Sukses

4 Lampu Merah Terlama di Indonesia, Bisa Menunggu Sambil Ngemil

Lampu merah terlama ada yang sampai 12 menit.

Liputan6.com, Jakarta Demi keselamatan dan ketertiban di jalan raya, penting untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, begitu juga dengan lampu lalu lintas. Durasi rata-ratanya kurang dari 100 detik, pengendara diminta sabar menunggu beberapa menit sampai warna berubah jadi hijau.

Menunggu 1 menit saja sudah terasa lama, bagaimana jika harus menunggu sampai 12 menit? Ada beberapa lampu merah di Indonesia yang dinobatkan sebagai lampu merah paling lama hingga disebut sebagai ‘Lampu Merah Perenggut Masa Muda’.

Berbanding terbalik dengan lampu merahnya yang menyala sampai lebih 100 detik, lampu hijaunya hanya menyala kurang dari 50 detik. Pengendara pun bisa terkena 2 sampai 3 kali lampu merah jika macet.

Deretan lampu merah terlama di Indonesia ini pernah viral di media sosial pada Januari 2023 lalu. Salah satunya terletak di Bandung, Dishub Kota Bandung pun menjelaskan terkait durasi normal lampu merah di persimpangan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang lampu merah terlama di Indonesia yang bikin bosan menunggu, Kamis (9/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bangjo Pingit, Kota Yogyakarta

Lampu merah terlama di Indonesia yang pertama adalah lampu merah di perempatan Bangjo Pingit, Kota Yogyakarta. Berdurasi 176 detik atau hampir 3 menit, kamu bisa menunggu lampu merah berganti jadi lampu hijau sambil nonton drakor. Berbading terbalik dengan durasi lampu merah, lampu hijau perempatan Bangjo hanya 50 detik.

Perempatan Pingit menghubungkan empat ruas jalan yaitu Jalan Magelang di sisi Utara, Jalan Tentara Pelajar di sisi Selatan, Jalan Kyai Mojo di sisi Barat dan Jalan Diponegoro di sisi Timur.

3 dari 5 halaman

2. Lampu Merah Margorejo, Kota Surabaya

Dari Yogyakarta beralih ke Surabaya, Jawa Timur. Lampu merah Margorejo, Kota Surabaya masuk jajaran lampu merah terlama di Indonesia karena harus menunggu selama 300 detik atau 5 menit.

Lantaran harus menunggu sampai 300 detik, diketahui banyak pengendara yang sering menerobos hingga berakhir ditilang oleh petugas. Menunggu 5 menit di bawah sinar matahari dan saat macet memang harus ekstra sabar.

4 dari 5 halaman

3. Lampu Merah Simpang Kalibanteng, Kota Semarang

Lampu merah simpang Kalibanteng, Kota Semarang juga menjadi salah satu lampu merah paling lama di Indonesia. Sama seperti lampu merah Margorejo, Surabaya, lampu merah simpang Kalibanteng juga berdurasi 300 detik atau 5 menit.

Alasan terkait lampu merah simpang Kalibanteng sampai kurang lebih 5 menit  karena terdapat enam jalur atau persimpangan yang bertemu pada titik yang sama.

5 dari 5 halaman

4. Lampu Merah Simpang Kiaracondong – Soekarno Hatta, Kota Bandung

Lampu merah terakhir yang dinobatkan sebagai lampu merah terlama di Indonesia adalah lampu merah simpang Kiaracondong – Soekarno Hatta, Kota Bandung. Pengendara harus menanti lampu selama 720 detik alias 12 menit, sementara lampu hijaunya hanya 97 detik atau sekitar 1,37 menit.

Saking lamanya, Lampu merah ini pun mendapat julukan 'Lampu Merah Terlama di Indonesia', 'Lampu Merah Perenggut Masa Muda', hingga 'Lampu Merah Penguji Iman'.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bandung, Khairur Rijal menjelaskan Dishub Kota Bandung bisa menerapkan prioritas waktu lebih lama untuk kaki simpang tertentu untuk mengurai kepadatan kendaraan jika dibutuhkan.

"Waktu yang sudah kita set berdasarkan hasil survei kita berdasarkan volume dan aktivitas kendaraan, normalnya segitu (5 menit). Tetapi apabila terjadi antrean di kaki simpang tertentu, kami bisa berikan prioritas lebih waktu hijaunya agar terurai panjang antreannya," kata Rijal dalam keterangan via Humas Bandung, Selasa (1/2/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.