Sukses

Mampu Melahirkan Berbagai Tanggapan Merupakan Fungsi Pameran Sebagai Apresiasi

Apresiasi adalah bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran merupakan salah satu cara untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada khalayak umum. Dalam sebuah pameran, pengunjung dihadapkan pada berbagai jenis karya seni atau benda koleksi yang dikurasi dengan cermat.

Berbagai jenis karya tersebut mampu menghasilkan berbagai tanggapan dari pengunjung. Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apa? Sesuatu yang mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi.

Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi. Di mana fungsi apresiasi adalah bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sesuatu yang mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi, Senin (6/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mampu Melahirkan Berbagai Tanggapan Merupakan Fungsi Pameran Sebagai Apresiasi

Secara etimologis, istilah apresiasi berasal dari bahasa Latin “apreciatio” yang artinya penghargaan. Dalam bahasa Inggris “appreciate” dengan arti menyadari, memahami, menghargai, dan menilai.

Dalam buku berjudul Manajemen Event: Bintang Pustaka (2020) oleh Sa’diyah El Adawiyah, pameran adalah kegiatan dalam menilai dan menghargai karya seni. Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi.

Melalui kegiatan pameran, rasa menghargai terhadap karya seni orang lain dapat tumbuh dalam masyarakat. Inilah yang disebut sebagai wujud apresiasi terhadap suatu karya seni dalam sebuah pameran.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan sesuatu yang mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi, ini kesadaran terhadap nilai seni dan budaya. Apresiasi diartikan pula sebagai penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu.

Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi, seperti wadah untuk mengapresiasi karya seni dan budaya. Pameran dapat mengangkat karya seni atau budaya tertentu yang sebelumnya tidak mendapat perhatian yang cukup.

Karya yang dipamerkan di tempat yang luas dan dikurasi dengan cermat, karya tersebut dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Selain itu, pameran juga dapat membantu melestarikan karya seni atau budaya yang sudah langka atau bahkan hampir punah.

Selain mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi, pameran juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk mempererat hubungan sosial. Pameran seringkali dihadiri oleh para pengunjung yang memiliki minat dan hobi yang sama. Hal ini dapat memicu terbentuknya komunitas-komunitas baru yang berhubungan dengan seni dan budaya.

Pameran juga dapat menjadi ajang networking bagi para seniman atau kolektor untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dengan minat yang sama.

Secara keseluruhan, pameran mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi untuk karya seni dan budaya. Oleh karena itu, pameran perlu terus dikembangkan dan diselenggarakan dengan baik agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat luas.

3 dari 3 halaman

Kumpulan Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai apresiasi. Di mana fungsi apresiasi adalah bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Ini kumpulan pengertian apresiasi menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Albert R. Candler

Pengertian apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

Dalam aktivitas apresiasi adalah seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

2. Prayogi

Pengertian apresiasi adalah setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu.

Apresiasi adalah dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.

3. Hornby

Pengertian apresiasi adalah mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

4. Aminuddin

Pengertian apresiasi adalah mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

5. Elliyati

Pengertian apresiasi adalah setiap kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, apresiasi membutuhkan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ia dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

6. John Dewey

Pengertian apresiasi adalah menikmati sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap sesuatu.

7. Jarret

Pengertian apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

8. Effendi

Pengertian apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

9. Alfred North Whitehead

Pengertian apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

10. Tirta Wiraya

Pengertian apresiasi adalah kemampuan seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya mutu atau kualitas sebuah karya sastra.

11. G.H Hardy

Pengertian apresiasi adalah seseorang yang appreciate terhadap suatu hal.

12. Syoyan Zakaria

Pengertian apresiasi adalah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan intisari yang dihasilkan dari pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang disebabkan oleh jiwa yang berkembang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.