Sukses

9 Cara Mengatasi Sinusitis, Bisa dengan Bahan Alami

Tidak sulit dan bisa dengan bahan alami, berikut cara mengatasi sinusitis tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus sendiri adalah bagian berupa rongga kosong yang terletak di tulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan batang (ethmoid).

Salah satu fungsi dari sinus adalah untuk menghasilkan mukus. Mukus sendiri adalah cairan lengket dan tebal yang letaknya di hidung. Mukus akan membantu dalam mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi, serta benda-benda asing yang bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh.

Pada beberapa kasus, kehadiran sinusitis dapat menyebabkan komplikasi salah satunya infeksi tulang. Kemudian, pada kasus sinusitis yang sangat jarang di mana hanya ada sekitar satu dari 10.000 kasus, infeksi tersebut bisa menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah bahkan otak.

Maka tidak heran jika memahami bagaimana cara mengatasi sinusitis menjadi sangat penting. Sebenarnya cara mengatasi sinusitis masih bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, yang perlu diingat adalah cara mengatasi sinusitis di rumah untuk infeksi yang masih cukup ringan dan belum terlanjur parah.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja cara mengatasi sinusitis, penyebab, serta gejala yang timbul. Simak baik-baik penjelasannya, Selasa (8/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Sinusitis

1. Obat semprot dekongestan

Cara mengatasi sinusitis yang pertama dengan obat semprot dekongestan. Fungsi dari penggunaan obat ini yaitu bisa mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi penyumbatan pada sinus.

Tapi, pengunaan semprotan ini harus hati-hati dan tidak disarankan untuk waktu yang lama. Sebab, penggunaan obat semprot dekongesatan dalam jangka waktu lama, justru akan menjadi penyebab penyumbatan pada sinus semakin memburuk.

 

2. Obat tablet dekongestan

Selain menggunakan jenis obat semprot, cara mengatasi sinusitis bisa dengan dekongestan dalam bentuk tablet. Fungsi dari penggunaan obat ini juga sama, yaitu untuk mengurangi pembengkakan serta mengurangi penyumbatan yang terjadi di area sinus. Namun ada baiknya selalu konsultasikan dahulu ke dokter sebelum penggunaan dekongestan tablet maupun semprot.

 

3. Hirup uap

Selain menggunakan obat di atas, cara mengatasi sinusitis juga dapat dilakukan secara alami. Cukup siapkan air panas dalam mangkuk besar, kemudian hirup uap yang keluar dari air panas tersebut. Langkah pengobatan sinusitis ini memang banyak dilakukan, meski sebenarnya belum ada pembuktiannya secara ilmiah. Namun, dengan menghirup uap, penderita sinus setidaknya bisa merasa lebih lega saat bernapas.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Sinusitis

4. Kompres air hangat

Saat melakukan penguapan, bisa juga mengompres hidung dan bagian sekitar hidung dengan air hangat tersebut. Cara ini juga dapat membantu gejala sinusitis sedikit mereda. Yang pasti, cara mengatasi sinusitis mudah dilakukan di rumah

 

5. Cukupi kebutuhan cairan

Selain cara mengatasi sinusitis di atas, cara ini juga mudah dilakukan di rumah. Biasanya, sinusitis bisa muncul karena kondisi udara yang mungkin terlalu kering. Itulah mengapa, tubuh memerlukan banyak cairan untuk meningkatkan kadar kelembapan. Konsumsi cairan yang paling baik bisa dengan air mineral, namun bisa juga konsumsi jus sayur atau buah. Selain memenuhi kebutuhan cairan, juga mampu memberi tambahan nutrisi dan meningkatakan kesehatan tubuh.

 

6. Bersihkan hidung dengan garam

Mungkin cara mengatasi sinusitis ini terdengar ekstrim, tapi sebenarnya ini adalah cara yang sangat efektif untuk dilakukan. Cara aplikasi air garam untuk bersihkan hidung juga tidak terlalu susah, cukup dengan membilas hidung dengan air garam hingga dirasa bersih. Tapi memang, diperlukan kehati-hatian serta konsentrasi ketika melakukan cara mengatasi sinusitis ini.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Sinusitis

7. Gunakan humidifier

Penggunaan alat humidifier dapat membantu untuk atur kelembapan ruangan. Cara mengatasi sinusitis ini akan mengurangi kekeringan pada mukus serta memudahkan dalam bernapas saat sedang tidur. Tapi memang, harga dari alat ini tidak murah.

 

8. Perhatikan posisi bantal

Umumnya, para penderita sinusitis akan sangat disarankan untuk menopang kepalanya dengan bantal bertumpuk. Usut punya usut, ternyata ini adalah salah satu cara mengatasi sinusitis yang bekerja dengan mengurangi jumlah tekanan pada area sekitar sinus serta mengurangi rasa sakit yang timbul.

 

9. Campuran madu dan lemon

Selanjutnya, cara mengatasi sinusitis dengan alami bisa menggunakan campuran madu dan lemon. Madu adalah jenis antiseptik alami, sedangkan lemon adalah sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Cara aplikasinya cukup dengan ambil satu sendok teh madu dan air dari setengah buah lemon. Kemudian, campur dua bahan tersebut ke dalam air hangat dan minum.

5 dari 6 halaman

Gejala Sinusitis

Lalu apa saja gejala yang timbul dari sinusitis? Umumnya sinusitis akan menimbulkan gejala-gejala seperti di berikut ini:

- Batuk.

- Demam.

- Sakit kepala.

- Napas berbau.

- Hidung tersumbat.

- Sakit tenggorokan.

- Daya penciuman berkurang.

- Menurunnya daya pengecap.

- Hidung terus mengeluarkan cairan hijau pekat.

- Rasa sakit atau ada tekanan di daerah dahi, pipi, hidung di antara mata.

Biasanya, timbulnya gejala-gejala sinusitis tersebut akan semakin memburuk ketika malam hari. Apabila peradangan tidak terlalu parah, umumnya gejala tersebut bisa membaik setelah 7-21 hari. Akan tetapi, jika masih tak kunjung membaik, maka segera konsultasikan pada dokter.

6 dari 6 halaman

Kondisi Medis Pemicu Sinusitis

Ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu timbulnya sinusitis. Berikut adalah beberapa kondisi medis yang dapat menjadi penyebab sinusitis tersebut:

- Polip hidung.

- Sistem kekebalan tubuh lemah.

- Saluran udara tersumbat dari sekret, seperti akibat alergi.

- Deviasi septum hidung. Merupakan kondisi tulang hidung bergeser ke samping dan menyebabkan penyumbatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini