Sukses

8 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah dan Tubuh Serta Cara Menggunakannya

Manfaat ampas kopi untuk wajah bisa membuat kulit lebih terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ampas kopi untuk wajah ternyata cocok dijadikan obat jerawat. Padahal, biasanya kebanyakan orang langsung membuang ampas kopi setelah menghabiskan seduhan kopinya. Daripada langsung dibuang, kamu bisa menggunakan ampask kopi untuk berbagai kebutuhan.

Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah, rambut dan perawatan tubuh lainnya. Tidak hanya itu, ampas kopi juga bisa digunakan untuk membantu berbagai hal berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Manfaat ampas kopi untuk wajah bisa membuat kulit lebih terjaga. Tidak ada salahnya mencoba perawatan menggunakan ampas kopi ini baik untuk wajah, rambut, tubuh, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan memeriksa apakah bahan ini baik untuk tubuhmu.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat ampas kopi untuk wajah dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah

Mengatasi Sel Kulit Mati

Manfaat ampas kopi untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi sel kulit mati. Manfaat eksfoliasi ini tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung dalam kopi yang juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Asam caffeic dan antioksidan dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini pada sel-sel di kulit. Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit terhadap kuman.

Mengatasi Kantung Mata Bengkak

Manfaat ampas kopi untuk wajah berikutnya adalah dapat mengatasi kantung mata bengkak. Kopi bermanfaat untuk mata yang bengkak dan meradang. Kandungan kafein akan merangsang aliran darah sehingga membantu kulit mengencang secara alami.

Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenik juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Coba oleskan di sekitar mata bubuk kopi dalam bentuk pasta untuk mengobati kelopak mata yang bengkak atau meradang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah

Obat Jerawat

Antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi dapat menjadikannya scrub wajah yang efektif melawan jerawat. Jerawat terjadi ketika minyak, sel-sel kulit mati, dan zat-zat lain menyumbat pori-pori yang dapat terinfeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradagan.

Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Jadi manfaat ampas kopi untuk wajah juga sangat baik untuk obat jerawat.

Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Selain itu, manfaat ampas kopi untuk wajah juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Disimpulkan bahwa senyawa polifenol yang juga terkandung pada kopi mengurangi bercak bintik akibat penuaan karena terkena sinar UV, umumnya banyak di wajah seseorang.

Apakah itu diminum atau pun dioleskan ke kulit, manfaat kopi baik untuk melindungi kulit dari sinar UV berlebih. Sinar matahari di jam tertentu malahan mampu merusak sel pada kulit, dengan mengaplikasikan ampas kopi ke kulit kamu akan mendapatkan perlindungan dari sinar matahari.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Ampas Kopi untuk Rambut

Setelah mengetahui manfaat ampas kopi untuk wajah, ternyata masih banyak lagi manfaat ampas kopi lainnya, seperti pada rambut. Berikut beberapa manfaat ampas kopi untuk rambut:

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam ampas kopi terbukti mampu memperkuat akar rambut, memperpanjang pertumbuhan rambut, hingga mampu memproduksi keratin rambut lebih banyak yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Bagi kamu yang mempunyai masalah pertumbuhan rambut, bisa memanfaatkan ampas kopi ini sebagai bahan alami penumbuh rambut.

Caranya dengan membuat pasta dari ampas kopi dan minyak zaitun, lalu menggosokkan campuran bahan tersebut pada akar rambut secara perlahan. Kemudian tunggu sekitar 5 10 menit lalu dibilas dengan air dan sampo hingga bersih.

Mengatasi Rambut Rontok

Ampas kopi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok. Kamu bisa menggunakan bahan ini sebagai masker rambut yang tentunya lebih aman daripada menggunakan bahan kimia.

Caranya, ambil beberapa sendok susu bubuk lalu campurkan ke dalam gelas yang sudah terdapat ampas kopi. Kemudian seduh dua bahan tersebut dengan sedikit air hangat, aduk hingga mengental menjadi adonan.

Setelah itu, bisa segera diaplikasikan pada kulit rambut secara langsung. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air dan sampo hingga bersih. Ramuan ini akan lebih baik jika menggunakan ampas kopi yang tidak tercampur dengan gula.

5 dari 5 halaman

Manfaat Ampas Kopi Lainnya

Menyamarkan Selulit

Selain berguna untuk kesehatan rambut, manfaat ampas kopi juga bisa didapatkan sebagai bahan alami untuk menyamarkan selulit. Biasanya masalah selulit ini sering muncul pada sebagian besar wanita yang baru saja melahirkan.

Selulit yang muncul pada bagian permukaan kulit ini memang sulit dihilangkan. Tetapi masih bisa disamarkan dengan memanfaatkan ampas kopi.

Caranya dengan mencampurkan ampas kopi dengan dua sendok minyak kelapa hingga terbentuk menjadi adonan yang lebih kental. Setelah itu, adonan kopi dan minyak kelapa bisa segera diaplikasikan pada bagian kulit yang terdapat selulit.

Gosok secara lembut dan perlahan agar tidak meninggalkan iritasi kulit. Setelah selesai, bisa segera dibilas dengan air hingga bersih. Selulit akan semakin tersamarkan jika cara ini dilakukan secara rutin setiap mandi.

Mengatasi Masalah pada Kulit Kaki

Menambahkan ampas kopi pada rendaman kaki sangat membantu dalam mengatasi masalah pada kulit kaki. Karena ampas kopi mampu membersihkan sel kulit mati dari telapak kaki, serta menstimulasi aliran darah pada bagian yang terendam.

Cara menggunakan rendaman kaki ini tinggal sesuaikan dengan keinginanmu menggunakan air hangat atau pun air dingin. Rendam kaki dengan kopi dan jadikan ampas kopi untuk menggosok bagian kaki tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini