Sukses

12 Cara Membentuk Otot Perut di Rumah, dari Olahraga sampai Pola Makan

Tak perlu pergi ke gym untuk mendapatkan perut six-pack.

Liputan6.com, Jakarta Cara membentuk otot perut di rumah bisa membantumu memiliki perut six-pack. Memiliki perut six-pack memang membutuhkan kerja keras yang tak mudah. Namun, kamu tak harus pergi ke gym setiap hari. Kamu bisa melakukan cara membentuk otot perut di rumah.

Cara membentuk otot perut di rumah memerlukan kedisiplinan yang kuat pada diri sendiri. Perubahan gaya hidup menjadi kunci utama dari cara membentuk otot perut di rumah. Beberapa modifikasi pada pola makan dan gaya hidup bisa memberi perubahan pada otot perut.

Cara membentuk otot perut di rumah tak hanya berisi olahraga semata. Cara membentuk otot perut di rumah yang bisa dilakukan antaranya adalah olahraga rutin, konsumsi makanan sehat, dan menghindari makanan olahan.

Berikut 12 cara membentuk otot perut di rumah seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara membentuk otot perut di rumah

Olahraga kardio

Kardio atau olahraga aerobik adalah segala macam bentuk olahraga yang bisa meningkatkan kinerja detak jantung. Melakukan olahraga kardio secara teratur bisa membantu membakar lemak ekstra dan mempercepat pembentukan otot perut. Berlari, berjalan, bersepeda, dan berenang merupakan bentuk olahraga kardio yang bisa dilakukan.

Crunch

Crunch merupakan gerakan khusus melatih otot perut yang merupakan bagian dari inti tubuh. Crunch berbeda dengan sit-up. Crunch hanya berfokus pada otot perut. Isolasi otot yang intens ini menjadikannya latihan yang populer bagi orang yang berusaha mendapatkan perut six pack. Melatih otot-otot perut adalah kunci untuk meningkatkan massa otot dan mencapai perut six-pack.

3 dari 7 halaman

Cara membentuk otot perut di rumah

Bridge

Bridge pose atau Pose Jembatan juga menjadi cara membentuk otot perut di rumah. Bridge pose merupakan gerakan yang bisa melatih otot perut. Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan tumit ditarik ke tulang duduk. Letakkan tangan di samping tubuh. Tekan kaki dan tangan ke lantai saat mengangkat tulang ekor. Terus angkat sampai paha sejajar dengan lantai.

Biarkan lengan apa adanya, satukan kedua telapak tangan dengan jari-jari yang bertautan di bawah pinggul, atau letakkan tangan di bawah pinggul untuk mendapatkan dukungan. Tahan pose ini hingga 1 menit. Lepaskan dengan perlahan. Turunkan lutut bersama-sama. Santai dan bernapas dalam-dalam di posisi ini.

Plank

Plank adalah latihan perut yang membangun kekuatan dan stabilitas inti. Plank yang paling sederhana dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan pada lantai. Usahakan agar tangan bertumpu pada siku. Jagalah agar dada dan perut tidak menyentuh lantai. Luruskan kaki dan bertumpulah pada ujung jemari kaki.

4 dari 7 halaman

Cara membentuk otot perut di rumah

Sit up

Cara membentuk otot perut di rumah selanjutnya adalah dengan sit-up. Sit-up bisa melatih otot perut dan kelompok otot lainnya seperti dada, pinggul, punggung bawah, dan leher. Sit-up akan membantu membakar lebih banyak kalori dalam jangka panjang.

Leg raise

Leg raise atau gerakan mengangkat kaki bisa membantu mengatasi kelebihan berat badan di daerah tubuh bagian bawah. Gerakan ini juga sangat baik untuk mengurangi kelebihan berat badan di perut. Caranya pun mudah, kamu cukup berbaring di matras dan mengangkat kaki hingga membentuk sudut 90 °.

5 dari 7 halaman

Cara membentuk otot perut di rumah

Tingkatkan asupan protein

Meningkatkan protein bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak dan mendukung pembentukan otot. Mengkonsumsi protein setelah berolahraga juga dapat membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot serta membantu pemulihan otot. Protein sehat bisa ditemukan pada daging tanpa lemak, makanan laut, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Penuhi asupan serat

Cara membentuk otot perut di rumah yang tak kalah penting adalah memenuhi asupan serat. Konsumsi serat bisa membantu memperlambat pengosongan lambung, membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Ini akan mencegah makan berlebihan dan penumpukan lemak. uah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat yang baik.

6 dari 7 halaman

Cara membentuk otot perut di rumah

Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu meningkatkan metabolisme. Ini bisa membantu membakar lemak perut ekstra dan membuatnya lebih mudah untuk membangun otot perut. Minum air juga membantu meningkakan energi dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

Jangan lewatkan sarapan

Banyak orang melewatkan sarapan untuk bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut. Namun, cara ini justru tidak baik untuk kesehatan. Sarapan sangat penting, terutama jika kamu akan melakukan olahraga di pagi hari. Sarapan akan mengurangi lapar sepanjang hari dan membantu tubuh fungsi tubuh berjalan normal. Sertakan serat, protein, dan lemak sehat dalam sarapan.

7 dari 7 halaman

Cara membentuk otot perut di rumah

Hindari makanan olahan

Makanan olahan yang berat seperti junk food, keripik, kue, gorengan, dan makanan ringan biasanya tinggi kalori, karbohidrat, lemak, dan natrium. Makanan olahan juga bisa kehilangan vitamin dan mineral penting.

Menghindari makanan ini bisa membantu mengurangi lemak perut dan menurunkan berat badan. Konsumsi makanan utuh seperti biji-bijian utuh, buah dan sayur.

Kurangi stres

Stres berbahaya dalam banyak hal. Ketika stres, hormon kortisol dilepaskan. Ini kemudian meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang akan meningkatkan nafsu makan. Stres bisa menyebabkan penumpukan lemak di daerah perut. Yoga, meditasi, kardio, latihan beban, dan melalukan hobi yang disenangi bisa membantu mengurangi stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini