Sukses

Tak Pakai Mesin, Begini Penampakan Cara Ekstrem Operasikan Bianglala Secara Manual

Agar bianglala terus berputar membawa para penumpang, operator harus lakukan aksi ini.

Liputan6.com, Jakarta Bianglala merupakan salah satu wahana bermain yang biasanya ditemui di taman bermain. Berbentuk seperti roda yang berputar, bianglala ini membawa penumpangnya untuk melihat pemandangan dari atas ketinggian. 

Namun baru-baru ini ada pemandangan yang cukup nyeleneh. Dimana dalam pengoperasian bianglala ini masih sangat manual. Tanpa menggunakan mesin, untuk memutar bianglala ini masih menggunakan tenaga manusia.

Padahal mengoperasikan bianglala secara manual ini tentu memiliki bahaya tersendiri yang merupakan operator maupun penumpangnya. Aksinya saat memutar bianglala ini juga menuai banyak sorotan netizen.

Berikut aksi operator bianglala nyeleneh yang liputan6.com kutip dari akun Twitter @HumansNoContext, Rabu (29/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putar bianglala secara manual, lebih baik dihindari untuk keamanan

Memutar bianglala secara manual seperti dalam video di atas, tentu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Apalagi kalau penumpang pada bianglala ini cukup banyak, otomatis saat dalam posisi berhenti dan akan berputar butuh tenaga yang kuat agar dapat berputar.

Mengoperasikan bianglala secara manual seperti ini sudah cukup jarang ditemukan di Indonesia. Selain sudah banyak menggunakan mesin, mengoperasikan bianglala secara manual juga cukup berbahaya. Baik itu untuk operator maupun untuk penumpang.

Pasalnya, saat sudah berputar dan operator yang menjaga agar bianglala tetap berputar ini akan berjalan di tengah bianglala tersebut melalui rangka-rangka besi.

Aksi seperti ini tentu akan menemui kesulitan apabila lajunya sudah mulai berlebihan. Faktor keamanan dalam memberhentikan bianglala dalam keadaan darurat pun pastinya tidak ada. Banyak dari netizen pun memberikan banyak komentar mengenai wahana bermain anak tersebut.

"bianglala x ninja warrior" tulis akun @fchrngrhrmdhn.

"diam memperhatikanmu, bergerak mengelilingi poros bumi" tulis akun @rizqishal.

"manual ya bro" tulis akun @buburhayam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.