Sukses

Cara Belanja di Shopee dengan Mudah, Lengkap dengan Cara Membayarnya

Cara belanja di Shopee dapat dilakukan dengan mudah dimana saja dan kapan saja, lengkap dengan cara bayar dan tips belanja

Liputan6.com, Jakarta Cara belanja di Shopee dapat dilakukan dengan mudah dimana saja dan kapan saja, melalui smartphone anda. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, untuk membeli berbagai jenis barang kebutuhan dan juga jasa secara online, dengan berbagai macam fitur yang berfungsi untuk mempermudah penggunanya.

Hadir di Indonesia pada tahun 2015 lalu, Shopee merupakan salah satu e-commerce yang telah berhasil menggaet banyak pengguna di Indonesia karena memiliki sejumlah kelebihan yang belum dapat ditemukan di e-commerce lainnya. Meski demikian, masih banyak pengguna Shopee, terutama pengguna baru yang masih bingung dengan cara belanja di Shopee. 

Untuk dapat menggunakan aplikasi Shopee dengan maksimal dan dapat menggunakan berbagai macam fitur menariknya, seperti garis ongkir, pembayaran dengan cicilan hingga sistem pembayaran COD pada kurir, berikut ini telah LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara belanja di Shopee pada Senin (20/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Belanja Di Shopee dengan Mudah

Cara Membuat Akun Shopee

Pengguna baru di Shopee perlu menyiapkan akun. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk dapat berbelanja di Shopee: 

1. Buka laman https://shopee.co.id/ atau instal aplikasi Shopee dari playstore.

2. Masih di kanan atas halaman, ada pilihan Sign Up.

Anda akan dibawa ke halaman tempat anda dapat mendaftar dengan nomor telepon anda, atau menggunakan akun Facebook atau Google. 

3. Klik ikon profil, dan pilih Akun Saya.

Di sini anda dapat mengubah informasi pribadi anda seperti nama, alamat, detail bank, dan kata sandi. 

 

Cara Belanja Di Shopee

Setelah anda memiliki akun Shopee, anda bisa langsung menggunakannya untuk berbelanja. Shopee memiliki banyak kategori barang yang dijual. Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan penunjang, seperti barang elektronik dan aksesoris lainnya. 

Berikut ini adalah langkah-langkah cara belanja di Shopee dengan mudah

1. Di halaman utama terdapat bilah pencarian tempat anda dapat mencari apa yang anda butuhkan atau inginkan

2. Masukkan kata kunci untuk menemukan barang yang dicari, anda juga bisa memasukkan merek tertentu.

3. Di halaman hasil pencarian, toko bersponsor akan muncul di bagian paling atas.

 

4. Jika anda sudah menemukan barang yang anda inginkan. Di halaman produk, pilih Beli Sekarang

5. Kemudian pilih opsi pengiriman yang diinginkan, gunakan Voucher Shopee dan Koin Shopee, 

6. Lalu pilih Metode Pembayaran yang diinginkan dan Lakukan Pemesanan.

 

Cara Bayar Di Shopee

Shopee menyediakan 13 opsi pembayaran. Mulai dari opsi platform pembayaran online (seperti ShopeePay dan GoPay), cash on delivery, transfer bank, kartu kredit/debit dan PayLater. Setiap metode pembayaran memiliki cara pembayaran masing-masing yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda. 

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Toko Terpercaya di Shopee

Cara Memilih Toko Terpercaya di Shopee

Shopee terkenal dengan banyaknya pilihan toko yang bervariasi namun memiliki pilihan harga yang murah, namun jangan jadikan harga sebagai patokan utama dalam membeli.  Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan toko Shopee yang bagus dan terpercaya :

1. Pilih menurut Jenis Toko. Ada empat jenis toko yang tersedia yaitu toko standar, Shopee Premium (yang menawarkan produk dari merek kecantikan dan fashion premium), Shopee Mall (dengan merek resmi dan barang asli), Star+ dan Star (toko dengan kinerja dan penjualan toko yang baik).

2. Perhatikan kapan terakhir kali toko online, lama proses order, review pembeli, foto dan video yang dikirim pelanggan.

3. Periksa toko. Tidak hanya mencermati produk yang diinginkan, tetapi juga mengecek toko penjualnya. Di halaman penjual terdapat informasi yang menyoroti Kinerja Obrolan, Tingkat Reputasi, jumlah Pengikut, Durasi bergabung dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Tips Berbelanja di Shopee

Tips Berbelanja di Shopee

Memiliki banyak pilihan, membuat anda bisa menemukan satu jenis barang yang terlihat sama di banyak toko berbeda. Untuk bisa mendapatkan barang terbaik, berikut ini adalah beberapa tips berbelanja di Shopee yang bisa anda ikuti. 

1. Perhatikan nama, deskripsi, dan gambar produk yang akan anda beli secara detail, terutama jika produk tersebut membutuhkan ukuran, warna, dan berat tertentu.

2. Lihat peringkat toko, produk, dan riwayat ulasan. Semakin tinggi peringkatnya, semakin baik. Namun, perhatikan juga foto dan video yang dikirimkan pembeli sebagai ulasan

3. Pastikan toko tidak memberikan bukti transaksi pembelian, seperti bukti transfer yang mencantumkan identitas pribadi anda, kepada pihak manapun selain Shopee

4. Lakukan transaksi pembelian atau pengembalian hanya melalui aplikasi atau website resmi Shopee.

5. Jangan lupa bandingkan harga dari beberapa toko di area yang sama. Pertama, gunakan filter regional, masukkan kata kunci dan cari. Saat hasil pencarian keluar, bandingkan harga dan ikuti tips sebelumnya untuk menemukan harga terbaik

6. Anda bisa berbelanja pada tanggal kembar seperti 12.12 (12 Desember). Atau tanggal kembar lainnya setiap bulan, Shopee memiliki promo besar-besaran pada tanggal ini. 

7. Gunakan e-wallet ShopeePay. Anda bisa isi ulang menggunakan m-banking atau isi ulang minimal Rp 10.000 di ATM atau di Alfamart.

8. Gunakan voucher untuk pengiriman gratis dan harga diskon. Selain tanggal kembar, Shopee juga memiliki promo harian yang bisa kamu temukan di https://shopee.co.id/m/cashback-voucher

9. Kumpulkan poin yang bisa ditukarkan dengan transaksi pembelian. Caranya bervariasi mulai dari check in setiap hari, hingga memberikan review atas produk yang telah dibeli

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.