Sukses

Doa Niat Puasa Rajab Bahasa Arab, Latin Dan Artinya, Ini Keutamaannya

Pengertian puasa Rajab, beserta dengan doa niat puasa Rajab dan keutamaannya.

Liputan6.com, Jakarta Doa niat puasa Rajab penting untuk diketahui menjelang bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dianggap istimewa dalam agama Islam. Pada bulan ini, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan ibadah sebagai bentuk persiapan menghadapi bulan Ramadhan yang akan datang. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Rajab adalah puasa. 

Doa Niat puasa Rajab merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Niat adalah pengikat antara amalan yang dilakukan dengan tujuan dari amalan tersebut. Tanpa adanya niat yang jelas, maka ibadah yang dilakukan tidak akan sah. Niat puasa Rajab dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab atau bahasa Indonesia, yang penting adalah niat tersebut dilakukan dengan kesungguhan dan keikhlasan.

Dalam melakukan doa niat puasa Rajab, dianjurkan juga untuk membaca doa-doa lain yang berkaitan dengan puasa dan memohon kepada Allah SWT agar memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan niat yang ikhlas dan doa yang tulus kepada Allah SWT, maka ibadah puasa Rajab yang dilakukan akan menjadi lebih bermakna dan mendatangkan banyak kebaikan bagi diri sendiri. 

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (29/3/2023). Pengertian puasa Rajab, beserta dengan doa niat puasa Rajab dan keutamaannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Niat Puasa Rajab

Puasa di bulan Rajab adalah ibadah sunnah dan dianggap sebagai pendahulu puasa di bulan Ramadhan. Ini adalah kesempatan bagi umat Islam untuk membersihkan pikiran, tubuh dan jiwa mereka, dan merenungkan hubungan mereka dengan Allah. Untuk memulai puasa, penting untuk membuat niat yang tulus untuk berpuasa dan mencari berkah Allah.

Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, Allah akan menuliskan baginya pahala puasa seumur hidup." (Al-Bayhaqi)

Puasa bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga melibatkan ibadah tambahan seperti membaca Al-Qur'an, melakukan shalat sunnah, dan bersedekah. Tindakan ibadah ini membantu memperkuat hubungan spiritual antara orang beriman dan Allah.

Sebelum memulai puasa, dianjurkan untuk berdoa (berdoa) mencari berkah dan petunjuk Allah. Doa membantu membangun niat tulus untuk berpuasa dan mencari keridhaan Allah.

Berikut adalah doa niat puasa Rajab dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

اللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَ شَعْبَانَ، وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ

"Allahumma barik lana fi Rajab wa Sya'ban, wa ballighna Ramadan."

Artinya: "Ya Allah, berkatilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan."

Doa ini berfungsi untuk menyatakan niat untuk berpuasa selama bulan Rajab, serta meminta berkat dan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa. 

 
3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Rajab Dan Dalilnya

Puasa Rajab adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, yaitu Rajab, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Puasa Rajab memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Beberapa keutamaan puasa Rajab antara lain:

1. Pahala yang besar

Puasa Rajab memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa setiap amalan yang dilakukan pada bulan Rajab akan dilipatgandakan pahalanya.

2. Dosa-dosa diampuni

Puasa Rajab juga dapat membantu mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Puasa Rajab adalah penebus dosa, dan Allah SWT mengetahui siapa yang benar-benar berpuasa.”

3. Kesempatan untuk memperbanyak ibadah

Bulan Rajab merupakan bulan yang istimewa untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik, seperti shalat, tilawah Al-Quran, berdoa, dan bersedekah. Puasa Rajab memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memperbanyak amalan tersebut dan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

4. Persiapan untuk puasa Ramadhan

Puasa Rajab juga dapat menjadi persiapan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang akan datang. Dengan berpuasa di bulan Rajab, seseorang dapat membiasakan diri untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar di bulan Ramadhan.

Dalil tentang keutamaan puasa Rajab antara lain adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Bakr al-Bazzar, dari Jabir RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku. Siapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka Allah akan menuliskan baginya pahala seperti berpuasa satu bulan penuh, dan siapa yang berpuasa tujuh hari, maka Allah akan menuliskan baginya pahala seperti berpuasa satu tahun penuh.”

Dari hadis tersebut, dapat dipahami bahwa puasa di bulan Rajab memiliki keutamaan yang besar, bahkan setiap hari berpuasa di bulan Rajab dihitung seperti berpuasa satu bulan penuh. Oleh karena itu, bagi umat muslim yang ingin mendapatkan keutamaan dan pahala yang besar, sangat dianjurkan untuk berpuasa di bulan Rajab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.