Sukses

Pengertian Curriculum Vitae, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya yang Menarik

Pengertian curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam curriculum vitae atau CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya.

Supaya calon perusahaan yang ingin Anda lamar dapat melirik CV Anda, maka perlu membuat CV semenarik mungkin agar mendapat penilailan yang tinggi dari rekrutmen. Menggunakan bahasa Inggris dalam CV bisa menjadi satu di antaranya.

Menggunakan Bahasa Inggris juga menandakan Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Istilahnya, berani beda dari yang lain. Selain itu Anda juga dapat membuat CV dengan template yang tersedia di Word maupun aplikasi pembuat CV lainnya.

Untuk lebih rinci mengenai Cv, berikut ini ada penjelasan mengenai pengertian curriculum vitae, jenis-jenisnya, manfaat, dan cara membuatnya agar menarik yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian Curriculum Vitae

Pengertian curriculum vitae atau CV merupakan dokumen penting yang berisikan tentang riwayat diri atau riwayat hidup, seperti data diri, pengalaman profesional atau kerja, prestasi akademik atau non akademik, hobi, keterampilan dan lain sebagainya.

Dokumen penting yang satu ini sering kali disamakan dengan resume atau cover letter. Padahal ketiga dokumen ini berbeda isi, tujuan dan fungsi dibuatnya. Curriculum vitae ini digunakan untuk menuliskan tentang kronologis selama hidup, pencapaian dalam hidup, kualitas hidup yang dideskripsikan menjadi lebih dari dua halaman.

Sedangkan resume merupakan dokumen yang berisi tentang pengalaman kerja dan prestasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Cover letter ini merupakan alasan dan motivasi melamar pekerjaan tersebut. kedua dokumen penting ini ditulis kurang lebih 1 halaman.

3 dari 8 halaman

Pengertian Curriculum Vitae Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian curriculum vitae menurut para ahli, antara lain:

Cambridge Dictionary

Pengertian curriculum vitae adalah deskripsi singkat tertulis tentang pendidikan Anda, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan kadang-kadang juga minat pribadi Anda, yang Anda kirim pada atasa Anda ketika Anda mencoba untuk melamar pekerjaan.

Merriam-Webster

Pengertian curriculum vitae adalah laporan singkat tentang karier dan kualifikasi seseorang yang disiapkan biasanya oleh pelamar untuk suatu posisi tertentu.

The Balance Careers

Pengertian curriculum vitae adalah dokumen yang digunakan untuk membuat daftar kualifikasi seseorang dan melamar pekerjaan. Ia bekerja dengan cara yang hampir sama dengan resume dan memberikan informasi terperinci tentang pendidikan dan riwayat kerja seseorang. Singkatnya, sering disebut CV, jauh lebih komprehensif daripada resume biasa dan karenanya bisa lebih lama.

4 dari 8 halaman

Manfaat Curriculum Vitae

Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

5 dari 8 halaman

Fungsi Curriculum Vitae

Keberadaan curriculum vitae sangat krusial di mana kesan pertama perusahaan mengenai kandidat pelamar akan terlihat dari data-data didalam curriculum vitae. Berikut fungsi curriculum vitae, diantaranya:

a.    Memperkenalkan diri kepada perusahaan.

b.    Mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya.

c.    Mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.

d.    Mengetahui nilai gaji yang pantas bagi seorang pelamar.

6 dari 8 halaman

Jenis-Jenis Curriculum Vitae

Selain membahas fungsinya, curriculum vitae memiliki jenis-jenis yang wajib Anda ketahui, simak penjelasan berikut ini :

1. CV Berdasarkan Ketentuan

CV berdasarkan ketentuan akan ditentukan oleh perusahaan, lembaga, instansi atau badan yang akan merekrut karyawan. CV berdasarkan ketentuan digunakan dalam setiap lamaran pekerjaan baik Pegawain Negeri Sipil (PNS), militer, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan-perusahaan yang sudah membakukan CV sendiri yang berbentuk form atau blangko. CV berdasarkan ketentuan umumnya diisi oleh pelamar yang akan diberikan oleh pihak perusahaan baik melalui pos, email maupun saat Anda berada di perusahaan. CV berdasarkan bentuk biasanya akan diarsipkan untuk pelamar kerja, baik yang diterima maupun tidak diterima.

2. CV Berdasarkan Tujuan

Curriculum vitae berdasarkan tujuan dibuat khusus untuk perusahaan yang dituju atau bidang pekerjaan yang difokuskan. Oleh sebab itu, segala hal yang tidak berhubungan dengan tujuan, tidak perlu dituliskan dalam CV ini. Selain itu, dalam menulis curriculum vitae berdasarkan tujuan harus memiliki tujuan yang jelas dan informasi yang cukup mengenai tujuan tersebut.

3. Curriculum Vitae Berdasarkan Urutan Kronologis

Jenis CV ini mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila pelamar mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karirnya, sehingga CV model ini akan memperlihatkan perkembangan karir pelamar tersebut. CV seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

4. Curriculum Vitae Berdasarkan Keterampilan

Jenis CV ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa pelamar mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. CV ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu. Pilihlah Curriculum Vitae yang sesuai pada diri masing-masing pelamar karena pada dasarnya ada bermacam-macam konsep dan jenis CV, yang masing-masing menonjolkan apa yang patut ditonjolkan untuk mendapatkan sebuah posisi tertentu.

7 dari 8 halaman

Isi Curriculum Vitae

Berikut ini adalah beberapa isi dari curriculum vitae, yaitu:

1. Identitas diri (Nama lengkap dengan titel Anda, Tempat tanggal lahir, Alamat lengkap, Nomor telepon, Alamat email atau situs jika diperlukan, Hobi, Tinggi atau Berat badan jika diperlukan).

2. Riwayat pendidikan (Nama Sekolah, Tahun lulus, Jurusan, Nilai, Kota Lokasi, Pendidikan Formal dan Non-Formal).

3. Pengalaman kerja (Nama Perusahaan, Alamat Perusahaan, Bidang Usaha, Posisi Pekerjaan, Tugas Pekerjaan, Prestasi Pekerjaan dan Lama Anda Bekerja).

4. Pengalaman organisasi.

5. Prestasi atau penghargaan.

6. Karya.

7. Referensi kerja (bila ada).

8. Konsistensi karir (bila posisi awal Anda bekerja adalah di bidang keuangan sehingga Anda berpindah perusahaan tetap memilih profesi di bidang keuangan).

8 dari 8 halaman

Cara Membuat CV yang Efektif dan Menarik

Berikut ini adalah beberapa cara membuat curriculum vitae atau CV yang efektif dan menarik, yaitu:

1. Rapi dan Mudah Dibaca

Ini merupakan syarat utama dari sebuah CV yang efektif dan menjual.  Penampilan CV tentu akan menjadi kesan pertama apakah pembaca ingin melanjutkan ke tahapan selanjutnya atau menyerah sebelum membaca apa yang ada di dalamnya. Kerapian dapat menggambarkan seseorang yang tertib, teratur, sistematis juga kemampuan bekerja-sama dengan orang lain. Jadi pastikan untuk menggunakan huruf dengan ukuran normal, spasi jangan terlalu rapat, margintidak konsisten, atau ejaan yang banyak kesalahan. Gunakan format standar, ubahlah format tersebut sesuai dengan kebutuhan.

2. Memberikan Informasi Lengkap

CV yang efektif selalu memberikan informasi lengkap dan relevan kepada orang yang membacanya, setidaknya mencakup semua yang telah dijabarkan di poin sebelumnya. Gunakan gaya bahasa formal dan kalimat yang sederhana serta konsisten dalam seluruh dokumen anda. Jangan lupa untuk tulislah CV dengan jujur dan akurat.

3. Disajikan Secara Ringkas

CV yang efektif memang harus menyajikan informasi secara lengkap, tapi bukan berarti CV pelamar harus panjang sekali sampai 10 halaman. Cobalah untuk memaparkan informasi penting, detail dan relevan terhadap pekerjaan yang dituju hanya dalam 1-2 halaman.

4. Konsistensi Karir

Sudah menjadi rahasia umum kalau satu hal ini adalah salah satu kunci penting yang menentukan untuk dihubungi oleh pihak perusahaan menuju tahapan rekrutmen berikutnya. Pihak perusahaan lebih memilih specialis dalam bidang tertentu untuk mengisi posisi yang lowong.

5. Karir Progresif

Ketika pelamar sudah menjadi spesialis di satu bidang, keputusan untuk menuju tahap rekrutmen berikut biasanya akan lebih mudah diambil oleh pihak perusahaan kalau apabila pelamar menjalani karir yang progresif. Sebab di sinilah indikator paling nyata apakah pelamar mampu memberikan performa kerja terbaik dalam spesialisasi yang dipilih yang berarti pula mendapat ganjaran berupa promosi jabatan kalau memang berprestasi.

6. Achievement

Jangan pernah ragu untuk mencantumkan pencapaian prestasi yang diukir dalam tiap jabatan atau posisi yang ditempati sebelumnya. Inilah kesempatan terbaik untuk menjual bukti kemampuan dan kompetensi yang sesungguhnya kepada pihak perusahaan yang merekrut.

7. Custom Made

Yang dimaksud custom made di sini adalah mengubah dan menyesuaikan CV agar sedapat mungkin menunjukkan kepada pihak perusahaan yang merekrut bahwa kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki memang menyamai atau mendekati persyaratan kerja yang dicari oleh pihak perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini