Sukses

7 Doa Penyejuk Hati dan Pikiran Agar Segala Urusan Dipermudah Allah SWT

Doa penyejuk hati terdapat dalam Al-Qur'an dan hadis.

Liputan6.com, Jakarta Doa penyejuk hati tentunya dibutuhkan oleh umat Islam yang sedang membutuhkan ketenangan. Segala urusan dan masalah yang kamu lakukan di dunia ini tidak jarang membuat kamu kehilangan ketenangan dan kerap kali gelisah.

Doa penyejuk hati dapat kamu lafalkan saat sedang banyak pikiran dan tidak tenang dalam menjalani hidup. Ada banyak doa yang bisa kamu lafalkan untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran, sehingga kamu lebih nyaman dalam melaksanakan kegiatan.

Doa penyejuk hati terdapat dalam Al-Qur'an dan hadits. Saat kamu sedang sedih, galau, bimbang, hingga memiliki banyak pikiran dan masalah, kamu bisa membaca beberapa doa yang dapat menenangkan hati dan jiwa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023) tentang doa penyejuk hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Doa Agar Merasa Tenang

Doa penyejuk hati yang pertama yaitu berdasarkan hadis Imam Thabrani. Hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah,

“Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

3 dari 8 halaman

2. Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Doa penyejuk hati berikutnya yaitu doa nabi Musa AS saat menghadapi Firaun. Doa ini terdapat dalam surah Thaha ayat 25-28. Berikut bunyi doa agar dimudahkan segala urusan:

“Robbi syrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii”

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

4 dari 8 halaman

3. Doa Agar Dihindarkan dari Gelisah dan Kecemasan

Doa penyejuk hati berikutnya yaitu doa agar dihindarkan dari gelisah dan rasa cemas. Berikut bunyi doa agar dihindaran dari gelisah dan kecemasan:

“Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali”

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

5 dari 8 halaman

4. Doa Penghilang Kesedihan dan Pelenyap Keresahan

Doa penyejuk hati berikutnya yaitu doa penghilang rasa sedih dan resah. Berikut bunyi doa penghilang kesedihan dan pelenyap keresahan:

“Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fiyya hukmuk, adlun fiyya qadla’uk, as’aluka bikullismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzalitahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a  qalbi wanura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi”

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku, Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, agar engkau menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku."

6 dari 8 halaman

5. Doa Agar Diberikan Kesabaran dan Keteguhan Hati

Doa penyejuk hati berikutnya yaitu doa yang dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat. Doa ini diambil dari QS. Al Baqarah ayat 250. Berikut bunyi doa agar diberikan kesabaran dan keteguhan hati saat berjuang:

“Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin”

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

7 dari 8 halaman

6. Doa Agar Sabar dalam Kesulitan

Doa penyejuk hati berikutnya yaitu doa yang mungkin sudah terkenal, yaitu pada surah Al-Insyirah. Doa ini mnegajarkan kepada umat Islam bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan. Doa ini terdapat dalam surah Al-Insyirah ayat 6, yang berbunyi:

“Inna ma'al-'usri yusraa"

Artinya: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Q.S Al-Insyirah ayat 6)

8 dari 8 halaman

7. Doa Agar Dijauhkan dari Beban Masalah

Doa penyejuk hati berikutnya yaitu doa agar semua urusan yang sedang kamu lakukan dipermudah oleh Allah SWT.  Doa ini juga berisi tentang seseorang yang mengharapkan rahmat Allah SWT dan mengharapkan agar beban yang dimilikinya sekarang ini diangkat oleh Allah SWT.

Berikut doa agar dipermudah segala urusan dan diangkat segala beban:

“Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.”

Artinya: “Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.