Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna, Definisi, dan Ciri-cirinya

Penjelasan lengkap mengenai pasar persaingan sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Pasar persaingan sempurna disebut-sebut sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesejahteraannya. Hal ini dikarenakan kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna adalah penawaran serta permintaannya berjalan secara seimbang.

Salah satu kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna lainnya adalah tak ada monopoli dalam pasar model ini. Hal ini dikarenakan pasar persaingan sempurna merupakan sistem transaksi jual beli yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi harga yang dikendalikan oleh satu orang pihak. Harga yang tercipta adalah murni akibat transaksi pasar.

Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna juga dapat menciptakan iklim perdagangan yang sehat dan saling menguntungan karena produk yang disediakan oleh produsen memang merupakan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat atau konsumen.

Selama ini banyak yang tak memahami kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna, maka dari itu, artikel ini akan mengulas mengenai hal tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (14/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pasar persaingan sempurna, alangkah baiknya untuk memahami definisinya terlebih dahulu. Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya terjadi transaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk penawaran dan permintaan produk. Yang membedakan dari pasar biasa ialah di dalam sistem ini, transaksi yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh naik turunnya harga.

Asas dalam pasar persaingan sempurna adalah kesepakatan antara pedagang dengan pembeli. Hal ini muncul dikarenakan antara keduanya sudah terjalin hubungan batin yang erat kalau sama-sama telah mengetahui tentang informasi harga di pasar tersebut.

Biasanya, barang yang dijual pada struktur pasar ini adalah bahan pokok seperti beras, kentang, gandum, sagu dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Tak semua pasar yang ada di Indonesia bisa disebut dengan pasar persaingan sempurna. Namun harus memenuhi ciri-ciri tertentu sehingga transaksi yang ada dalam pasar tersebut dapat disebut sebagai pasar persaingan sempurna. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimaksud:

1. Jumlah penjual dan pembeli sama banyak

Salah satu ciri kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna adalah adanya jumlah yang seimbang antara penjual dan pembelinya. Dengan kondisi semacam ini, tentu saja penjual tidak akan bisa sembarangan untuk memainkan harga karena pembeli bisa mengetahui informasi tentang harga asli yang sudah beredar di pasar tersebut.

Maka dari itu, kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna adalah harganya akan cenderung stabil. Dalam konteks ini yang menentukan keberhasilan transaksi adalah kekuatan penawaran dan permintaan atas sebuah produk.

2. Pedagang Leluasa Membuka Atau Menutup Usaha

Dalam kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna ini pihak pedagang leluasa untuk membuka ataupun menutup usahanya. Jika dirasa merugikan maka niaganya bisa dihentikan maupun sebaliknya. 

Ciri-ciri ini berbeda dengan pasar jenis lain, yang biasanya pihak pedagang hanya boleh menutup usahanya pada waktu tertentu. Ini biasanya tercantum dalam surat perjanjian sebelum membuka usaha.

3. Barang Yang dijual Bersifat Homogen

Salah satu ciri dalam pasar persaingan sempurna yakni barang yang dijual bersifat homogen atau setipe. Sehingga sekalipun pembeli membeli pada pedagang lain harga dan kualitasnya tetap sama.

Produk homogen yang dimaksud adalah barang yang dibutuhkan oleh masyarakat tetapi hanya satu kategori saja, seperti produk yang berupa bahan-bahan pokok. Di dalamnya sudah termasuk bahan makanan dan lainnya.

4. Penjual Dan Pembeli Mengetahui Informasi Harga Yang Jelas

Ciri-ciri yang keempat yakni baik para penjual ataupun pembeli sudah mengetahui informasi terakit harga yang benar yang ada di pasar tersebut Ini juga berlaku ketika harga bergerak dengan cepat.

Informasi ini sangat penting untuk mencegah penjual menjual produk dengan harga di bawah pasar ataupun sebaliknya. Sehingga bisa bermanfaat bagi pembeli agar tidak membeli produk dengan harga lebih tinggi dari harga yang sebenarnya.

4 dari 5 halaman

Kelebihan dari Pasar Persaingan Sempurna

1. Dalam pasar persaingan sempurna, peluang eksploitasi konsumen cukup rendah. Hal ini dikarenakan penjual di pasar ini tidak memiliki harga monopoli. Dengan demikian, mereka tidak punya pengaruh apa pun terhadap harga produk atau mereka tidak dapat membebani konsumen lebih tinggi dari harga normal.

2. Pasar persaingan sempurna dianggap berorientasi pada konsumen. Penjual tak dapat mengganggu konsumen. Pembeli bisa dengan bebas berpindah untuk melakukan jual beli dengan penjual manapun.

3. Dalam stuktur pasar ini tidak diperlukan memasang iklan karena produknya homogen atau setipe. Produk yang dapat dengan mudah digantikan oleh barang serupa dari pemasok lain, karena secara fundamental memiliki kualitas dan karakteristik fisik yang sama dengan yang lain.

4. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk iklan karena penjualan akan terjadi secara otomatis jika perusahaan menentukan harga lebih rendah dari pesaing.

5 dari 5 halaman

Kekurangan dari Pasar Persaingan Sempurna

1. Dalam bentuk struktur pasar ini, penjual tidak mendapatkan motivasi apa pun untuk menghadirkan inovasi atau menyertakan fitur tambahan dalam produk. Ini karena penjual tidak dapat dikenai biaya tambahan untuk fitur-fitur tambahan tersebut karena pembeli dapat pindah ke penjual lain.

2. Lokasi memainkan peran besar dalam menghasilkan penjualan. Perusahaan yang berlokasi di lokasi utama cenderung mendapatkan lebih banyak penjualan daripada yang tidak.

3. Ada sangat sedikit hambatan untuk memasuki pasar persaingan sempurna karena perusahaan mana pun dapat memasuki pasar ini untuk menjual produk, itu berarti kemungkinan pesaing akan lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.