Sukses

12 Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa yang Mudah dan Efektif

Ternyata cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa cukup mudah, cukup ikuti langkahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa memang wajib diketahui. Bagi beberapa orang, cegukan bahkan membuat kepercayaan diri menurun. Sebab, banyak yang malu ketika suara cegukan muncul dengan kerasnya.

Tenang saja, sebenarnya cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa sangat mudah. Tapi memang dibutuhkan kesabaran yang lebih, karena proses menghilangnya cegukan tidak dapat dengan sekejap saja.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cegukan, mungkin Anda cukup penasaran mengenai apa sebenarnya cegukan itu. Cegukan atau yang bisa disebut dengan hiccup dalam bahasa inggris, dapat muncul ketika menutupnya pita suara secara tiba-tiba akibat kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik.

Diafragma sendiri merupakan sebuah membran otot yang memisahkan rongga dada dan perut serta memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem pernapasan. Cegukan sendiri bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia. Durasi dari cegukan tersebut juga sangat bermacam-macam, ada yang sebentar atau hanya dalam hitungan menit, tapi ada juga yang berlangsung hingga berhari-hari.

Nah agar Anda tidak semakin bingung mana cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa yang sebenarnya efektif, Anda harus memahami berbagai cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa yang telah Liputan6.com rangkum di bawah ini, Rabu (15/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa yang Mudah

1. Tahan napas

Cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa adalah dengan menahan napas selama beberapa saat atau sekuat yang Anda bisa. Cara ini mungkin salah satu cara yang paling umum dan pasti sudah diketahui oleh hampir semua oran.

Menahan napas memang dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan. Ketika menahan napas, kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah.

2. Bernapas dengan kantong plastik

Cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa selanjutnya, yaitu dengan bernapas dengan bantuan dari kantong plastik. Sebenarnya tujuannya sama dengan saat menahan napas. Yaitu supaya kadar karbondioksida dapat meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, maka sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Bernapas saja seperti biasa namun dengan menggunakan kantong plastik atau kertas

3. Minum air hangat

Dengan mengonsumsi air hangat maka dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Caranya cukup dengan meminum air hangat, lalu Anda bisa menahan napas dengan posisi tubuh sedikit membungkuk selama yang Anda bisa.

Dan setelah itu kembalikan posisi tubuh ke posisi tegap, namun masih dengan menahan napas. Barulah air tadi ditelan dan Anda bisa mulai bernapas seperti biasa.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa Tanpa Minum

4. Atur pernapasan

Selanjutnya, Anda bisa mencoba cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa ini. Yaitu dengan bernapas dengan teratur dan benar. Hal ini dimaksudkan agar oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat.

5. Tahan napas sambil melipat kedua lutut

Mungkin terlihat cukup aneh, namun cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa ini juga dipercaya efektif untuk menghiklangkan cegukan yang sedang Anda alami. Caranya cukup posisikan badan dengan bersimpuh, lalu angkat kedua kaki hingga lutut tertekuk.

6. Headstand

Sedangkan, pada cara ini mernjadi salah satu cara yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, apabila Anda berhasil melakukannya, maka cegukan yang Anda alami akan mudah menghilang. Maksud dari gerakan ini yaitu membuat aliran darah menuju otak lebih cepat, dan oksigen akan ikut mengalir ke seluruh tubuh akibat gaya gravitasi yang mengalirkan darah.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa yang Simpel

7. Menjulurkan lidah

Selain beberapa cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa di atas, dengan menjulurkan lidah dipercaya dapat merangsang nasofaring dan saraf vagus. Kedua saraf ini sangat berpengaruh terhadap otot-otot mulut, tenggorokan, serta dapat mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma

8. Permen

Mengulum permen juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan cegukan. Sebab mengonsumsi permen akan meningkatkan kerja otot di area mulut dan dapat merangsang otot diafragma. Anda cukup mengulum permen selama 5 menit atau hingga cegukan hilang.

9. Es batu

Cara ini dimaksudkan untuk memanipulasi otot-otot di area leher agar lebih rileks dan akan berpengaruh terhadap otot diafragma. Ketika seluruh otot rileks, maka cegukan akan berangsur-angsur menghilang.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa yang Terakhir

10. Jeruk nipis

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan bantuan jeruk nipis. Sebab, jeruk nipis selain memiliki sangat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, juga dapat meredakan cegukan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meminum langsung air perasan jeruk nipis. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan berfungsi untuk menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

11. Mengoleskan minyak kayu putih

Ketika cegukan, Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih pada bagian leher dan bagian perut. Sebab, dengan mengoleskan minyak kayu putih dapat memberikan sensasi hangat dan membuat otot leher Anda semakin rileks, serta aliran darah dapat lebih lancar.

12. Beri pijatan pada area ulu hati

Apabila cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa di atas masih belum berhasil juga, Anda bisa menocba dengan memijat area ulu hati. Hal ini karena otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati yang ada di atas perut. Coba pijat pelan dan sedikit diberi tekanan lembut pada area tersebut dengan ujung jari kurang lebih selama 30 detik hingga 1 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini