Sukses

Pengertian Teks Deskripsi adalah Menjelaskan Suatu Hal, Berikut Penjelasannya

Teks deskripsi adalah berisi gambaran sifat-sifat benda.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu teks deskripsi? Memahami asal kata deskripsi adalah berasal dari bahasa Latin “describe” yang berarti menulis tentang atau membeberkan suatu hal.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian teks deskripsi adalah pemaparan/penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Dalam modul berjudul Menelaah Teks Deskripsi yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan.

“Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang teks deskripsi, pengertian teks deskripsi menurut para ahli, ciri-ciri, struktur, dan contohnya, Kamis (17/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Memahami deskripsi adalah berasal dari bahasa Latin describe yang berarti menulis tentang atau membeberkan suatu hal. Teks deskripsi adalah berisi tentang uraian yang jelas dan mudah dimengerti.

Dalam kajian teori penelitian yang dipublikasikan Universitas Pasundan Bandung (UNPAS) mengutip Keraf, kata deskripsi adalah dapat diterjemahkan menjadi pemerian, yang berasal dari kata perimemerikan yang berarti “melukiskan sesuatu hal.”

Hal yang sama diungkap dalam modul berjudul Menelaah Teks Deskripsi yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan.

“Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks,” dijelaskan.

Berdasarkan pada uraian pengertian teks deskripsi secara etimologi dan terminologi, bisa dipahami pengertian teks deskripsi adalah teks yang tujuan utamanya membuat pembaca bisa merasakan sesuatu yang ditulis oleh penulis.

Bagaimana para ahli memahami pengertian teks deskripsi? Ini penjelasannya:

1. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Keraf (1981: 93)

Pengertian teks deskripsi adalah sebuah bentuk tulisan yang bertalian dengan usaha para penulis untuk membeberkan perincian dari objek yang sedang dibicarakan.

2. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Kurniasari (2014: 141)

Pengertian teks deskripsi adalah berisi mengenai pengalaman yang digambarkan secara jelas. Pengalaman tersebut bisa dalam bentuk suatu objek. Ketika membaca dan mendengar, seolah-olah pembaca atau pendengar merasakan sendiri seperti melihat, mendengar, atau menyentuh.

3. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Parera (1987: 5)

Pengertian teks deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang hidup dan berpengaruh. Karangan ini berhubungan dengan pengalaman pancaindra seperti penglihatan, pendengarana, perabaan, penciuman, dan perasan.

4. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Sujanto (1998: 11)

Pengertian teks deskripsi adalah paparan tentang resepsi yang ditangkap oleh pancaindra. Kita melihat, mendengar, mencium, dan merasa melalui alat-alat indra manusia, dan dengan pancaindra itu agar dapat dihayati oleh orang lain.

5. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Semi (2007: 114).

Pengertian teks deskripsi adalah menggambarkan sesuatu sedemikian rupa sehinggga pembaca dibuat mampu (seolah merasakannya, melihat, mendengar atau mengalami) sebagaimana dipersepsi oleh pancaindra. Karena dilandaskan pada pancaindra, dan rincian atau maka deskripsi sangat mengandalkan pencitraan konkret dan rincian atau spesifikasi.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Struktur Teks Deskripsi

Memahami pengertian teks deskripsi adalah bukan hanya teks yang menggambarkan sesuatu dan membuat pembaca bisa merasakannya.

Pada proses penulisan teks deskripsi adalah penulis harus mengandalkan panca indranya untuk merasakan sesuatu untuk bisa menggambarkan sesuatu.

Ini ciri-ciri dan struktur teks deskripsi melansir dari modul berjudul Teks Deskripsi - Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya yang dipublikasikan Zenius. Bagaimana?

Ciri-Ciri Teks Deskripsi:

1. Ciri-ciri teks deskripsi adalah menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

2. Ciri-ciri teks deskripsi adalah topik yang berupa objek atau benda digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera. Seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya

3. Ciri-ciri teks deskripsi adalah mampu membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri dengan seolah-olah mereka terbawa dalam suasana saat membacanya.

4. Ciri-ciri teks deskripsi adalah banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang lumrah atau menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Ciri-ciri teks deskripsi adalah menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya seperti beliau adalah seorang kepala negara yang rendah hati.

6. Ciri-ciri teks deskripsi adalah mengandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek. Contohnya seperti di pasar, di kantin, di rumah, dengan lambat, dll.

7. Ciri-ciri teks deskripsi adalah menggunakan beberapa bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora.

8. Ciri-ciri teks deskripsi adalah penjelasannya yang memaparkan sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu. Seperti bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci.

Struktur Teks Deskripsi:

1. Identifikasi

Pada bagian pertama adalah bagian identifikasi. Pada struktur teks deskripsi bagian identifikasi, penulis harus menentukan elemen-elemen yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topiknya.

Penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh di dalam teks tersebut, benda, peristiwa atau tempat yang dipilih sebagai objek yang akan dideskripsikan dalam sebuah tulisan.

2. Klasifikasi

Bagian kedua adalah bagian klasifikasi. Penulis menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan sesuai dengan kaidah serta standar yang telah ditetapkan.

Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan kepada pembacanya. 

3. Deskripsi

Bagian terakhir adalah bagian deskripsi. Pada struktur teks deskripsi bagian inti, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam teks. 

Mulai membuat sebuah pemaparan, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca.

 

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi

Pada proses pembuatan teks deskripsi, penulis harus menentukan topiknya terlebih dahulu. Mulai dengan memperkenalkan objek, bangkitkan esensi dengan melibatkan indra dan imajinasi.

Jelaskan perasaan, lakukan pengamatan, dan padukan dengan bahasa kiasan. Agar lebih memahaminya, simak contoh teks deskripsi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Contoh Teks Deskripsi Gunung Merbabu

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung. Ada beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Merapi dan Gunung Semeru. Ada juga gunung-gunung yang sudah tidak aktif. Salah satunya adalah Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki. Untuk mendaki gunung berketinggian 3142 MDPL ini, pendaki dapat melewati jalur Selo, Wekas, dan beberapa jalur lain.

Pada hari libur, gunung ini biasanya akan ramai dikunjungi oleh para pendaki. Jalurnya yang tidak terlalu curam serta pemandangannya yang indah menjadi alasan bagi para pendaki untuk menjadikannya sebagai destinasi pendakian.

2. Contoh Teks Deskripsi Musik Tradisional Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung (babel) dengan ibukotanya Pangkal Pinang, terletak di pulau Bangka. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Tiongkok Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Belitung oleh Selat Karimata.

Masyarakat Bangka Belitung terdiri dari berbagai etnis, seperti Bugis, Minangkabau, Jawa, Banjar, Kepulauan Bawean, Aceh dan beberapa suku lain yang sudah lebih dulu melebur, sedangkan tionghoa etnis Khek dan Hokian, dengan bahasa daerahnya melayu, hingga musik  tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu-nya.

usik Bangka tradisional sangat kental sekali dengan budaya Melayu nya. Salah satu alat musik kebanggaan daerah  Bangka adalah dambus. Dambus adalah semacam alat seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini. Dambus biasanya dipakai untuk mengiringi acara-acara adat, tari-tarian, atau acara lainnya.

Jumlah senar pada dambus ada yang empat dan ada yang enam.  Alat musik dambus biasanya dipakai dalam setiap alat musik tradisional Melayu yang bernuansa penyambutan, penghormatan, peringatan, perayaan, syukuran, maupun acara keagamaan. Alat musik Dambus juga biasanya dipakai untuk mengiringi tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian  khas Bangka Belitung, seperti tarian dan nyanyian Serumpun Sebalai.

3. Contoh Teks Deskripsi Gunung Merapi

Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta merupakan satu di antara gunung yang menjadi tujuan wisata alam terfavorit. Ketinggian Gunung Merapi mencapai 2.930 M.

Sebagai gunung paling aktif, ternyata Merapi satu di antara gunung yang paling sering erupsi. Terakhir erupsi pada 1 Juni 2020.

Gunung Merapi termasuk jenis gunung berapi kerucut. Secara geografis, Gunung Merapi terletak di Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), dan Kabupaten Sleman (DIY).

Sebagai gunung yang sering erupsi, memang memberikan positif dan negatif bagi warga sekitar. Negatifnya, setiap erupsi datang, mereka harus mengungsi. Positifnya, lahan pertanian di sana sangat subur.

Tidak hanya subur, masyarakat dapat mengais rezeki dengan menjual pasir hasil erupsi merapi. Ternyata pasir Merapi sangat bagus sebagai material pembangunan rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.