Sukses

Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan, Pengertian, Beserta Strukturnya

Fungsi kloroplas berkaitan dengan tumbuhan yang dapat menghasilkan makanan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi kloroplas pada sel tumbuhan perlu kamu pahami. Sebagai salah satu bagian pada sel tumbuhan, kloroplas memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Sel adalah bagian terkecil pada setiap organ.  Baik hewan maupun tumbuhan dapat berkembang karena memiliki sel. Ketika fungsi sel hewan dan tumbuhan terganggu, maka perkembangannya pun juga akan terhambat. Hal ini tentunya juga berlaku pada kloroplas pada tumbuhan.

Fungsi kloroplas berkaitan dengan tumbuhan yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Kloroplas memiliki peran yang penting dalam melancarkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, kamu perlu memahami salah satu bagian dari sel tumbuhan ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/1/2022) tentang fungsi kloroplas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagian-Bagian Sel Tumbuhan

Sebelum mengenali fungsi kloroplas, kamu perlu mengetahui bagian-bagian sel tumbuhan terlebih dahulu. Pada sel tumbuhan, ada tiga bagian yang tidak terdapat pada sel hewan, yakni dinding sel, kloroplas, dan vakuola.

1. Dinding Sel

Bagian pertama dari sel tumbuhan yakni dinding sel, seperti halnya dengan namanya, bagian sel ini memiliki sifat yang kokoh dan kaku. Dalam dnding sel terdiri dari beberapa bagian lagi. Berikut merupakan senyawa penyusun dinding sel:

- Hemiselulosa. Hemiselulosa merupakan polisakarida yang tersusun dari xilosa, manosa, glukosa, dan asam glukoronat. Dalam dinding sel ini hemiselulosa memiliki fungsi sebagai perekat antara mikrofibril selulosa.

- Lignin. Bagian ini hanya dapat ditemukan pada dinding sel tumbuhan yang telah dewasa. Lignin memiliki fungsi untuk melindungi sel tumbuhan terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan atau memberikan ancaman.

- Pektin. Pektin merupakan polisakarida yang tersusun atas arabinosa, asam galakturonat, dan galaktosa.

- Kutin. Kutin adalah seuatu lapisan yang terletak pada bagian permukaan atas batang atau daun dan memiliki fungsi untuk mencegah dehidrasi yang terjadi akibat penguapan serta melindungi dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh patogen luar.

- Proten dan lemak. Dalam dinding sel tumbuhan tetap terdapat protein dan lemak meski jumlahnya tidak sebanyak sel hewan.

2. Kloroplas

Bagian kedua dari sel tumbuhan adalah kloroplas. Sama halnya dengan dinding sel, bagian ini juga hanya terdapat pada sel tumbuhan saja. Dalam kloroplas memiliki kandungan yang mengandung pigmen fotosintesis sehingga tumbuhan dapat melangsungkan proses fotosintesis. Jadi, bisa dibilang fungsi kloroplas yang sangat penting adalah membantu proses berlangsungnya fotosintesis. Hal inilah yang membuat tumbuhan dijuluki sebagai produsen karena mampu menghasilkan makanannya sendiri.

3. Vakuola

Terakhir yakni vakuola yang merupakan bagian sentral dari sel tumbuhan. Vakuola merupakan organ yang bermembran sel, memiliki ukuran besar yakni hampir setengah dari volume sel itu sendiri. Fungsi dari vakuola adalah sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan dan air. Vakuola juga ditemukan pada organisme yang hanya memiliki sel tunggal seperti Amoeba dan paramecium.

3 dari 5 halaman

Mengenal Kloroplas

Dalam mengenal fungsi kloroplas, kamu tentu harus paham dulu definisinya. Kloroplas adalah benda kecil pada sel tumbuhan yang mengandung klorofil. Kloroplas adalah bagian dari plastid yang mengandung klorofil. Di dalam kloroplas, berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan.

Kloroplas terdapat pada hampir seluruh tumbuhan, tetapi tidak umum dalam semua sel. Bila terdapat kloroplas, tiap sel dapat memiliki satu sampai banyak plastid. Umumnya, pada tumbuhan tingkat tinggi, kloroplas berbentuk cakram (kira-kira 2 × 5 mm, kadang-kadang lebih besar), tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma. Namun, bentuk dan posisinya berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya.

Pada ganggang, bentuknya dapat seperti mangkuk, spiral, bahkan bintang yang menyerupai jaring dan sering kali disertai pirenoid.

4 dari 5 halaman

Fungsi Kloroplas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi kloroplas adalah sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Fungsi kloroplas adalah menyediakan tempat-tempat untuk proses aktivitas fotosintesis. Di mana cahaya matahari yang ditangkap oleh tumbuhan, akan diserap melalui klorofil dengan baik.

Asupan cahaya tersebut berikutnya akan diubah menjadi energi kimia, lalu disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya yang diperlukan untuk tumbuh kembang tanaman.

Jadi, fungsi kloroplas  sangatlah penting bagi tumbuhan. Hal inilah yang membuat tumbuhan dijuluki sebagai produsen karena mampu menghasilkan makanannya sendiri. Hal ini tentunya berkat fungsi kloroplas tersebut.

5 dari 5 halaman

Struktur Kloroplas

Kloroplas mengandung pigmen klorofil yang menyebabkan warna hijau pada daun. Mengutip dari sumber.belajar.kemdikbud, kloroplas adalah tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Kloroplas memiliki lima bagian utama, yaitu stroma, membran dalam, membran luar, tilakoid, dan grana.

Kloroplas mempunyai membran ganda (membran luar dan membran dalam). Membran dalam dan membran luar kloroplas dibatasi dengan ruang antarmembran atau intermembran. Membran ganda mengelilingi matriks fluida yang disebut stroma.

Stroma mengandung enzim yang berperan untuk menangkap CO2 dan mereduksinya. Sistem membran di dalam stroma membentuk kantung-kantung datar yang disebut tilakoid. Pada beberapa tempat tilakoid bertumpuk membentuk grana. Klorofil dan pigmen lainnya terdapat pada membran tilakoid. Pigmen yang terdapat pada kloroplas, yaitu klorofil a (berwarna hijau), klorofil b (berwarna hijau tua), dan karoten (berwarna kuning sampai jingga).

Pada tanaman C3, kloroplas terletak pada sel mesofil. Contoh tanaman C3 adalah padi (Oryza sativa), gandum (Triticum aestivum), kacang kedelai (Glycine max), dan kentang (Solanum tuberosum). Pada tanaman C4, kloroplas terletak pada sel mesofil dan bundle sheath cell. Contoh tanaman C4 adalah jagung (Zea mays) dan tebu (Saccharum officinarum).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.