Sukses

6 Cara Membasmi Kelabang di Rumah yang Ampuh dan Efektif

Banyak orang takut dengan kelabang, sehingga cara membasmi kelabang perlu diketahui

Liputan6.com, Jakarta Membasmi kelabang di rumah mungkin merupakan salah satu hal yang cukup sulit bagi kamu yang takut atau geli dengan hewan tersebut. Apalagi dengan gerakannya yang liar kemana-mana membuat kamu menjadi jijik. 

Terlepas dari itu, kelabang memang patut diwaspadai karena gigitannya terkadang mengandung bisa. Walaupun bisa dari kelabang tidak mematikan, namun bila kamu tergigit maka akan merasakan sakit dan nyeri yang berkepanjangan.

Cara membasmi kelabang di rumah bisa menggunakan bahan-bahan alami. Membasmi kelabang sebenarnya tidak begitu sulit bila kamu tenang dan tidak panik. Hanya dengan bahan-bahan alami yang mduah ditemukan di rumah, kamu sudah bisa mengusirnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/10/2019) tentang cara membasmi kelabang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menangkap Kelabang dengan Wadah

Cara membasmi kelabang di rumah yang pertama adalah dengan menangkapnya dengan stoples atau wadah lainnya. Kelabang bukanlah hewan yang punya pergerakan cepat. Oleh karena itu, kamu bisa menangkap mereka dan langsung membuangnya ke luar rumah.

Agar tidak bersentuhan langsung dengan kelabang, sebaiknya gunakan stoples yang memiliki penutup untuk menangkap kelabang tersebut. Jadi saat kelabang masuk ke dalam stoples, kamu bisa langsung mengurungnya. Setelah itu, kamu tinggal membuang kelabang tersebut jauh-jauh.

3 dari 7 halaman

Serbuk Cabe atau Merica Bubuk

Selanjutnya, kamu juga bisa membasmi kelabang dengan aroma cabe atau merica. Aroma cabe dan merica yang menyengat dapat membuat kelabang kabur dari rumah. Kamu bisa menaburkan cabe dan merica tersbut di tempat-tempat yang biasa dilewati oleh kelabang.

Selain itu, jika bertemu langsung dengan kelabang kamu bisa menaburkan cabe dan merica tersebut tepat ke badan kelabang agar hewan tersebut cepat mati.

 

4 dari 7 halaman

Garam, Soda api dan Cuka

Cara membasmi kelabang di rumah selanjutnya adalah dengan garam, soda api, dan cuka. Taburkan garam dapur ke tubuh kelabang agar membuatnya merasa tidak nyaman. Selain itu, garam dapur juga bisa ditaburkan pada tempat-tempat lembab atau yang biasa disinggahi oleh kelabang. Taburan garam dapat membuat kelabang tidak akan kembali lagi ke tempat tersebut. 

Selain itu, garam juga bisa dicampurkan dengan cuka dan soda api. Caranya mudah, kamu hanya tinggal mencampurkan 5 sendok makan garam dengan 5 sendok makan cuka dan 1 sendok makan soda api.

Campurkan dan aduk-aduk ketiga bahan ini sesuai takarannya. Setelah semua tercampur, larutan ini bisa dicampurkan ke dalam air bersih untuk mengepel lantai rumah. 

Dengan begitu, kelabang dapat dibasmi dan tidak akan kembali lagi singgah di rumah kamu.

5 dari 7 halaman

Daun Pandan

Kelabang ternyata tidak menyukai aroma wangi daun pandan. Hal ini tentunya bisa menjadi cara membasmi kelabang yang efektif. Apalagi aroma wangi pandan juga disukai banyak orang.

Untuk mengusir kelabang dari rumah menggunakan daun pandan, kamu bisa mengiris tipis daunnya. Saat mengiris daun pandan, aromanya akan semakin keluar. Lalu letakkan irisan daun pandan di sudut-sudut ruangan yang biasa dilewati kelabang.

6 dari 7 halaman

Cairan Pembasmi Serangga

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai pembasmi serangga untuk membasmi kelabang. Menggunakan kapur anti serangga hingga cairan pembasmi serangga bisa menjadi pilihan.

Banyaknya kelabang di rumah bisa diusir menggunakan cairan pembasmi serangga. Meskipun, cairan pembasmi serangga ini tidak bersifat permanen. Setidaknya kelabang dapat hilang sementara dari sekitar rumah. 

7 dari 7 halaman

Pukul dengan Benda Keras

Cara membasmi kelabang di rumah yang paling ampuh dan efektif tentunya tetaplah dengan langsung dipukul dengan benda keras seperti batu, sandal, dan lain-lain. Namun, hal ini tentunya membutuhkan keberanian yang lebih.

Jika kamu bisa tenang dan tidak panik, kamu bisa mengambil jarak agar bisa memukul kelabang dengan benda-benda tersebut. Pukul agak keras agar kelabang tidak berdaya lagi dan bisa langsung dibuang.

Kelabang tentunya tidak akan masuk bila rumah kamu terjaga kebersihannya. Selain itu, menjaga rumah tetap kering hingga menutup berbagai lubang untuk jalan masuk kelabang juga tentunya efektif dalam menghindari rumah dimasuki kelabang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini