Sukses

7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ikan salmon untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Ikan satu ini diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi, dan juga kaya akan vitamin dan mineral. Mengonsumsi ikan salmon sesuai porsinya juga dapat mencegah berbagai penyakit.

Beberapa mineral penting yang ada dalam ikan salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin B12. Ada juga asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexanoic acid).

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Selain rasanya yang enak, serbaguna, dan mudah didapatkan, ikan salmon juga dapat menjadi sumber energi sekaligus sumber nutrisi. Mengonsumsinya setidaknya dua porsi per minggu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/12/2020) tentang manfaat ikan salmon untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan dungsi otak. Hal ini berkaitan dengan kandungan omega-3 yang tinggi dalam ikan salmon. Bahkan, mengonsumsi ikan salmon juga dapat meningkatkan daya ingat kamu.

Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan, dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah ADHD.

Mencegah Penyakit Jantung

Masih terkait dengan omega-3 yang terkandung dalam salmon, kandung ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah. Tidak heran, salah satu manfaat ikan salmon untuk kesehatan adalah untuk mencegah penyakit jantung.

Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri sehingga dapat mencegah serangan jantung.

Manfaat ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah arteri), dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsitonin yang berfungsi untuk membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang.

Hal tersebut dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis. Selain kalsitonin, kesehatan tulang kamu juga akan terjaga karena salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Mengontrol Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon. Mengonsumsi salmon secara teratur diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Seperti makanan berprotein tinggi lainnya, salmon membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membuat kamu merasa kenyang. Selain itu, tingkat metabolisme akan meningkat lebih banyak setelah makan makanan kaya protein seperti salmon, dibandingkan dengan makanan lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan ikan salmon, yakni lemak omega-3, dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak di perut pada individu yang kelebihan berat badan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, omega-3 yang terdapat di dalam salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat ikan salmon dapat mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua. Keluhan yang menimpa, seperti hilangnya penglihatan di bagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata.

Melawan Proses Peradangan

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan juga dapat melawan proses peradangan. Beberapa penelitian menemukan bahwa makan lebih banyak salmon membantu mengurangi penanda peradangan. Hal ini berlaku pada orang yang berisiko terkena penyakit yang dipicu akibat proses peradangan.

Salmon dan ikan berlemak lainnya dapat membantu menurunkan peradangan, yang dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit kronis dan memperbaiki gejala pada orang dengan kondisi tersebut.

Membantu Mengatasi Kesulitan Tidur

Kualitas tidur yang buruk di malam hari tentu dapat menghambat aktivitas harian kamu keesokan harinya. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan penerapan pola hidup sehat. Selain itu, kamu pun bisa memperoleh manfaat ikan salmon untuk mengatasi insomnia.

Kandungan ikan salmon, yaitu triptofan, merupakan sedatif alami sehingga baik untuk dikonsumsi individu yang memiliki insomnia.

Itulah beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan. Ikan salmon juga dapat mengubah makanan yang kamu makan menjadi energi serta membuat dan memperbaiki struktur DNA dari kandungan vitamin B di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.