Sukses

Focus Group Discussion Adalah Pendekatan untuk Mengumpulkan Data, Ini Tujuannya

Focus group discussion adalah pendekatan yang umum digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi pada penelitian kualitatif.

Liputan6.com, Jakarta Focus group discussion adalah suatu teknik yang dimanfaatkan oleh para peneliti guna mengumpulkan suatu kelompok dan membahas suatu topik tertentu yang spesifik. Topik yang dibahas beragam dan bisa apa saja, sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Sedangkan secara umum, metode focus group discussion adalah pendekatan yang umum digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi pada penelitian kualitatif, tidak terkecuali penelitian keperawatan yang saat ini semakin populer.

Tujuan utama dari focus group discussion adalah sebagai pemanfaatan sikap, perasaan, keyakinan, pengalaman, dan reaksi responden dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan metode lain.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian focus group discussion menurut para ahli beserta tujuan dan cara melaksanakannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (21/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Focus Group Discussion Menurut Para Ahli

Istilah focus group discussion atau yang juga dikenal sebagai kelompok diskusi terarah sekarang ini sangat populer dan telah banyak digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam berbagai macam penelitian sosial.

Pengambilan data kualitatif melalui focus group discussion  dapat dikenal luas karena kelebihannya dalam memberikan kemudahan dan peluang bagi peneliti untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap serta pengalaman yang dimiliki oleh responden atau pesertanya. Berikut ini pengertian focus group discussion menurut beberapa ahli, yaitu:

Irwanto (1998)

Focus group discussion adalah sebuah proses pengumpulan informasi suatu masalah yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok.

Columbia dan Hening (1990)

Focus group discussion adalah wawancara dari sekelompok kecil yang dipimpin seorang narasumber atau moderator yang tugas mereka salah satunya mendorong peserta untuk berani berbicara terbuka dan spontan mengenai hal yang dianggap penting namun berhubungan dengan topik diskusi yang sedang dibahas.

3 dari 5 halaman

Tujuan Focus Group Discussion

Tujuan umum focus group discussion adalah untuk menyamakan setiap persepsi atas suatu isu ataupun topik atau minat tertentu di dalam dunia kerja, yang pada akhirnya nanti akan melahirkan kesepakatan dan juga pengertian baru terkait isu tersebut.

Dalam hal seleksi karyawan, maka tujuan focus group discussion adalah untuk bisa mengetahui tingkat kreativitas dan juga kemampuan berpikir para kandidat yang berdasarkan pada ide dan juga solusi yang mereka tawarkan pada suatu masalah tertentu. Dibandingkan dengan metode observasi, focus group discussion lebih terorganisasi dan dapat membantu seorang peneliti untuk menganalisis dan mengidentifikasi setiap perbedaan dari subjek atau responden secara utuh dan langsung.

4 dari 5 halaman

Kelebihan Focus Group Discussion

Kelebihan focus group discussion bertumpu pada hasil jawaban diskusi dari peserta. Baik hasilnya yang berupa pro atau kontra, keduanya akan memberikan wawasan baru kepada peserta bagaimana sebuah kelompok berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah.

Focus group discussion dapat digunakan untuk menggali arti dari temuan survei yang tidak dapat dijelaskan secara statistik. Bisa juga digunakan untuk menemukan berbagai pendapat atau pandangan tentang suatu topik yang diminati dan untuk mengumpulkan berbagai macam istilah lokal. Dalam menjembatani penelitian dan kebijakan tersebut, focus group discussion berguna untuk memberikan wawasan tentang perbedaan pendapat di antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses perubahan.

5 dari 5 halaman

Cara Pelaksanaan Focus Group Discussion

Untuk melaksanakan focus group discussion  yang sesuai dan berhasil ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, berikut ini mengenai cara pelaksanaan focus group discussion, yaitu:

1. Bentuk Tim

Untuk memulai focus group discussion yang sukses langkah pertama yang harus dibuat adalah membentuk tim yang solid dengan beberapa posisi seperti moderator, asisten moderator, notulen, penghubung peserta, penyedia logistik, dokumentasi dan beberapa hal lain yang diperlukan misalnya seperti petugas antar-jemput, konsumsi, bloker dan lain sebagainya.

2. Pilih dan Atur Tempat

Pada dasarnya focus group discussion  dapat dilakukan di mana pun, namun hendaknya tempat yang dipilih merupakan tempat yang netral, nyaman, aman, tidak berisik dan memiliki ventilasi yang cukup serta tentu saja aman. Setelah memilih tempat langkah selanjutnya adalah mengatur tempat tersebut senyaman mungkin sesuatu konsep yang disepakati satu kelompok, salah satunya bisa dengan mengatur tempat duduk.

3. Menyiapkan Logistik

Persiapan logistik dalam hal ini adalah menyiapkan keperluan teknis bagi sebelu, selama dan sesudah focus group discussion terselenggara. Beberapa persiapan logistik untuk focus group discussion adalah peralatan tulis, dokumentasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti transportasi maupun konsumsi.

4. Target Peserta

Jumlah peserta yang ideal dalam focus group discussion biasanya adalah 7-11 orang atau lebih kecil dari pada itu. Prinsipnya adalah terlalu sedikit tidak memberikan variasi yang menarik akan tetapi jika terlalu banyak justru akan mengurangi kesempatan dari masing-masing peserta untuk bertanya atau memberikan sumbangan pikirannya.

5. Menyusun Pertanyaan Focus Group Discussion 

Supaya pelaksanaan focus group discussion berjalan lancar dan informasi yang diperoleh juga sesuai dengan tujuan maka sebelum melaksanakan focus group discussion penting bagi penyelenggara untuk menyusun pertanyaan focus group discussion terlebih dahulu. Tujuannya jelas agar diskusi dapat berjalan terstruktur tidak keluar dari yang sudah di tentukan.

6. Pelaksanaan Focus Group Discussion 

Dalam pelaksanaan focus group discussion pastikan tim yang sudah dibentuk melakukan tugasnya masing-masing. Salah satu peran yang sangat penting dalam focus group discussion adalah moderator yang dalam hal ini dapat mengatur jalanya focus group discussion hingga selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.