Sukses

Viral Harga Menu Makanan di Warung Pedalaman Papua, Baksonya Rp120 Ribu

Dikabarkan bahwa akses perjalanan melalui udara, membuat harga makanan menjadi mahal

Liputan6.com, Jakarta Harga setiap makanan yang dijual oleh warung makan memang dapat berbeda dari suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Banyak sekali faktor yang menyebabkan perbedaan harga tersebut, salah satunya ialah pasokan bahan utamanya yang memang sudah mahal karena akses transportasi.

Seperti di pedalaman Papua, tidak semua wilayah bisa ditempuh dengan jalur darat. Banyak wilayah lebih mudah dijangkau bila menggunakan transportasi udara. Namun menggunakan transportasi udara turut berdampak pada harga bahan makanan yang membuat menu makanan di warung menjadi mahal.

Seperti sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @farisghaisani beberapa waktu lalu. Dalam cuitannya, ia mengunggah ulang video dari akun TikTok @fiankcbf24 yang saat ini sudah menghilang. Dari video tersebut, terlihat bahwa harga makanan di warung 99 yang berada di pedalaman Papua ini memiliki harga mulai dari Rp100 ribuan.

Berikut ulasan video harga makanan di warung Papua pedalaman yang Liputan6.com kutip dari Twitter @farisghaisani , Selasa (23/5/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekali makan bakso habis Rp100 ribuan, kalau sebulan bisa berapa juta?

Mengutip dari video yang diunggah ulang oleh akun Twitter @farisghaisani, terlihat bahwa harga dari makanan yang dijual warung tersebut mulai dari harga Rp100 ribuan. Harga es teh sendiri saja Rp25 ribu, yang membuat banyak netizen memberikan berbagai komentar.

Beberapa netizen berpendapat karena transportasi ke Papua yang masih mahal membuat harga bahan pokok berbeda jauh dengan wilayah lainnya. Namun untuk wilayah Papua pinggiran maupun Kota, harga makanannya pun sudah wajar dan tidak semahal makanan di pedalaman.

"Ini memang dipedalaman papua. Itu tempat lokasi pendulangan tradisional. Ke dari lokasi tsb pakai heli. Ga ada masalah itu." tulis akun @loukiee

"wajar mahal nder, soalnya daerahnya masih terisolir, akses keluar masuknya cuma jalur udara dan distribusi pake pesawat itu ga murah, sama halnya kek di pedalaman di kampung gue di kalimantan, jangan kaget kalo beras sekarung bisa nyampe 900k" tulis akun @HeyyyNdre

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini