Sukses

Macam Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas, Waktu, dan Sifatnya

Melalui macam kebutuhan manusia, seseorang bisa bertahan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Macam kebutuhan manusia berfungsi memenuhi kebutuhan hidup. Ada beberapa kebutuhan yang mendasar bagi semua manusia. Ketika memenuhi macam kebutuhan manusia ini, seseorang akan mencapai tingkat kepuasan dan kesejahteraannya.

Macam kebutuhan manusia juga memengaruhi pilihan dan perilaku. Salah satu contoh macam kebuuhan manusia adalah kebutuhan akan makanan, keamanan, tempat tingal, dan harga diri. Dengan memenuhi macam kebutuhan manusia, kestabilan akan mudah dibangun.

Melalui macam kebutuhan manusia, seseorang bisa bertahan hidup. Kebutuhan hidup bukan hanya sekadar keinginan, melainkan elemen untuk kelangsungan hidup. Berikut macam kebutuhan manusia menurut intensitas, waktu, dan sifatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(18/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam kebutuhan manusia menurut intensitas

Macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya dinilai dari mendesak atau tidaknya suatu kebutuhan. Kebutuhan ini meliputi:

Kebutuhan primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus segera dipenuhi untuk bisa bertahan hidup. Kebutuhan primer muncul secara alami atau biasa disebut sebagai kebutuhan alamiah. Contoh dari macam kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan atau makanan, pakaian, dan hunian. Jika macam kebutuhan ini tidak tepenuhi, seseorang akan sulit bertahan hidup.

Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder timbul setelah kebutuhan primernya tercukupi. Kebutuhan sekunder untuk setiap orang berbeda-beda. Setiap orang punya kebutuhan sekunder yang berbeda tergantung dengan kemampuannya. Kebutuhan sekunder bagi individu, misalnya kendaraan, sepatu, alat komunikasi, obat, dan banyak lagi.

Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier disebut juga sebagai kebutuhan mewah atau lux. Macam kebutuhan manusia ini muncul jika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contoh dari kebutuhan tersier seperti pakaaian mewah, tas mewah, rumah mewah, hiburan, dan liburan ke luar negeri.

3 dari 7 halaman

Macam kebutuhan manusia menurut waktu

Kebutuhan mendesak

Kebutuhan mendesak merupakan macam kebutuhan manusia yang tidak direncanakan namun harus segera dipenuhi. Kebutuhan ini bersifat kritis, genting, atau darurat. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka akan berdampak pada sesuatu yang buruk. Contoh kebutuhan mendesak adalah pengobatan pada kondisi gawat darurat.

Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang merupakan macam kebutuhan manusia yang pemenuhannya tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi saat kebutuhan tersebut dirasakan. Contoh dari kebutuhan sekarang seperti kebutuhan makan bagi yang lapar dan kebutuhan akan obat bagi yang sakit.

Kebutuhan masa depan

Kebutuhan masa depan merupakan macam kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditunda karena baru dibutuhkan pada saat yang akan datang. Contoh dari kebutuhan masa depan seperti kebutuhan tempat tidur untuk anak bayi bagi ibu yang sedang hamil dan kebutuhan biaya kuliah bagi anak yang masih bersekolah.

4 dari 7 halaman

Macam kebutuhan manusia menurut sifat

Kebutuhan jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan macam kebutuhan manusia yang diperlukan oleh jasmani atau tubuh. Contoh dari kebutuhan jasmani biasanya dalam bentuk barang seperti pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, vitamin, dan lain sebagainya. Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau tubuh. Contoh dari kebutuhan jasmani biasanya dalam bentuk barang seperti pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, vitamin, dan lain sebagainya.

Kebutuhan rohani

Kebutuhan rohani merupakan macam kebutuhan manusia yang diperlukan untuk rohani atau jiwa. Beberapa contoh kebutuhan rohani di antaranya seperti untuk menyegarkan pikiran, seseorang memerlukan hiburan. Selain itu, untuk menguatkan iman, seseorang butuh siraman rohani berupa petunjuk dan nasihat keagamaan. Sedangkan untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, seseorang memerlukan pendidikan.

5 dari 7 halaman

Macam kebutuhan manusia menurut bentuk

Kebutuhan material

Kebutuhan material merupakan macam kebutuhan manusia yang berbentuk benda material atau benda berwujud, seperti tas, makanan, rumah, pakaian, dan lain sebagainya.

Kebutuhan immaterial

Kebutuhan immaterial merupakan macam kebutuhan manusia yang berbentuk benda immaterial atau benda yang tak berwujud seperti nasihat ulama, penjelasan guru, hiburan, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

Macam kebutuhan manusia menurut subjek

Kebutuhan individu

Kebutuhan individu merupakan macam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi secara individu atau perorangan. Contoh dari kebutuhan ini seperti makan, minum, pakaian, sepatu, dan sikat gigi. Kebutuhan individu setiap orang berbeda-beda. Misalnya seorang pelajar akan butuh buku-buku pelajaran, pulpen, jangka, pensil dan sebagainya. Sedangkan seorang tukang kayu membutuhkan gergaji, palu, paku, bor, serut kayu, dan pensil untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaannya.

Kebutuhan kolektif

Kebutuhan kolektif adalah macam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama. Kebutuhan bersama yang berwujud misalnya jalan, jembatan, listrik, dan angkutan umum. Kebutuhan kolektif yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, kebersihan umum, dan menang dalam pertandingan. Berbagai kebutuhan kelompok biasanya dilakukan secara umum, dengan jalan usaha bersama dan atau dibiayai oleh pemerintah dari uang hasil pajak.

7 dari 7 halaman

Macam kebutuhan manusia menurut teori Maslow

Kebutuhan fisiologis

kebutuhan fisiologis adalah tingkatan macam kebutuhan manusia yang paling dasar, paling kuat dan paling jelas dalam kebutuhan manusia. kebutuhan ini lebih bersifat biologis seperti oksigen, makanan, air dan sebagainya. Maslow menganggap kebutuhan fisik adalah yang utama melebihi apapun.

Kebutuhan rasa aman

Setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi, manusia akan cenderung mencari rasa aman. Macam kebutuhan manusia ini bisa berupa kebutuhan akan perlindungan, kebebasan dari rasa takut, kekacauan dan sebagainya. Kebutuhan ini bertujuan untuk mengembangkan hidup manusia supaya menjadi lebih baik.

Kebutuhan kepemilikan sosial

Setelah kebutuhan fisik dan rasa aman terpenuhi, manusia akan cenderung mencari cinta orang lain supaya bisa dimengerti dan dipahami oleh orang lain. Macam kebutuhan manusia akan cinta ini menguatkan bahwa dalam hidup, manusia tidak bisa terlepas dari sesama.

Kebutuhan penghargaan diri

Setelah ketiga macam kebutuhan manusia di atas terpenuhi, maka sudah menjadi naluri manusia untuk bisa dihargai oleh sesama bahkan masyarakat. Kebutuhan ini diklasifikasikan lagi menjadi dua bagian, kebutuhan yang mengarah pada harga diri dan kebutuhan yang mengarah pada sebuah penghargaan.

Kebutuhan aktualisasi diri

Macam kebutuhan manusia ini menjadi puncak tertinggi pencapaian manusia setalah kebutuhan-kebutuhan di atas terpenuhi. Aktualisasi diri dapat didefenisikan sebagai perkembangan yang paling tinggi dan penggunaan semua bakat, pemenuhan semua kualitas dan kapasitas. Pencapaian aktualisasi diri ini berdampak pada kondisi psikologi yang meninggi pula seperti perubahan persepsi, dan motivasi untuk selalu tumbuh dan berkembang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.