Sukses

Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji, Agar Bisa Beribadah Maksimal

Tips menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah Haji, yang bisa diikuti agar ibadah Haji dapat berjalan dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Haji adalah perjalanan suci dan penting yang dilakukan oleh jutaan umat Islam dari seluruh dunia. Ibadah Haji adalah kesempatan unik bagi orang percaya untuk terhubung dengan Allah SWT, memperkuat spiritualitas mereka, serta mencari berkat dan pengampunan untuk kehidupan yang lebih baik.

Namun, tuntutan fisik dan sifat ibadah Haji yang padat dapat menimbulkan tantangan kesehatan yang signifikan. Untuk memastikan pengalaman haji yang maksimal dan aman, penting untuk memprioritaskan dan menjaga kesehatan yang baik selama melakukan ibadah Haji.

Dengan mengutamakan kesehatan selama Haji, jamaah dapat memastikan pengalaman yang aman dan bermanfaat. Sehingga sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan profesional medis, dan melakukan beberapa tips yang bisa membantu para jamaah Haji menjaga kesehatan mereka selama ibadah Haji.

Lantas bagaimana menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah Haji? Lebih lengkapnya, berikut ini telah liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (26/5/2023). Beberapa tips menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah Haji, yang bisa diikuti agar ibadah Haji dapat berjalan dengan lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Ibadah Haji?

Haji adalah ziarah suci yang setiap Muslim dipanggil untuk melakukan setidaknya sekali dalam hidup mereka, dan itu adalah salah satu dari lima rukun Islam. Sepanjang perjalanan 5–6 hari, orang-orang beriman menciptakan kembali jalan yang diambil Muhammad sendiri sebagai putra asli yang pulang ke rumah sukunya sebagai pemimpin agama baru. 

Dimulai di Mekah, sebuah kota suci yang terletak di Arab Saudi, orang-orang beriman kemudian melakukan perjalanan ke Min, Arafah, Lembah Muzdalifah & Jamarat sebelum berjalan kembali ke Mekah.  Haji itu sendiri adalah kewajiban spiritual dan, bagi banyak orang, merupakan peristiwa sekali seumur hidup. Meskipun mengambil sebanyak mungkin dari ziarah ini penting, penting juga untuk memastikan bahwa Anda terlindungi dengan baik.

 

Risiko Ibadah Haji

Ikut serta dalam ibadah haji menempatkan Anda dalam jarak dekat dengan 2-3 juta orang. Kerumunan besar ini meningkatkan risiko penularan dan terinfeksi oleh berbagai penyakit yang menyebar melalui kontak dekat.

Karena kebutuhan untuk melindungi orang lain saat berada di keramaian, ada beberapa vaksin yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan ibadah haji:

1. Vaksin

Vaksinasi meningitis meningokokus wajib bagi semua jemaah haji. Pemerintah Arab Saudi juga merekomendasikan agar siapapun yang ikut haji menerima vaksin pneumonia. Dari sudut pandang kedokteran perjalanan, kami juga merekomendasikan vaksinasi terhadap poliomielitis, hepatitis A dan B, dan difteri/tetanus. Namun, vaksinasi ini tidak wajib.

2. Heatstroke

Karena haji berlangsung di bulan-bulan musim panas yang hangat, mereka yang menunaikan ibadah haji berisiko terkena sengatan panas akibat kelelahan. Ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, menggigil tiba-tiba, atau merasa pusing. Mereka yang lebih tua atau dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya memiliki risiko serangan panas yang lebih tinggi.

3. Keracunan makanan

Mereka yang bepergian untuk haji memiliki banyak pilihan makanan yang berbeda, termasuk restoran dan penjual lokal yang menawarkan makanan di dalam kota. Namun, keracunan makanan juga merupakan salah satu masalah paling umum yang dialami oleh mereka yang mengikuti haji, dengan gejala yang meliputi:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Kram atau nyeri perut
  4. Demam
  5. Diare

 

3 dari 4 halaman

Tips Tetap Sehat Selama Haji

Ibadah haji dimaksudkan untuk menguji temperamen dan kesabaran sekaligus menantang secara emosional, spiritual, dan fisik. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mempersiapkan diri Anda dengan baik untuk kesempatan yang menantang namun bermanfaat ini.

1. Bersiaplah Untuk Pengerahan Tenaga Fisik

Jemaah haji diharapkan banyak berjalan kaki, dengan jamaah diharapkan berjalan kaki antara 5 km – 15 km setiap hari. Bagi seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk, ini bisa menjadi tantangan untuk diikuti dan terkadang berbahaya. Dengan mempersiapkan tubuh secara fisik untuk latihan yang akan dijalankan, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan dapat mengikutinya tanpa membahayakan tubuh Anda. Dalam persiapan haji, mulailah kebiasaan jalan kaki yang teratur agar tubuh Anda lebih mampu mengikuti hari-hari berjalan yang panjang dan selanjutnya.

2. Minum banyak air

Dengan semua berjalan selama haji, penting untuk diingat untuk minum banyak air. Ini bisa mudah dilupakan karena semua aktivitas yang dilakukan, tetapi hidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda selama lima hari ini. Selain itu, suhu selama haji cenderung tetap di atas 40°C, jadi minum banyak air sangat penting untuk menghindari serangan panas.

3. Mengutamakan Kebersihan

Sering-seringlah mencuci atau membersihkan tangan Anda, terutama sebelum dan sesudah makan, batuk, menggunakan kamar mandi, atau bersin. Selain itu, cobalah untuk menahan diri dari menyentuh hidung, mata, dan mulut Anda, karena begitulah cara infeksi menyebar ke tubuh Anda. Cara lain untuk mencegah penyebaran penyakit adalah dengan menghindari berpelukan atau berjabat tangan dengan orang yang tidak Anda kenal.

4 dari 4 halaman

4. Perhatikan Makanan

Untuk membantu mencegah keracunan makanan selama haji, berhati-hatilah dengan makanan yang Anda konsumsi. Cuci buah dan sayuran sampai bersih sebelum memakannya, dan selalu gunakan peralatan makan dan piring yang bersih.

Selain itu, jika makanan Anda memiliki tekstur, bau, atau rasa yang tidak biasa atau tidak enak, jangan dimakan. Percayalah pada kami, jika ada sesuatu yang tidak beres tentang hal itu, jauh lebih baik aman daripada menyesal. Periksa juga untuk memastikan semua makanan, terutama daging, telah dimasak dengan matang.

5. Minum Multivitamin 

Multivitamin dapat memperkuat tubuh Anda untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Seiring dengan menjaga kebiasaan makan yang sehat selama haji, jemaah haji juga harus mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, kalsium dan magnesium sebagai bagian dari diet mereka.

Sementara Vitamin B meningkatkan energi Anda, Vitamin C membantu membangun kekebalan. Selanjutnya, Vitamin D dan kalsium sangat bagus untuk tulang dan persendian Anda sementara Magnesium membantu meredakan kecemasan dan stres, sehingga membuat tubuh dan jantung Anda rileks. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi multivitamin atau jenis obat apa pun. 

6. Jangan Memaksakan Diri 

Haji membutuhkan banyak berjalan kaki, yang bisa berat bagi sebagian orang tergantung pada kondisi cuaca dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Karena sebagian besar Muslim menunggu sampai usia tua untuk menunaikan ibadah haji, banyak dari mereka menderita penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya. Ini dapat menyebabkan serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Menurut pejabat kesehatan Saudi, ini adalah penyebab utama kematian di antara jemaah haji setiap tahun.

Namun, bukan berarti mereka yang memiliki kondisi seperti itu tidak boleh menunaikan ibadah haji. Yang perlu Anda lakukan hanyalah minum obat secara teratur dan jangan terlalu memaksakan diri. Selain itu, meskipun fasilitas medis selama haji sulit didapat, jemaah harus berkonsultasi dengan dokter atau praktisi medis jika mereka mulai merasakan gejala jantung selama perjalanan.

Demikian pula, jika Anda tiba-tiba menggigil dan mual atau hanya merasa pusing, Anda mungkin menderita serangan panas. Di mana pun Anda berada, tip untuk mengobati serangan panas kurang lebih tetap sama. Dalam keadaan seperti itu, berlindunglah di bawah naungan terdekat dan basahi diri Anda dengan air dingin. Agar tetap sehat selama haji, segera cari pertolongan medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.