Sukses

Vendor adalah Penyedia Barang atau Jasa, Kenali Jenis, Fungsi, dan Tugasnya

Vendor adalah penyedia barang baku hingga barang setengah jadi.

Liputan6.com, Jakarta Vendor adalah istilah yang kerap kali digunakan dalam dunia bisnis. Vendor identik dengan orang-orang yang menyediakan barang atau jasa. Vendor merupakan pihak yang bisa berbentuk lembaga ataupun perorangan.

Biasanya vendor menjual barang berbentuk bahan mentah atau bahan bak ke perusahaan lain untuk menunjang produksi. Namun, beberapa dari vendor tersbut juga ada yang menjual komponen atau bahan pendukung lain. 

Vendor adalah penyedia barang baku hingga barang setengah jadi. Contoh mudahnya, bila perusahaanmu ingin membuat sebuah sepeda. Kamu tentunya akan mencari berbagai komponen yang sesuai dengan sepada yang akan kamu buat. Semisal kamu ingin membeli sebuah ban untuk sepeda tersebut, kamu akan memesannya ke vendor yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021) tentang vendor adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vendor adalah

Vendor adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan penjual barang atau jasa. Vendor adalah suatu bagian yang menjembatani produk dari produsen agar sampai ke tangan konsumen atau perusahaan lain. Istilah vendor dapat mencakup pengecer atau pemasok secara luas dengan apa yang sering menjadi komponen dalam produk yang lebih besar.

Vendor adalah istilah yang mengacu pada individu atau perusahaan yang menjual sesuatu kepada individu atau entitas lain. Vendor dapat dimanfaatkan di berbagai tempat dalam rantai pasokan. Individu yang berprofesi dalam bidang vendor adalah orang-orang yang berperan menjual atau memasok sumber daya berupa bahan mentah kepada pihak lain, yang kemudian diolah menjadi produk atau barang lain.

Contoh cara kerja vendor adalah, bagi rantai toko retail besar biasanya memiliki daftar vendor tempat mereka membeli barang dengan harga grosir, yang kemudian mereka jual dengan harga eceran kepada pelanggan mereka. Beberapa pedagang juga bisa menjual langsung ke pelanggan, seperti yang terlihat pada pedagang kaki lima dan truk makanan.

Selain itu, vendor juga dapat bertindak sebagai pihak penjualan business-to-business (B2B) yang menyediakan bagian dari suatu produk ke bisnis lain untuk membuat produk akhir. Tugas dari vendor adalah untuk memastikan bahwa kebutuhan barang atau jasa dari sebuah perusahaan dapat tersedia dengan baik.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Tugas Vendor

Melansir dari investopedia, pemasok atau vendor adalah orang atau badan usaha yang menjual sesuatu. Fungsi vendor adalah sebagai pihak yang akan memastikan ketersediaan barang atau jasa yang diperlukan oleh perusahaan lain untuk menunjang produksinya. Hal ini berarti, suatu perusahaan akan membutuhkan jasa atau produk dari vendor saat mereka tidak bisa menyediakan atan mencari bahan baku sendiri.

Contoh produk yang bisa dibeli dari vendor bisa berupa bahan setengah jadi, bahan mentah, bahan pendukung, atau jasa dalam melakukan sesuatu. Berikut beberapa tugas vendor yang perlu kamu ketahui:

1. Memenuhi setiap permintaan dari perusahaan yang menjadi rekanannya sesuai dengan kesepakatan.

2. Memastikan setiap produk yang dijual kepada konsumen merupakan produk yang berkualitas.

3. Memastikan pengiriman barang atau jasa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

4. Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada konsumen.

5. Melancarkan operasional suatu bisnis.

Kehadiran vendor sangat memengaruhi kelancaran operasional suatu bisnis. Pasalnya, setiap masalah yang dilakukan oleh pihak vendor akan berimbas negatif pada perusahaan lainnya. Sebagai contoh, masalah distribusi atau pengiriman dari pihak vendor akan berefek langsung pada ketepatan waktu pengiriman, kualitas bahan, atau kualitas produk yang diproduksi.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Vendor

B2C (Bisnis ke Konsumen)

Jenis vendor B2C maksudnya adalah menjual langsung ke konsumen. Mereka umumnya menjual produk yang sudah jadi kepada pengguna akhir atau bahkan komponen produk. Ini bisa berupa toko ritel seperti Gap yang menjual pakaian atau menjadi pengecer seperti Radio Shack yang yang menjual komponen elektronik, yang bertindak sebagai vendor khusus untuk konsumen akhir. Penjual bisa menjadi pengecer online atau bahkan seseorang yang menjual sesuatu di pinggir jalan. Beberapa vendor bahkan mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan konsumen.

B2G (Bisnis ke Pemerintah)

Jenis vendor B2G maksudnya adalah menjual sesuatu ke pihak pemerintah. Di industri pertahanan, ada banyak vendor yang menjual berbagai jenis peralatan melalui kontrak dengan pemerintah. Beberapa contoh vendor B2G termasuk Raytheon dan Lockheed Martin, yang menjual produk dan komponen pertahanan ke Angkatan Darat.

Jenis vendor B2G lainnya terkadang juga bisa menjadi konsultan pemerintah. Mereka adalah individu yang mungkin telah membangun karir yang sukses untuk diri mereka sendiri di sektor swasta dan telah mulai mengontrakkan keahlian mereka ke sektor publik.

B2B (Bisnis ke Bisnis)

Vendor B2B adalah salah satu yang menjual barang atau jasa ke vendor lain. Contoh vendor B2B adalah Panasonic, yang menjual baterai ke Tesla, atau produsen microchip, seperti Intel atau Advanced Micro Devices, yang menjual komponen ke produsen komputer pribadi. Barang-barang tersebut dijual ke bisnis lain dan, pada gilirannya, akan disimpan dalam inventaris, baik untuk jangka waktu pendek atau panjang (tergantung pada produknya).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.