Sukses

14 Obat Gusi Bengkak Alami, Ampuh dan Mudah Ditemukan

Obat gusi bengkak alami ini memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antiperadangan.

Liputan6.com, Jakarta Dihadapkan dengan masalah gusi bengkak, sudah pasti tidak nyaman dan mengganggu aktivitas keseharian. Bagi yang kesulitan mencari obat di apotek, tidak perlu khawatir. Sebenarnya ada banyak obat gusi bengkak alami yang mudah ditemukan di rumah.

Gusi yang bengkak, umumnya disebabkan infeksi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Nah, obat gusi bengkak alami berupa tanaman herbal dan rempah ini dapat diandalkan karena ampuh menjaga kebersihan mulut. 

Selain bisa meredakan pembengkakan yang bernanah, obat gusi bengkak alami dapat meringkankan rasa nyut-nyutan, nyeri, dan bau mulut yang menyengat. Penerapannya bisa dengan menjadikannya obat oles dan obat kumur.

Meski memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antiperadangan, penggunaan obat gusi bengkak alami perlu dikonsultasi dengan ahli. Terutama saat penerapannya tidak memberikan efek yang baik atau semakin parah.

Berikut Liputan6.com ulas obat gusi bengkak alami dari berbagai sumber, Kamis (21/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Obat Gusi Bengkak Alami

Garam

Berkumur dengan air garam dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada gusi yang bengkak. Obat gusi bengkak alami ini pun mudah ditemukan dan sangat ampuh, loh.

Garam memiliki kandungan antiseptik yang baik untuk memusnahkan bakteri mulut. Jadi, saat mengalami sakit gigi sampai gusi membengkak yang disebabkan oleh infeksi, garam bisa meredakan rasa sakit lebih cepat.

Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat. Kemudian, kumur dengan larutan ini selama 30 detik. Berkumurlah sebanyak 2-3 kali sehari sampai gigi tak lagi bengkak.

Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang sudah pasti tersedia di rumah. Ketika mengalami gusi yang bengkak, kunyit bisa dijadikan solusinya. Obat gusi bengkak alami seperti kunyit bekerja dengan sifat antiseptik dan antiinflamasinya.

Selain kedua sifat tersebut, kunyit memiliki kandungan curcumin. Nah, sifat dan kandungan dalam kunyit inilah yang menjadikannya cocok untuk obat gusi bengkak alami karena kebersihan mulut bisa terjaga karenanya.

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Lalu, setelah menggosok gigi, oleskan campuran tersebut di gusi yang bengkak, diamkan selama 20-25 menit.

Setelah itu, bersihkan dengan berkumur dengan air hangat hingga bersih. Lakukan dua kali sehari sampai gusi bengkak mereda. Jangan terlalu berlebihan menggunakannya, secukupnya saja.

Lidah Buaya

Gel aloe vera memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Berbagai sifat inilah yang membuatnya bisa untuk obat gusi bengkak alami.

Apalagi lidah dikenal ampuh membunuh bakteri berbahaya penyebab gusi bengkak. Selain menyegarkan, untuk bisa menemukan lidah buaya sangat gampang di pekarangan.

Sementara untuk penerapannya, bisa dioleskan langsung ke gusi. Bisa juga digunakan sebagai obat kumur. Caranya dengan membuatnya menjadi jus gel lidah buaya untuk berkumur dua hingga tiga kali sehari.

3 dari 7 halaman

Obat Gusi Bengkak Alami

Teh

Teh mengandung tanin yang disebut ellagitannin. Persis seperti polifenol lain, ellagitannin memiliki kemampuan antioksidan dan anti-peradangan yang kuat.

Tanin dapat mengurangi rasa sakit gusi dengan membunuh bakteri yang dapat mengiritasi gusi. Hal inilah yang menjadikannya cocok untuk obat gusi bengkak alami.

Untuk mengurangi rasa sakit gusi, rendam kantong teh dalam air mendidih selama beberapa menit, lalu keluarkan, biarkan agak dingin. Sementara tas masih hangat, oleskan langsung ke lokasi rasa sakit selama sekitar 5 menit.

Lemon

Asam dalam lemon dapat berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon dapat dijadikan obat gusi bengkak alami karena dikenal bersifat antibakteri.

Membuatnya efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang dan menghindarkan dari masalah gusi bengkak. Praktik pengobatan dengan lemon sangatlah mudah dan aman.

Cara mengobati gusi bengkak dengan lemon, yakni dengan memeras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

4 dari 7 halaman

Obat Gusi Bengkak Alami

Bawang

Bawang putih dan bawang merah bisa dijadikan sebagai obat gusi bengkak alami. Bawang memiliki sifat antimikroba dan antiseptik, sehingga dapat menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa sakit.

Bawang juga mengandung agen antioksidan kuat yang disebut flavonoid quercetin, mampu meredakan sakit gigi. Penerapannya untuk pengobatan sangat mudah dan sederhana, salah satunya mengunyah.

Namun, jika tidak suka mengunyahnya secara langsung, bisa tempelkan irisan bawang di gigi atau gusi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan menumbuk satu siung bawang ditambah dengan satu sendok teh garam, lalu oleskan di area yang sakit.

Merica

Merica memang memiliki cita rasa pedas yang khas. Rempah yang satu ini selain mudah ditemukan di dapur, dapat digunakan sebagai obat gusi bengkak alami.

Manfaat merica berasal dari kandungan yang dimilikinya. Merica mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan properti analgesik yang berguna mengobati gusi bengkak.

Cara menerapkannya mudah saja, campur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada gigi sakit dan gusi yang bengkak.

5 dari 7 halaman

Obat Gusi Bengkak Alami

Minyak Serai

Minyak serai dapat digunakan sebagai pembersih mulut untuk mencegah penumpukan bakteri. Minyak ini bisa membantu mengurangi plak dan gingivitis. Sehingga membuatnya efektif dijadikan obat gusi bengkak alami.

Minyak serai umumnya aman digunakan selama dilarutkan dengan benar. Larutkan 2 sampai 3 tetes minyak serai dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari.

Tea Tree Oil

Berkumur dengan tea tree oil bisa mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi. Selain bisa dijadikan sebagai obat gusi bengkak alami, tea tree oil sangat membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut.

Sama seperti minyak serai, tea tree oil harus dilarutkan terlebih dahulu untuk menghindari iritasi. Larutkan 3 tetes tea tree oil dengan satu gelas air hangat.

Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari. Larutan tea tree oil juga bisa diteteskan pada pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi.

6 dari 7 halaman

Obat Gusi Bengkak Alami

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman herbal yang bisa untuk obat gusi bengkak alami. Terutama gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi berlubang atau plak.

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri. Hal ini yang membuatnya efektif membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati gusi bengkak dengan belimbing wuluh cukup mudah. Tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Rempah yang satu ini ampuh digunakan untuk obat gusi bengkak alami.

Rasa hangat jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur. Senyawa aktif dalam jahe seperti gingerol dapat mencegah pertumbuhan bakteri mulut.

Herbal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Hancurkan atau parut jahe hingga halus. Tambahkan garam hingga membentuk pasta kasar. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air bersih.

7 dari 7 halaman

Obat Gusi Bengkak Alami

Es Batu

Es batu bisa berperan sebagai pereda nyeri sementara yang baik. Maka tidak heran jika es batu dapat digunakan sebagai obat gusi bengkak alami.

Untuk merasakan manfaatnya, memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik. Lalu bungkus dengan kain tipis. Selanjutnya, tempelkan es batu ke daerah yang sakit selama kurang lebih 15 menit.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa digunakan untuk obat gusi bengkak alami. Manfaatnya berasal dari kemampuan daun jambu biji menjaga kebersihan mulut.

Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membersihkan mulut. Obat kumur daun jambu biji pun memiliki efek positif pada pengendalian plak.

Berkumur dengan daun jambu biji bisa mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri, dan menyegarkan napas. Daun jambu biji bisa direbus dengan air, lalu digunakan untuk berkumur dua kali sehari.

Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang membantu mengatasi plak dan peradangan. Cengkeh juga bisa membantu meringankan rasa sakit. Hal inilah yang menjadikan cengkeh cocok untuk obat gusi bengkak alami.

Haluskan 1 sendok teh cengkeh, campur dengan sedikit air dan aplikasikan pada gusi yang bengkak dengan kapas. Biarkan selama sekitar satu menit lalu bilas dengan berkumur.

Cengkeh juga bisa digunakan dalam bentuk minyak. Aplikasikan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan berkumur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini