Sukses

Apresiasi Seni Adalah Tindakan Menilai Karya Seni, Pahami Tujuan dan Caranya

Apresiasi seni adalah tindakan untuk menghargai, menilai, dan memahami suatu karya seni.

Liputan6.com, Jakarta Apresiasi seni adalah suatu aktivitas untuk menghargai suatu karya seni. Sebagai penikmat karya seni, apresiasi seni adalah aktivitas menikmati karya seni, seperti datang ke pameran seni rupa, datang ke konser musik, maupun membeli karya seni.

Selain demi memberikan penghargaan terhadap suatu karya seni, apresiasi seni adalah suatu upaya atau aktivitas untuk memahami suatu karya seni. Dengan memahami suatu karya seni, kita bisa memberikan penilaian terhadap suatu karya seni.

Tentu saja untuk dapat memberikan penilaian terhadap suatu karya seni, kita juga harus bisa memahami bentuk karya seni yang sedang dinilai, dengan cara mengamati dan menghayati.

Apresiasi seni adalah suatu aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, salah satunya adalah edukasi. Untuk lebih memahami apa itu apresiasi seni, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apresiasi Seni Adalah ...

Apresiasi seni merupakan istilah yang terdiri dari dua kata, yakni apresiasi dan seni. Secara bahasa, apresiasi merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris "appreciation".

Menurut Cambridge Dictionary, apresiasi adalah tindakan mengenali atau memahami bahwa sesuatu itu berharga, penting, atau seperti yang dijelaskan.

Sedangkan menurut Merriam-Webster, apresiasi memiliki tiga arti, yakni apresiasi adalah perasaan atau ekspresi kekaguman, persetujuan, atau terima kasih; perkiraan kritis yang menguntungkan; dan pengenalan nilai-nilai estetika.

Sementara itu menurut Albert R. Candler, apresiasi seni adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

Sedangkan menurut Prayogi, apresiasi seni adalah setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu. Apresiasi dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni maupun karya sastra tertentu.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa apresiasi seni adalah tindakan untuk menghargai, menilai, dan memahami suatu karya seni. Selain itu, dapat dipahami pula bahwa apresiasi seni adalah tindakan berbagi pengalaman antara penikmat dan seniman, bahkan ada yang menambahkan, menikmati sama artinya dengan menciptakan kembali.

3 dari 5 halaman

Tujuan Apresiasi Seni

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, apresiasi seni adalah tindakan yang memiliki tujuan tertentu, antara lain adalah untuk memberikan penghargaan terhadap suatu karya seni. Selain itu masih ada beberapa hal lain yang menjadi tujuan apresiasi seni. Adapun tujuan apresiasi seni antara lain adalah sebagai berikut;

1. Untuk memberikan penghargaan terhadap karya atau usaha seseorang yang sudah berhasil.

2. Sebagai cara untuk memberikan penilaian, edukasi, empati, terhadap sebuah karya seni atau sastra.

3. Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat, terhadap karya anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesama.

4. Sebagai cara untuk meningkatkan, mengembangkan, dan memotivasi seseorang, untuk menguji kemampuan manusia dalam berbagai hal.

5. Apresiasi seni adalah sarana edukasi terhadap masyarakat mengenai karya seni. Artinya, apresiasi seni adalah tindakan agar masyarakat lebih memahami dan mengerti tentang alasan dari suatu karya diciptakan.

6. Apresiasi sendi adalah tindakan untuk menilai suatu karya seni. Sebagai bentuk penilaian terhadap suatu karya seni, apresiasi seni memiliki tujuan untuk mengevaluasi, meningkatkan, mengembangkan kemampuan, dan menyempurnakan karya orang lain.

4 dari 5 halaman

Pendekatan Apresiasi Seni

Apresiasi seni adalah tindakan yang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan pendekatan. Adapun pendekatan dalam apresiasi seni antara lain adalah sebagai berikut;

1. Pendekatan aplikatif

Apresiasi seni yang dilakukan dengan pendekatan aplikatif dilakukan dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan berkesenian secara langsung, baik di studio, di kampus, di rumah, dan sebagainya.

Dengan terlibat langsung atau praktik dalam kegiatan kesenian, apresiasi tumbuh akibat dari pertimbangan dan penghayatan terhadap proses berkarya dalam hal keunikan teknik, bahan, dsb.

2. Pendekatan Kesejarahan

Apresiasi seni adalah tindakan yang juga dapat dilakukan dengan pendekatan kesejarahan. Apresiasi dengan pendekatan ini ditumbuhkan melalui pengenalan sejarah perkembangan seni.

3. Pendekatan problematik

Apresiasi seni dengan pendekatan problematik dilakukan dengan cara menyoroti masalah serta liku-liku seni sebagai sarana untuk dapat menikmati secara semestinya. Apresiasi melalui pendekatan ini dimulai dengan mengenali unsur-unsur fisik dan non fisik yang terdapat dalam sebuah karya seni.

5 dari 5 halaman

Manfaat Apresiasi Seni

Apresiasi seni adalah tindakan atau aktivitas yang dapat menghadirkan manfaat, baik itu bagi seniman maupun penikmat seni. Salah satu manfaat apresiasi seni adalah memberikan penghargaan pada seniman yang sudah menyelesaikan hasil karyanya, dan yang sudah berjuang hingga garis akhir.

Bagi penikmat seni, apresiasi seni juga dapat memberikan manfaat dalam edukasi, misalnya seperti memahami karya seni dari berbagai sisi, meningkatkan rasa cinta dengan karya seni, meningkatkan rasa peduli kepada sesama manusia, dan merupakan sarana untuk melakukan edukasi, hiburan, empati dan lain-lain.

Manfaat apresiasi seni juga bisa membantu meningkatkan, mengembangkan, dan memberikan tingkat kepercayaan diri, untuk memotivasi orang lain, terhadap suatu karya seni, karya sastra, dan usaha orang lain, untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.