Sukses

Bocah Ini Bantu Mandikan Anjing Jalanan Secara Sukarela, Alasannya Bikin Haru

Alasan bocah 11 tahun ini bikin banyak netizen terharu.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan tentu saja cukup menyenangkan. Pasalnya, selain sebagai teman bermain adanya hewan peliharaan di rumah dapat membuat suasana rumah menjadi leih hidup.

Namun, meski begitu tak sedikit pula orang-orang yang dengan tega menelantarkan hewan peliharaan di jalanan. Berbagai alasan pun dibuat mengenai penelantaran hewan tersebut. Mulai dari sudah tua dan tak selucu saat kecil, hingga telah malas untuk merawat hewan peliharaan tersebut.

Tentu saja alasan-alasan tersebut tak dapat dibenarkan. Pasalnya, banyaknya hewan peliharaan yang dibuang di jalanan ini menjadi tak terawat bahkan mungkin saja meresahkan masyarakat lainnya.

Oleh karena itu, seorang anak bernama Thiago asal Brasil memilih untuk membantu memandikan anjing-anjing jalanan secara sukarela. Bocah 11 tahun ini memilih untuk menjalani perannya yang meski terbilang sebagai gerakan kecil namun cukup serius. Namun, dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (6/12/2021) alasan Thiago untuk memandikan anjing-anjing jalanan secara sukarela ini menjadi perhatian banyak netizen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membuat proyek sendirian

Thiago yang masih berusia 11 tahun menjajal sebuah proyek bernama "Sou de rua mas to limpinho” atau yang memiliki arti "Saya tuna wisma tapi saya bersih". Namun, proyek yang dibuat oleh Thiago ini bukan dilakukan untuk dirinya sendiri. Akan tetapi untuk berbagai anjing-anjing liar yang ada di jalanan.

Thiago sendiri memilih untuk pergi ke jalan-jalan yang ada di kotanya di Antonio Prado untuk mencari anjing liar untuk memandikan mereka. Hal ini dilakukan karena dirinya ingin mempersiapkan anjing-anjing tersebut untuk diadopsi oleh seseorang.

3 dari 3 halaman

Bekerja dengan toko lokal hingga jadi vegetarian

Menurut ayah dari Thiago, Eduardo, ia menyebutkan jika sang anak telah memulai proyek memandikan anjing liar sejak akhir 2020 lalu. Bahkan, bocah tersebut juga memberikan wewangian serta merapikan bulu-bulu anjing sebelum mengembalikannya lagi ke jalanan. Hal ini dilakukan agar orang-orang dapat lebih melihat anjing-anjing tersebut sehingga memiliki keinginan untuk diadopsi.

"Dia mendedikasikan hari Sabtu untuk memandikan anjing-anjing yang diselamatkan dan tersedia untuk diadopsi, saya mengambil foto karena foto kualitas meningkatkan kemungkinan adopsi anjing. Hingga saat ini, proyeknya telah memandikan hewan-hewan liar sebanyak 47 kali.” ujar Eduardo seperti yang dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (6/12/2021).

Bukan hanya itu saja, namun Thiago juga bekerja bersama toko-toko lokal yang menyumbangkan produk perawatan hewan. Mulai dari sampo hingga makanan hewan. Dirinya pun mendedikasikan hari Sabtu untuk merawat anjing-anjing liar tersebut.

Tak hanya memandikan anjing-anjing liar secara sukarela agar dapat diadopsi saja, akan tetapi Thiago juga diketahui telah menjadi seorang vegetarian. Hal ini dikarenakan dirinya sulit menerima kenyataan bahwa banyak hewan yang dilahirkan hanya untuk dibesarkan dan dijadikan sebagai makanan.

Kerja keras Thiago ini pun mendapat begitu banyak apresiasi dari masyarakat lokal. Bahkan, tak sedikit pula yang menyebut jika gerakan yang dibuat oleh anak 11 tahun tersebut mampu menginspirasi banyak orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.