Sukses

Cara Mengganti Kata Sandi Gmail yang Lupa, Aman dan Praktis

Ada beberapa cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa sangat diperlukan bagi kamu yang cukup jarang membuka email. Selain jarang membuka akun Gmail, rumitnya kata sandi Gmail dan tidak menyimpannya merupakan penyebab lain seseorang perlu mengganti kata sandinya.

Mencari cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa sangat dibutuhkan agar kamu bisa mengakses atau menggunakan email. Tak perlu panik jika kamu memang lupa kata sandi Gmail.

Pasalnya, cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa sangatlah mudah. Berikut ada beberapa cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).

Tak hanya langkah-langkah cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa, artikel ini juga dilengkapi dengan tips membuat kata sandi yang aman agar tidak mudah dikenali orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengganti Kata Sandi dengan Akses Laman Google

Cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa pertama dengan masuk ke laman browser accounts.google.com. Setelah itu, apabila kamu lupa kata sandi, maka bisa memilih tulisan lupa password atau kata sandi yang terletak di bawah kolom login atau kolom password.

Kemudian masukkan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan ke akun Google. Kemudian klik tombol berikutnya dan masukkan kembali password lama yang pernah digunakan. Kata sandi lama di sini maksudnya adalah apabila kamu pernah mengganti kata sandi Gmail sebelum lupa dengan password baru.

Selanjutnya ikuti proses yang diberikan oleh Google sampai selesai. Mengikuti semua prosedur dilakukan untuk memverifikasi juga, bahwa kamu memang benar pemilik akun tersebut. Oleh karena itu, kamu tetap harus mengisi yang benar dan jangan asal mengisi saja. Langkah ini pun dilakukan untuk memudahkan proses selanjutnya.

Setelah selesai namun tetap tidak berhasil, masuk pada akun Gmail yang kamu miliki. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan serta pemulihan alamat email, dan juga nomor handphone pemulihan.

 

3 dari 5 halaman

Cara Mengganti Kata Sandi dengan Nomor Handphone Pemulihan

Cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan nomor handphone. Sama seperti langkah sebelumnya, yaitu kamu harus masuk terlebih dahulu pada halaman recovery akun terlebih dahulu dan memilih pilihan untuk menggunakan nomor handphonemu.

Akses laman accounts.google.com/signin/recovery. Sampai ketemu laman form baru yang meminta nomor handphone. Isi semua yang diminta seakurat mungkin. Masukkan nomor handphone lalu klik “SEND” atau “Kirim”. Lalu cek handphone dan buka SMS kamu. Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat SMS dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.

Masukkan kode lalu “Next” atau “Selanjutnya” Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik "Next".

Lalu akan muncul laman untuk ganti password. Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buat password yang kuat tetapi mudah diingat.

4 dari 5 halaman

Cara Mengganti Kata Sandi dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan

Cara mengganti kata sandi Gmail yang lupa lainnya bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan keamanan yang terkait saat pembuatan alamat Gmail lali. Cara ini merupakan alternatif yang bisa kamu lakukan, ketika kamu lupa dengan password Gmail.

Sama dengan sebelumnya, kamu juga harus masuk terlebih dahulu pada halaman Google recovery. Kemudian masukan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan. Setelah itu akan muncul halaman untuk menuliskan password lama.

Kamu bisa skip bagian tersebut dan klik pilihan “Coba Pertanyaan Lain”. Kemuadian kamu bisa skip langkah-langkah yang ada hingga kamu sampai pada halaman dengan perintah untuk menjawab pertanyaan keamanan.

Pertanyaan keamanan ini masih berkaitan dengan pertanyaan yang pernah kamu jawab saat membuat sebuah akun Gmail. Selanjutnya kamu diharuskan untuk memasukkan bulan dan juga tahun saat kamu membuat Gmail tersebut dan klik “Berikutnya” atau “Next”.

Setelah memasukkan bulan dan tahun, pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk menuliskan password baru. Lalu kamu bisa menggunakan akun Gmail kembali dengan password baru yang sudah kamu buat.

5 dari 5 halaman

Tips Membuat Kata Sandi Gmail yang Aman

Untuk memberi keamanan akun Gmail secara maksimal, pastikan password atau kata sandi yang kamu buat memiliki tingkat kesulitan yang sulit untuk ditebak. Berikut ada beberapa tips membuat password atau kata sandi agar akun Gmail tetap aman.

1. Gunakan kata atau karakter yang mudah diingat.

2. Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka.

3. Minimal gunakan huruf dan angka.

4. Sandi Gmail selalu menggunakan minimal 8 karakter. Semakin panjang dan banyak kombinasi semakin kuat.

5. Jangan gunakan nama, tanggal lahir, alamat rumah, nama hewan piaraan atau kata lain yang mudah ditebak.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini