Sukses

1 Ton Berapa Kg? Simak Pula Cara Menghitung dan Konversinya

Ternyata, 1 ton setara dengan 1000 kilogram. Sedangkan 1 kilogram setara dengan 0,001 ton.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan seperti 1 ton berapa kg mungkin terdengar sepele bagi anda. Kenyataannya, perhitungan sederhana ini masih sering salah dipakai beberapa orang. Akibatnya, mereka mendapatkan produk yang kurang sesuai atau belum memenuhi ekspektasi.

Ternyata masih banyak orang yang salah menjawab soal 1 ton berapa kg. Satuan ton biasanya digunakan dalam berbagai hal, yang mana dapat sebagai satuan dari massa. Tak hanya digunakan dalam perhitungan massa pada pelajaran matematika, namun juga bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Sedangkan, kg atau kilogram adalah satuan unit SI untuk massa. Kilogram didefinisikan sama dengan massa dari sebuah kilogram standar. Kilogram ini juga sering digunakan dalam menghitung sebuah produk maupun benda.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai 1 ton berapa kg beserta cara menghitung dan konversinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/22/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Ton dan Kilogram

Sebelum mengetahui 1 ton berapa kg, anda perlu memahami pengertian ton dan kilogram. Perlu anda ketahui bahwa ton dan kilogram merupakan satuan resmi oleh Sistem Satuan Internasional. Artinya, kedua satuan tersebut telah dipakai di berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Sebab satuan tersebut sudah umum digunakan, harusnya anda dapat menjawab pertanyaan 1 ton berapa kg.

Apalagi kilogram menjadi satuan yang paling umum dipakai masyarakat Indonesia untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Sebut saja beras, gula, minyak, buah, sayur, sampai daging. Berbeda dengan ton yang lebih sering dijumpai untuk skala lebih besar seperti transportasi, mesin pabrik, dan alat-alat berat untuk konstruksi. Uniknya, beberapa negara mempunyai sistem satuan berbeda yang hampir mendekati ton. Misalnya di Amerika Serikat ada istilah short ton, sedangkan Inggris menggunakan log ton.

Kendati dua-duanya mengandung ton, ternyata saat dikonversi ke kilogram ternyata menghasilkan angka berbeda. Jadi, saat warga Inggris atau Amerika Serikat mendapatkan pertanyaan 1 ton berapa kg, jawaban mereka tak akan sama. Di Negeri Paman Sam, satu short ton setara dengan 907 kilogram. Jumlahnya akan semakin besar apabila anda mengonversinya dengan satuan di Inggris, yakni 1.106 kilogram untuk satu log ton. Sedangkan, masyarakat Indonesia tak akan dibuat dengan perbedaan tersebut. Mengacu pada Sistem Satuan Internasional, 1 ton berapa kg jawabannya adalah 1.000 kilogram. Menghitungnya pun mudah, sebab anda hanya perlu mengalikan atau membaginya dengan angka seribu.

3 dari 4 halaman

Cara Menghitung Ton dan Kilogram

Setelah mengetahui 1 ton berapa kg, untuk memudahkan anda mengingatnya akan lebih baik juga mengetahui cara menghitung ton dan kilogram. Berikut carannya:

Rumus = Ton x 1000 = Kg

Berikut dibawah ini merupakan tabel pehitungan dari satuan ton diubah menjadi satuan kilogram, yaitu:

- 1 ton setara dengan 1000 kilogram

- 2 ton setara dengan 2000 kilogram

- 3 ton setara dengan 3000 kilogram

- 4 ton setara dengan 4000 kilogram

- 5 ton setara dengan 5000 kilogram

- 6 ton setara dengan 6000 kilogram

- 7 ton setara dengan 7000 kilogram

- 8 ton setara dengan 8000 kilogram

- 9 ton setara dengan 9000 kilogram

- 10 ton setara dengan10000 kilogram

Sedangkan untuk mencari jawaban dari 1 kg berapa ton, berikut ini terdapat rumusnya, yaitu:

Rumus = Kg : 1000 = Ton

Berikut merupakan tabel yang dapat dijadikan referensi untuk melihat perhitungan kilo gram menjadi ton, antara lain:

- 1 Kg setara dengan 0,001 ton

- 2 Kg setara dengan 0,002 ton

- 3 Kg setara dengan 0,003 ton

- 4 Kg setara dengan 0,004 ton

- 5 Kg setara dengan 0,005 ton

- 6 Kg setara dengan 0,006 ton

- 7 Kg setara dengan 0,007 ton

- 8 Kg setara dengan 0,008 ton

- 9 Kg setara dengan 0,009 ton

- 10 Kg setara dengan 0,01 ton

4 dari 4 halaman

Contoh Soal Konversi Satuan Ton ke Kilogram

Supaya anda lebih menghafal 1 ton berapa kg, untuk itu simak contoh soal berikut ini:

Maman pergi ke pusat grosir beras untuk membeli sembako dalam jumlah besar. Dalam catatan pesanan, Maman diminta membeli beras sebanyak dua ton. Namun, Maman harus membaginya ke dalam karung sebanyak 20 buah dengan satuan kilogram. Lantas, berapa kilogram beras yang harus dimasukkan dalam masing-masing karung?

Untuk memudahkannya, anda bisa mulai perhitungan dari konversi satuan ton ke kilogram.

Berdasarkan rumus 1 ton = 1.000 kilogram,

Maka, 2 ton = 2 x 1.000 = 2.000 kilogram.

Sekarang, anda dapat melanjutkannya untuk memastikan berapa kilogram beras yang harus Maman masukkan ke dalam karung. Karena kita sudah mendapatkan jawaban konversi menurut rumus 2 ton berapa kg, yakni 2.000 kilogram, lanjutkan tahapnya dengan membagi hasil tersebut dengan jumlah karungnya, yakni 20 buah.

Total beras yang dibeli dalam kilogram adalah 2.000 kilogram.

Jumlah karung yang harus disediakan adalah 20 karung.

Jumlah beras dalam kilogram untuk setiap karung = total beras dibagi dengan jumlah karung. Berarti cara menghitungnya adalah:

2.000:20 = 100.

Artinya, Maman harus mengisi 100 kilogram beras untuk masing-masing karung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.