari. Berjalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan fungsi kognitif. Berjalan juga dapat membantu Anda berpikir lebih kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan membuka aliran gagasan secara bebas, yang dapat membantu memecahkan masalah dengan lebih baik.

Olahraga teratur, seperti berjalan, dapat membantu melindungi ingatan dan meningkatkan keterampilan berpikir. Ketika berjalan oksigen dan suplai darah ke otak dipercepat. Ini mengarah pada peningkatan kewaspadaan mental, fungsi otak, dan memori.

6 dari 6 halaman

Manfaat jalan pagi untuk kesehatan mental

Bantu tidur nyenyak di malam hari

Berjalan dapat membantu tidur nyenyak di malam hari. Sebuah studi kecil tahun 2017 mengamati orang dewasa berusia 55 hingga 65 yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau hidup dengan insomnia ringan. Mereka yang berolahraga di pagi hari mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Jalan pagi membantu menenangkan pikiran dan pada akhirnya, Anda bisa tidur nyenyak dan merasa cukup istirahat ketika bangun keesokan harinya.

Cegah depresi

Ada manfaat fisiologis untuk berjalan di pagi hari. Gangguan suasana hati ini mungkin sering menimbulkan banyak gangguan lainnya pada anak muda dan orang dewasa. Berjalan di pagi gari bisa jadi solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini. Saat berjalan endorfin pembunuh rasa sakit alami mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Berjalan cepat setiap hari selama 30 hingga 60 menit mampu meningkatkan mood, mengurangi stres, kecemasan, dan kelelahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini