Sukses

Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor, Harga Tiket dan Fasilitasnya

Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup cocok untuk berlibur dan mengedukasi si kecil di akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta Mengunjungi kota Bogor tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup. Tidak begitu jauh, hanya memakan waktu sekitar 60 menit saja dari pusat kota Jakarta.

Ketika berada di sana, pengunjung akan disuguhi dengan panorama khas pedesaan di Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup ini. Tentu panorama yang disuguhkan akan sangat jauh berbeda dari keadaan di perkotaan.

Bermain lumpur, membajak sawah, mencari ikan, hingga berkebun, dan menanam padi ada di Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup. Tempat wisata yang sangat cocok untuk mengisi waktu libur akhir pekan dan akhir tahun bersama keluarga. Termasuk si kecil yang sudah pasti menyukainya.

Berikut penjelasan mengenai Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sejarah Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup

Keberadaan Kebun Wisata Pasirmukti erat kaitannya dengan sosok Emily Turanggan. Pada tahun 1979, mahasiswa Fakultas Pertanian UGM ini mulai berkebun dan menggeluti hobi menanam anggrek pada lahan seluas 3.500 meter persegi.

Sedikit demi sedikit, lahan tempatnya berkebun diperluas dengan cara membeli lahan pertanian dari petani sekitar. Hobinya terus berkembang. Dan kebun ini menjelma menjadi tempat rekreasi keluarga dan sahabat-sahabatnya. Hingga pada tahun 2001, kebun mulai dibuka untuk masyarakat umum.

Kemudian, pada tahun 2003 pengelolaan kebun dilakukan secara profesional di bawah naungan PT. Kebun Pasirmukti. Ruang geraknya pun menjadi semakin diperluas. Sampai Kebun Wisata Pasirkuti dijadikan menjadi tempat pelatihan pertanian dan rekreasi agrowisata. Ketika baru dibuka, lahan rekreasinya hanya 5 hektar namun untuk saat ini telah diperluas hingga menjadi 15 hektar.

3 dari 7 halaman

Permainan di Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup

Kolam Lumpur

Pengunjung akan disuguhkan dengan kolam lumpur yang tentu saja bisa digunakan untuk bermain. Bermain lumpur dan bermain perang bantal di atas bambu kolam yang berlumpur. Jika ingin bermain di sini pastikan membawa baju ganti ya, agar si kecil bisa lebih puas bergulat dengan lumpur tanpa takut kotor.

Memancing Ikan

Di tempat memancing ikan, pengunjung akan bisa melakukan interaksi dengan ikan-ikan kecil. Tentu saja pengunjung akan diminta untuk menangkapnya. Uniknya lagi, hasil tangkapan ikan ini boleh dibawa pulang. Metode penangkapan ikan di sini juga ada beragam. Mulai dari memancing dengan alat pancing biasa atau menggunakan jaring ikan.

Melukis Caping

Edukasi sebelum menanam padi juga akan didapatkan di sini. Pengunjung akan diajak untuk terlibat langsung melukis di atas media berupa caping. Topi yang biasa digunakan untuk beraktivitas di sawah. Tentu saja aktivitas ini akan sangat membantu perkembangan motorik anak dan membuatnya menjadi lebih kreatif.

 

4 dari 7 halaman

Bercocok Tanam di Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup

Bajak Sawah

Pada kegiatan yang satu ini, pengunjung akan diminta untuk berinteraksi dengan hewan khususnya kerbau atau sapi untuk membajak sawah. Biasanya pengunjung akan dibantu membajak sawah oleh kerbau dengan menaikinya. Tidak menggunakan traktor, tetepi kerbau agar pengunjung bisa benar-benar menikmati keasrian suasana di pedesaan.

Namun sayangnya, aktivitas ini hanya rutin dilakukan pada akhir pekan atau ketika pengunjung datang secara rombongan. Jadi kalau berkunjung bersama keluarga pada hari biasa, kemungkinan tidak mendapat kesempatan melakukan aktivitas ini.

Menanam Padi

Kegiatan yang satu ini, pengunjung akan diajak untuk menanam padi di ladang sawah yang sebenarnya. Pengunjung akan melakukan aktivitas ini secara bersama-sama layaknya para petani ketika menanami sawahnya dengan padi. Nantinya, pengunjung akan diberikan bibit padi kemudian dibariskan untuk menanam padi tersebut secara bersamaan.

5 dari 7 halaman

Bercocok Tanam di Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup

Hidroponik

Agrowisata yang bisa dinikmati di Kebun Wisata Pasirmukti cukup beragam. Mulai dari pembibitan anggrek, kebun buah, kebun sayur, hidroponik, kolam ikan hingga ke peternakan. Bahkan di sini, pengunjung juga bisa melihat sampai berpraktik, demo dan berbelanja buah dan tanaman.

Salah satunya yakni hidroponik. Tempat hidroponik yang ada di Kebun Wisata Pasirmukti memang tidak terlalu besar.Terdiri dari dua green house yang dilengkapi dengan instalasi hidroponik tipe kolam apung dan vertikultur. Di tempat hidroponik ini pengunjung bisa mendapatkan penjelasan mengenai cara bertanam hidroponik benar dan khas pedesaan.

Kebun Buah

Terdapat pula kebun buah, baik buah yang ditanam pada lahan terbuka maupun ditanam di dalam pot (tabulampot). Jenis buah-buahannya terdiri dari jambu batu, jambu air, belimbing, jeruk kasturi, mangga, matoa, dan masih banyak lagi.

Bahkan di tempat ini disediakan pula tempat peragaan untuk cara bercocok tanam. Pengunjung bisa berpraktik bercocok tanam berbagai jenis buah, jadi sangat cocok untuk memberian edukasi kepada si kecil untuk memahami cara berkebun sejak dini. Termasuk hasil praktiknya bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

 

6 dari 7 halaman

Paket Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup

Paket Agro Junior dengan harga Rp. 115.000 per orang

Pengunjung yang mengggunakan paket ini akan mendapatkan fasilitas tiket masuk, saung pertemuan, Pemanduan Edukatif Agro pintar, Tanam Padi, Bajak sawah, dan Arena kolam lumpur.

Lalu melukis topi caping, menanam di cup atau Split Anggrek, sertifikat, satu kali snack dan kotak makan siang. Paling sedikit, anggotanya harus berjumlah 10 orang.

Paket Agro Adventure dengan harga Rp. 200.000 per orang

Fasilitas dan kegiatan yang disediakan untuk paket ini yakni tenda camping, tracking, api unggun, naik rakit, tangkas di lumpur, petualangan malah hari.

Kemudian tiga kali snack dan nasi kotak. Paket ini tersedia dengan waktu 2 hari atau satu malam dengan minimal anggota 20 orang.

Paket Anak Tani dengan harga Rp. 350.000 per orang

Paket ini digunakan untuk anak-anak yang ingin menginap dan belajar mengenai bidang pertanian.

Fasilitasnya berupa akomodasi untuk menginap 2 hari 1 malam, pemandu agro junior, rumah tani, dunia padi, naik rakit, petualangan malam hari, api unggun, sertifikat, prasmanan, snack untuk 3x makan dan minimal 10 anggota.

Lahan Camping dengan harga Rp. 37.500 per orang

Fasilitas untuk paket ini sangat sederhana. Sesuai dengan kebutuhannya, pengunjung hanya mendapatkan tiket masuk, minuman selamat datang, arena untuk camping, dan kamar mandi untuk semua keperluan.

7 dari 7 halaman

Paket Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup

Paket Camping dengan harga Rp. 85.000 per orang

Paket ini disediakan dengan anggota minimal 5 orang. Fasilitasnya hampir sama dengan paket Lahan camping, tetapi mereka disediakan tenda khusus camping dan kotak makan pagi.

Paket Ceria dengan harga Rp. 55.000 per orang

Fasilitas yang akan didapatkan yakni tiket masuk, tenda, alas terpal, dan makan siang dengan nasi kotak. Pemandu tidak disediakan untuk paket ini. Anggota yang harus dimiliki untuk mengambil paket ini yakni 20 orang.

Paket Lansia di atas usia 60 tahun dengan harga Rp. 75.000 per orang

Paket yang sesuai untuk kebutuhan kakek dan nenek. Mereka bisa menikmati fasilitas yang menyenangkan dengan suasana yang jauh lebih santai dan menenangkan. Para lansia ini akan diberikan berbagai macam permainan yang cocok untuk usia mereka. Makan siang yang tersaji khusus prasmanan dengan snack satu kali. Paket ini bisa diikuti dengan membawa anggota minimal 20 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini