Sukses

35 Wisata Banten Paling Populer, Beri Pengalaman Tak Terlupakan

Wisata Banten memiliki sejuta pesona yang siap dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Banten menawarkan beragam pengalaman tak terlupakan. Banten merupakan provinsi paling barat di pulau Jawa. Wisata Banten memiliki sejuta pesona yang siap dikunjungi.

Mulai dari keindahan alam, budaya, sejarah dan religi, wisata Banten tak akan mengecewakan hati. Wisata Banten juga berada tak jauh dari pusat Jakarta. Ini membuat wisata Banten selalu jadi andalan berlibur warga ibukota. 

Salah satu wisata Banten yang terkenal misalnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon, Pantai Anyer, dan Tanjung Lesung. Selain itu, masih banyak lagi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut 35 wisata Banten populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(7/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata Banten

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Ada banyak ekosistem yang dapat dinikmati seperti hutan pantai, mangrove, rawa air tawar, padang rumput, dan hutan hujan tropis. Di kawasan ini kamu juga bisa melihat langsung satwa dilindingi seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing hutan. Ada pula satwa liar seperti banteng, rusa, babi hutan, muncak, pelanduk, merak, dan masih banyak lagi.

Semenanjung Ujung Kulon

Semenanjung Ujung Kulon merupakan habitat Badak Jawa yang sangat dilindungi. Pengelolaan wisata di sini cukup terbatas agar tak mengganggu habitat Badak Jawa. Tapi tak perlu kecewa, di Semenanjung Ujung Kulon pengunjung masih bisa melakukan beberapa aktivitas seperti trekking, kemah, dan mengamati satwa liar.

Gunung Honje

Memiliki ketinggian sekitar 620 mdpl dan luas 19500 hektar, Gunung Honje kerap dimanfaatkan sebagai area trekking. Gunung ini dikelilingi 19 desa penyangga. Sebelum sampai ke Gunung Honje wisatawan biasanya diajak berkeliling desa Wisata Tamanjaya yang berada didekatnya. Di wisata Banten ini kamu terdapat kampung nelayan Cibanua, Curug Paniis, dan sumber air panas Cibiuk.

Gunung Anak Krakatau

Anak Gunung Krakatau merupakan sisa letusan dari Gunung Krakatau Purba berapi yang pernah meletus hebat. Sekarang, Anak Gunung Krakatau adalah salah satu tempat wisata Banten favorit wisatawan. Daya tarik wisata gunung Krakatau terletak pada sisa-sisa letusannya yang menghasilkan eksotisme bentangan alam sisa dari letusan dahsyat yang pernah terjadi.

Gunung Karang

Gunung Karang adalah sebuah gunung berapi yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung Karang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten. Wisata Banten jadi salah satu lokasi pendakian tujuan pada pendaki.

3 dari 8 halaman

Wisata Banten

Pulau Peucang

Wisata Banten selanjutnya adalah Pulau Peucang. Pulau ini menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai di Pulau Peucang memiliki karakteristik yang khas yaitu pasir putih dan hamparan yang luas. Objek wisata alam yang dapat dinikmati di pulau ini antara lain Tracking ke Karang Copong, Berenang, Snorkeling dan Menyelam.

Pulau Handeulum

Pulau Handeulum adalah salah satu dari gugusan pulau-pulau kecil yang berada di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau ini terdapat satwa rusa (Rusa timorensis), dan ular phyton. Pulau ini dikelilingi oleh hutan mangrove.

Pulau Umang

Pulau Umang merupakan pulau resort yang berada di wilayah Anyer. Wisata Banten ini dapat dicapai melalui lima menit naik speedboat dari pantai Sumur, Pandeglang, yang berjarak sekitar empat jam perjalanan dengan mobil dari kota Jakarta. Lokasinya juga sangat strategis bagi para penjelajah alam karena dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan terletak paling barat di Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau dengan luas ± 17.000 Ha ini terbentuk alami dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Hutan ini merupakan habitan berbagai jenis satwa liar seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.

Kawasan pantai Pulau Panaitan yang memiliki terumbu karang indah cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Ombak di pantai ini juga terkenal cocok digunakan untuk berselancar.

Pulau Dua

Pulau Dua merupakan cagar alam yang berada di desa Sawah Luhur kecamatan Kasemen Serang provinsi Banten. Salah satu daya tarik tempat ini adalah saat burung-burung dari beragam tempat berkumpul ketika bermigrasi. Burung-burung tersebut umumnya berasal dari belahan bumi utara dan selatan. Tercatat sekitar 10.000 ekor burung dari 108 jenis yang berbeda akan berkumpul di tempat ini.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda. Pulau ini kini menjadi taman wisata alam dengan beragam potensi mulai dari keindahan alam, bahari, dan budaya. Keindahan alam dan pantai serta karang yang dihiasi ikan berwarna-warni merupakan objek wisata utama di kawasan ini.

 

4 dari 8 halaman

Wisata Banten

Padang Cidaon

Di pulau Peucang terdapat Padang Penggembalaan Cidaon tempat para hewan berkumpul untuk mencari makan. Satwa yang biasa terlihat di padang ini adalah banteng, merak, rusa, sapi, kerbau, dan babi hutan. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat badak bercula satu.

Sungai Cigenter

Di pulau Handeulum terdapat sungai Cigenter yang bisa disusuri dengan bersampan. Selama menyusuri sungai, wisatawan akan disuguhkan panorama ala hutan hujan tropis sepanjang sungai. Pada bagian hulu sungai terdapat rute jalan setapak yang melintasi tumbuhan bambu menuju air terjun bertingkat.

Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang adalah sebuah destinasi wisata arung jeram di Sungai Ciberang, Kp. Muhara, Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Sungai Ciberang bisa dibilang merupakan salah satu destinasi favorit bagi pecinta olahraga menantang. Ada belasan riam yang terletak di sungai Ciberang dan masing-masing riam memiliki karakteristiknya masing-masing.

Rawa Dano

Rawa Dano atau Rawa Danau terletak di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk Kecamatan Gunung Sari kabupaten Serang, Banten. Wisata Banten ini menawarkan panorama wisata alam yang didominasi dengan rawa-rawa dengan sebuah danau. Wisata alam Rawa Danau awalnya merupakan kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi rawa-rawa di atas danau.

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi adalah suatu danau buatan di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Provinsi Banten. Danau Tasikardi tergolong sangat unik karena backgroundnya yang menampakkan hamparan sawah yang begitu asri. Danau Tasikardi dibuat pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf (bertahta 1570-1580 M), sultan Banten kedua dan merupakan tempat peristirahatan sultan dan keluarganya.

5 dari 8 halaman

Wisata Banten

Tanjung Lesung

Kawasan Tanjung Lesung dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus sejak tahun 2012 dan resmi beroperasi sejak 23 Febuari 2015. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung memiliki luas area 1.500 Ha dengan potensi pariwisata yang beragam, antara lain keindahan alam pantai, keragaman flora dan fauna serta kekayaan budaya yang eksotis.

Pantai Anyer

Pantai Anyer yang terletak di Kota Serang, Provinsi Banten. Wisata Banten ini paling sering dikunjungi oleh penduduk Jakarta untuk liburan singkat karena jaraknya yang cukup dekat.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah pantai yang berada di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa Sawarna kaya akan pemandangan alam yang indah yang meliputi pegunungan, gua, sungai, dan pantai dengan pasir putihnya. Kawasan Pantai Sawarna dimulai dari Pantai Pulo Manuk Sampai Pantai Karang Taraje.

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo juga terletak di Provinsi Banten, masih satu jalur dengan Pantai Anyer. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan untuk berburu keindahan sunset maupun sunrise.

Pantai Bagedur

Pantai Bagedur merupakan wisata Banten yang berada di kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, provinsi Banten. Daya tarik Pantai Bagedur ini adalah pantai yang landai dengan hamparan pasir putih tanpa panjang dengan panjang sekitar 15 Km membentang luas.

6 dari 8 halaman

Wisata Banten

Pantai Carita

Destinasi populer lainnya adalah Pantai Carita yang lokasinya di Banten Barat, Labuhan, Pandeglang, Banten. Di wisata Banten ini, kamu akan disambut oleh pepohonan kelapa yang melambai-lambai tertiup angin di sepanjang pantai sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung Krakatau.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan bagian dari salah satu pantai di kawasan Anyer, Serang, Banten. Wisata Banten satu ini memiliki ciri khas batuan karang yang membentang dengan mengagumkan.

Pantai Tanjung Layar

Pantai ini berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, sebuah lokasi paling ujung barat. Ada dua batu karang yang berdiri tegak di sini sekaligus menjadi ikon yang dipercaya merupakan kapal Sangkuriang.

Taman Tebing Koja

Taman Tebing Koja merupakan wisata Banten unik yang menawarkan pesona tebing-tebing yang menjulang tinggi. Tebing Koja awalnya adalah sebuah galian pasir. Setelah ditinggalkan oleh para penambang karena sudah tidak lagi produktif, akhirnya tambang pasir ini dijadikan objek wisata oleh warga sekitar. Taman ini berada di Cireundeu, Cikuya, Kec. Solear, Tangerang, Banten.

Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka berada di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Telaga Biru Cigaru terbentuk dari aktivitas manusia, yaitu penggalian pasir dari tahun 2006 sampai 2012. Telaga Biru Cigaru sebenarnya memiliki tiga telaga dengan warna yang berbeda, yaitu kuning, hijau, dan biru toska.

7 dari 8 halaman

Wisata Banten

Mercusuar Cikoneng

Mercusuar Cikoneng termasuk wisata Banten yang sangat populer. Wisata Banten ini berada di kawasan pantai Anyer dengan tinggi 75,5 meter ini terdiri dari 18 tingkat yang dihubungkan dengan 286 anak tangga. Pada bagian puncaknya terdapat lampu yang berfungsi untuk penunjuk kapal-kapal yang melintasi perairan Selatan Sunda, Banten bagian utara.

Curug Cihear

Curug Cihear adalah salah satu air terjun yang terletak di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Curug Cihear berada di Gunung Leutik, tepatnya di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Kampung Baduy

Kampung Baduy termasuk wisata andalan Banten. Di sini tinggal masyarakat adat Baduy yang masih menjaga kuat warisan leluhurnya. Wisata kampung suku Baduy merupakan wisata alam sekaligus wisata budaya.

Desa Wisata Sawarna

Desa Wisata Sawarna adalah sebuah Desa wisata di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Wisata Banten ini merupakan kawasan pesisir pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Destinasi wisata di Desa Sawarna yang paling ramai dikunjungi pengunjung adalah Pantai Pasir Putih.

8 dari 8 halaman

Wisata Banten

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. . Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tidak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tetapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Kelenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio terletak di jalan Bhakti No, 14, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Klenteng Boen Tek Bio diperkirakan berdiri sekitar tahun 1684 oleh para penduduk Kampung Petak Sembilan secara bersama-sama. Pendirian Klenteng Boen Tek Bio tidak lepas dari keberadaan orang Tionghoa di Tangerang, dan sejarah Kota Tangerang.

Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage adalah museum peranakan Tionghoa pertama dan satu-satunya di Indonesia. Museum ini merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berarsitektur tradisional Tionghoa. Bangunan museum ini merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang yang menjadi cikal bakal pusat Kota Tangerang yang dulunya disebut Kota Benteng.

Keraton Surosowan

Keraton Surosowan merupakan keraton yang dibangun sekitar tahun 1522-1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin. Saat ini bangunan di dalam dinding keraton tak ada lagi yang utuh. Hanya menyisakan runtuhan dinding dan pondasi kamar-kamar berdenah persegi empat yang jumlahnya puluhan. Keraton Surosowan menjadi destinasi wisata Banten bertemakan sejarah yang wajib dikunjungi.

Benteng Speelwijk - Banten Lama

Benteng Speelwijk terletak di kampung Pamarican sekitar 600 meter ke arah Barat Laut Keraton Surosowan. Benteng ini menjadi simbol kekuasaan kolonial Belanda yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Abu Nasr Abdul Kahhar, yang juga dikenal sebagai Sultan Haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.