Sukses

5 Cara Pasang Relay Klakson yang Mudah Dilakukan

Cara pasang relay klakson paling penting adalah memahami angka bagian relay.

Liputan6.com, Jakarta Klakson pada alat transportasi sepeda motor hingga mobil berperan untuk komunikasi dengan pengguna jalan yang lain. Selain memasang klakson, bagaimana cara pasang relay klakson?

Cara pasang relay klakson paling penting adalah memahami angka bagian relay. Melansir dari It Still Runs, pada Jumat (21/1/2022) ada lima cara pasang relay klakson sesuai angka yang bisa diikuti. Bagaimana langkahnya?

Memahami cara pasang relay klakson ini penting. Relay klakson adalah memiliki peranan mengurangi hambatan arus listrik. Begitu pula relay klakson adalah membuat komponen listrik bisa lebih aman dari gangguan arus pendek.

Berikut Liputan6.com ulas cara pasang relay klakson yang mudah dilakukan, Jumat (21/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pasang Relay Klakson

Ada lima cara pasang relay klakson sesuai angka yang bisa diikuti dipaparkan It Still Runs, bagaimana?

1. Tahap Pertama

- Cara pasang relay klakson mulailah dengan menemukan klakson asli dan lepaskan kabelnya.

- Pasang kunci kendaraan dalam posisi hidup, tekan tombol klakson dan periksa daya 12 volt pada kabel dengan lampu uji atau multimeter.

- Apabila tidak muncul 12 volt saat tombol klakson ditekan, gunakan pemeriksa kontinuitas untuk menguji kontinuitas antara kabel ini dan terminal negatif baterai.

2. Tahap Kedua

- Cara pasang relay klakson adalah mulai hubungkan kabel pada lampu uji ke relay di terminal 85 jika sudah terpenuhi 12 volt di kabel.

- Lanjutkan dengan menghubungkan terminal 86 ke bagian logam kendaraan menggunakan sepotong pendek kawat pengukur 16 dan konektor tanpa solder.

3. Tahap Ketiga

- Cara pasang relay klakson berikutnya, hubungkan kabel klakson ke terminal 86 dan terminal 85 ke terminal 30.

- Pastikan untuk menemukan kontinuitas antara kabel klakson dan ground kendaraan yang memerlukan kabel relay berbeda.

4. Tahap Keempat

- Cara pasang relay klakson adalah mulai pasang klakson baru dan relay di lokasi yang nyaman dan tepat di bawah kap.

- Direkomendasikan cara pasang relay klakson, memilih lokasi yang dekat dengan baterai untuk mengurangi biaya proyek dengan meminimalkan jumlah kabel pengukur berat yang digunakan.

5. Tahap Kelima

- Cara pasang relay klakson bagian akhir adalah mulai menghubungkan terminal cincin tanpa solder ke satu kabel dari dudukan sekering inline.

- Kemudian sambungkan ke terminal positif pada baterai kendaraan.

- Cara pasang relay klakson ini, gunakan konektor butt tanpa solder dan kawat pengukur sepuluh.

- Rentangkan sisi lain dari dudukan sekering ke relai dan sambungkan ke terminal 30 menggunakan jenis konektor tanpa solder yang sesuai, yang biasanya berupa konektor sekop wanita.

- Gunakan kawat pengukur sepuluh panjang dan konektor tanpa solder yang sesuai, sambungkan terminal 87 pada relai ke klakson.

- Apabila klakson memiliki dua konektor, konektor kedua terhubung ke bagian logam kendaraan dengan kawat pengukur sepuluh dan konektor tanpa solder.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Klakson Tidak Berhenti Berbunyi

Klakson adalah bagian penting dari sebuah kendakan untuk beroperasi di jalan. Pada satu kondisi, klakson memiliki masalah seperti tidak mau berhenti berbunyi.

Pahami, penyebab klakson tidak mau berhenti berbunyi adalah gagalnya sakelar di kemudi dan relay. Tidak perlu panik melansir Lifewire, pada Jumat (21/1/2022) dijelaskan cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi dengan mudah. Bagaimana?

1. Cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi pertama adalah segera menepi ke tempat yang aman.

2. Kemudian cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi, carilah posisi kotak sekring yang biasa berada di dekat mesin mobil.

3. Di dalam kotak itu pengemudi akan menemukan sekring klakson atau relay klakson. Cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi adalah cabut sekring tersebut untuk mematikan klakson.

4. Apabila tidak bisa menemukan sekring mana yang berhubungan dengan klakson, cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi adalah mencabut baterai dapat dipilih.

“Setidaknya hal ini memberikan ketenangan agar bisa mencari informasi terkait posisi sekring klakson baik melalui buku manual kendaraan atau berselancar di dunia maya,” dijelaskan

5. Ketika sudah menemukan sekring yang tepat, cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi adalah lepaskan untuk memutuskan aliran listrik ke klakson.

6. Kemudian cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi, sambungkan baterai agar bisa berkendara kembali menuju bengkel terdekat.

7. Terakhir, cara mengatasi klakson tidak mau berhenti berbunyi adalah mencabut satu per satu sekring sampai mendapatkan yang benar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.