Sukses

19 Tempat Wisata di Blora, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

Tempat wisata di Blora didominasi dengan pemandangan alam indah serta wahana bermain air yang seru, sehingga cocok untuk liburan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Blora bisa kamu jadikan alternatif untuk liburan bareng keluarga di akhir pekan. Blora merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki segudang pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi. 

Tak heran, kalau tempat wisata di Blora masih belum banyak diketahui atau dikunjungi. Tempat wisata di Blora punya banyak spot yang bisa dinikmati, mulai situs budaya, sejarah, foto kekinian, gua, hingga tempat bermain air dengan pemandangan yang indah.

Apabila kamu sedang berencana ke Blora, kamu bisa mencoba beberapa tempat wisata di Blora yang terkenal. Berikut tempat wisata di Blora yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bermain Air di Blora

Taman Sarbini Water Splash Blora

Tempat wisata bermain air di Blora yang cocok dikunjungi bareng keluaraga adalah Water Spalash Blora. Taman bermain air ini menyediakan kolam renang dan banyak wahana permainan.

Mulai kolam renang, perpustakaan, outbond, wahana mobil-mobilan, hingga tempat makan yang menjual aneka makanan untuk asupan.

Waduk Bentolo

Fungsi utama waduk biasa dijadikan sebagai sarana irigasi dan pembangkit. Namun berbeda dengan waduk-waduk yang ada di Blora Jawa Tengah ini.

Waduk Bentolo merupakan salah satu waduk yang cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Hal ini dikarenakan Waduk Bentolo memiliki pemandangan alami dengan pepohonan yang rimbun serta panorama yang indah.

Wanawisata Wanirupo

Tempat wisata di Blora selanjutnya adalah Wanawisata Wanirupo yang menawarkan wahana liburan air dan arena outbond. Objek wisata ini cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga.

Wanawisata Wanirupo juga memiliki wahana menantang seperti permainan aoutbond. Sehingga tempat wisata ini cocok dikunjungi baik anak-anak hingga orang dewasa.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bermain Air di Blora Lainnya

Pemandian Sayuran

Pemandian Sayuran merupakan salah satu tempat wisata di Blora yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Hal ini dikarenakan Pemandian Sayuran memiliki dua kolan renang yang bisa dijadikan sebagai tempat mandi anak-anak hingga orang dewasa.

Kampung Gojekan

Kampung Gojekan merupakan destinasi wisata yang terbilang baru di Blora. Walaupun baru, Kampung Gojekan ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki beragam wahana permainan seru.

Mulai dari permainan handboat, water roller, istana balon, ATV, hingga Cartoon Fleck Dog yang cocok dimainkan bareng keluarga.

Embung Keruk

Embung Keruk bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk menghabiskan libur bareng keluarga ketika di Blora. Untuk bisa sampai ke Embung Keruk ini kamu perlu melewati jalan setapak di hutan yang tidak terlalu luas.

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam sekitar Embung Keruk adalah sore hari. Panorama matahari terbenam dipadu dengan view waduk yang indah menjadi komposisi yang sempurna.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bermain Air di Blora

Waduk Greneng

Tempat wisata di Blora selanjutnya dengan nuansa air adalah Waduk Greneng. Waduk Greneng memiliki pemandangan alam indah dikarenakan dikelilingi oleh pohon jati yang membuatnya semakin asri.

Waduk ini cocok dikunjungi bagi kamu yang memiliki hobi fotografi karena di sini memiliki aneka spot foto yang ciamik. Waduk ini berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Blora dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menitan.

Kedung Londo

Tempat wisata Kedung Londo menawarkan daya tarik berupa areal kedung yang bisa dijadikan untuk berendam dan bermain air. Kadung Londo ini terletak di daerah Gayam, Bogorejo, Blora.

Karena letaknya di pedesaan, membuat kedung ini memiliki aliran air yang sangat bersih dan jernih. Bentuknya juga unik, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berswafoto.

Air Terjun Kedung Mansur

Air Terjun Kedung Mansur dulunya merupakan salah satu air terjun yang sangat populer. Namun, seiring berjalannya waktu kondisi air terjun mulai sedikit memprihatinkan.

Hal ini dikarenakan minimnya perawatan, sehingga menjadikan air terjun terkesan agak kotor. Selain itu, akses jalan juga terbilang agak sulit. Namun, air terjun ini tetap direkomenasikan bagi kamu yang suka berpetualang di alam bebas.

Wisata Cemoro 7

Wisata Cemoro 7 di Blora menawarkan daya tarik berupa kawasan hutan wisata yang telah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Karena tempat ini merupakan hutan, sehingga pengelolaannya pun dilakukan dengan menggunakan konsep go green.

Tempat ini memiliki banyak spot seperti ayunan pohon, hammock dan janggung musik. Semua spot ini cocok dijadikan sebagai wahana swafoto bersama teman atau bahkan keluarga.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata Peninggalan Sejarah di Blora

Trainz Loco Tour

Trainz Loco Tour merupakan objek wisata unik yang menawarkan perpaduan antara wisata alam dan wisata sejarah. Di tempat ini kamu akan dibawa berkeliling areal sekitar Cepu dengan menggunakan kereta lokomotif kuno yang sarat akan sejarah.

Kamu akan diajak melihat-lihat alam sekitar dari atas kereta. Kamu juga akan diberi banyak informasi yang terkait dengan sejarah kereta di Indonesia.

Museum Mahameru

Tempat wisata di Blora dengan nuansa peninggalan sejarah yang bisa dikunjungi adalah Museum Mahameru. Museum ini memiliki beragam macam koleksi benda bersejarah yang sarat akan nilai edukasi dan ilmu pengetahuan.

Koleksi yang paling menonjol di museum ini adalah aneka fosil. Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh anak sekolah atau kamu yang menyukai sejarah atau peninggalan barang-barang zaman dulu.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata Peninggalan Sejarah di Blora

Replika Gajah Purba

Tempat wisata di Blora yang cocok untuk pecinta sejarah selanjutnya adalah Replika Gajah Purba. Patung replika ini sengaja didirikan oleh pemerintah sebagai pengingat bahwa Blora pernah menjadi salah satu daerah yang ditinggali oleh kawanan gajah.

Keraton Jipang

Tempat wisata di Blora lainnya dengan nuansa peninggalan sejarah adalah Keraton Jipang. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah terkait Keraton Jipang.

Monumen Arjuna Wiwaha Cepu

Monumen Arjuna Wiwaha Cepu merupakan salah satu ikon Kabupaten Blora. Tempat wisata ini terletak di Jalan Ronggolawe, Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Dahulu monument ini bernama Monumen Ronggolawe (Tugu Kuda). Namun, karena sesuatu hal monument tersebut dipindah tempatkan dan diganti dengan Monumen Arjuna Wiwaha Cepu.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata Alam di Blora

Gunung Manggir

Buat kamu yang memiliki hobi mendaki atau hiking, kamu bisa mencoba spot hiking dan trekking di Gunung Manggir. Secara keseluruhan trek pendakian Gunung Manggir tergolong cukup menantang.

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun medan pendakian yang tergolong berat dan melelahkan cukup untuk melepas hobi mendaki sesaat. Tak perlu takut tersesat, karena jalur pendakiannya sudah cukup jelas.

Oro-oro Kesongo

Tempat wisata di Blora dengan pemandangan alam indah adalah Oro-oro Kesongo. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi populer di Blora yang sangat unik.

Oro-oro Kesongo menawarkan daya tarik berupa panorama letusan gunung api mini. Hanya saja yang diletupkan dari gunung api di sini bukan lava, melainkan lumpur vulcano.

Bukit Kemuning

Bukit ini menawarkan daya tarik berupa taman terbuka yang dilengkapi dengan beraneka ragam tanaman yang telah dihias dan dibentuk sedemikian rupa, sehingga membentuk sebuah kata-kata.

Bukit ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung seperti rumah pohon, bandulan, kolam ikan, café, hingga tempat karoke. Tempat ini cocok dijadikan dikunjungi bersama keluarga karena dilengkapi juga dengan wahana bermain anak.

Agrowisata Temanjang

Agrowisata Temanjang bisa kamu jadikan untuk destinasi liburan bareng keluarga. Agrowisata ini menawarkan pemandangan hutan jati dan juga terdapat tumbuhan buah buatan.

Kamu bisa menemukan kedung air yang konon air di kedung tersebut tidak habis-habis, walupun diambil secara terus-menerus.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini