Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Teks Nonfiksi? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi ? berikut ini pengertian teks nonfiksi, beserta jenis-jenis dan contohnya.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi adalah teks yang dibuat dengan berdasarkan pada fakta dan hal-hal yang benar terjadi di kehidupan. Teks nonfiksi menjadi salah satu macam teks yang paling banyak kita jumpai, salah satu contoh teks nonfiksi yang paling sering kita jumpai dan baca adalah teks berita di media cetak dan media sosial.

Memahami apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi dapat dilakukan dengan membaca banyak contoh teks nonfiksi, yang bisa dengan mudah kita jumpai. Dimana semua teks yang menerangkan fakta dan realitas kehidupan, merupakan bagian dari teks nonfiksi, hal ini memudahkan kita mengidentifikasi apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi.

Selain itu teks nonfiksi juga menyajikan data atau informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Memiliki sejumlah ciri-ciri yang khas, anda bisa dengan mudah membedakan teks nonfiksi dengan teks fiksi melalui identifikasi karakter teks dan contoh-contohnya. 

Lantas apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (16/2/2023). Pengertian teks nonfiksi, beserta jenis-jenis dan contohnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Teks Nonfiksi?

Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi adalah tulisan yang dibuat dengan maksud untuk menyampaikan kebenaran atau informasi tentang peristiwa aktual kepada penonton, dan merupakan kebalikan dari teks fiksi. Ini sering disalah artikan sebagai pernyataan fakta, padahal sebenarnya non-fiksi masih bisa membentuk narasi.

Non-fiksi dapat datang dalam berbagai bentuk termasuk tulisan tentang sejarah, tulisan biografi dan otobiografi, opini, jurnalisme, esai dan kritik akademik. Saat membaca nonfiksi, ada tingkat kepercayaan tertentu dari penonton bahwa apa yang Anda baca itu benar. Fakta bisa disalah artikan atau ditafsirkan dengan bias, tetapi informasi yang disampaikan non-fiksi harus benar pada tingkat dasar.

Misalnya, artikel opini di majalah politik mungkin hanya memuat detail faktual, tetapi mungkin menghilangkan detail tertentu atau terlalu menekankan pentingnya orang lain untuk membuat narasinya sendiri. Meskipun menulis seperti ini secara teknis tidak semuanya benar dan fakta, secara teknis masih non-fiksi.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Nonfiksi

Terdapat beberapa jenis-jenis teks nonfiksi yang dapat dengan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu : 

1. Sejarah

Non-fiksi sejarah adalah pelaporan fakta dan kisah peristiwa, dalam waktu yang cukup lama setelah peristiwa itu terjadi. Sementara non-fiksi sejarah dapat memiliki bias pribadi, sebagian besar, mereka dianggap hanya melaporkan apa yang terjadi saat itu terjadi.

2. Biografi dan Autobiografi

Biografi adalah laporan bentuk panjang berdasarkan cerita lengkap dari satu subjek. Autobiografi secara tradisional adalah kisah orang pertama yang diceritakan oleh penulis tentang penulis. Biografi adalah akun orang ketiga dari individu atau entitas selain penulis.

3. Teks perjalanan

Teks perjalanan dapat berupa panduan yang sangat faktual ke tempat atau tempat menarik tertentu. Itu juga bisa menjadi catatan perjalanan di mana penulis membahas tempat atau tempat yang pernah mereka kunjungi.

4. Jurnalistik

Jurnalisme adalah pelaporan peristiwa sering, seperti yang terjadi atau segera setelahnya. Meskipun paling sering ditemukan di surat kabar dan majalah, itu juga dapat ditemukan di siaran berita TV dan Radio dan bahkan dalam bentuk buku .

5. Pendapat

Sebuah bidang non-fiksi yang sadar akan representasi fakta melalui lensa penulisnya, penulisan opini bisa bersifat komedi dalam mengomentari suatu peristiwa faktual atau bahkan menyindir dengan membesar-besarkan peristiwa untuk efek komedi. Ini didasarkan pada interpretasi penulis tentang peristiwa yang ada dan bukan peristiwa yang diciptakan.

6. Panduan dan Instruksi

Panduan dan instruksi dapat menjadi panduan langkah demi langkah yang tepat tentang cara melakukan sesuatu hingga kumpulan tip yang lebih longgar tentang bagaimana seseorang melakukan atau meningkatkan suatu aktivitas.

7. Esai dan Kritik Akademik

Esai difokuskan untuk mencoba memberikan pengetahuan yang paling komprehensif tentang bidang tertentu. Mereka dapat berkisar dari teks literal di suatu daerah hingga teks filosofis, memperluas renungan teoritis tentang sifat manusia hingga kritik yang memberikan interpretasi teks lain, non-fiksi atau fiksi. Esai seringkali dapat berbentuk tulisan diskursif .

4 dari 5 halaman

Teknik Menulis Teks Nonfiksi

Dalam sastra nonfiksi, penulis menggunakan berbagai teknik penulisan nonfiksi untuk melibatkan dan menghibur pembaca, seperti halnya dalam fiksi. Misalnya, artikel, tulisan perjalanan, otobiografi, dan memoar sering kali dibaca untuk kesenangan, jadi penulis menggunakan teknik serupa yang Anda temukan dalam fiksi, semuanya dalam upaya untuk memenangkan hati pembaca.

Beberapa teknik penulisan nonfiksi tersebut adalah:

- Bahasa emosional

- Mengatakan hal-hal sederhana

- Menggunakan struktur naratif

- Menggunakan sudut pandang yang berbeda

- Berfokus pada detail

- Bersikap persuasif.

Anda mungkin memperhatikan bahwa semua teknik ini juga digunakan dalam fiksi. Itu karena, sementara non-fiksi bertujuan mendidik, banyak dari teks-teks ini juga bercerita dan mengikuti plot. Penghitungan ulang suatu peristiwa sejarah, misalnya, akan memiliki awal, tengah, dan akhir, seperti halnya sebuah cerita. 

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa peristiwa itu didasarkan pada kebenaran. Dari daftar ini, salah satu teknik menulis nonfiksi yang paling sering digunakan adalah persuasif. Menghilangkan, memelintir dan menekankan detail tanpa secara teknis mengubah kebenaran adalah hal yang dilakukan oleh banyak teks non-fiksi kreatif.

Seorang penulis autobiografi mungkin menghilangkan detail untuk membuat pembaca lebih berempati dengan karakter mereka. Sebuah iklan dapat menekankan bagian tertentu dari suatu produk untuk meyakinkan orang bahwa mereka membutuhkan atau menginginkannya.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Nonfiksi

Teks nonfiksi didasarkan pada fakta. Misalnya, daftar bahan pada sebatang coklat, artikel berita online, atau bahkan kartu ulang tahun adalah semua jenis non-fiksi. Berikut ini contoh teks nonfiksi dalam kehidupan sehari-hari

1. Surat kabar dan majalah : surat kabar dan majalah adalah publikasi cetak yang terdiri dari berita, artikel, iklan, wawancara, dan korespondensi, di antara banyak hal lainnya.

2. Advertisements : iklan, juga dikenal sebagai 'iklan,' adalah pemberitahuan atau pengumuman publik yang mempromosikan hal-hal seperti produk, acara, layanan, atau lowongan pekerjaan.

3. Autobiografi dan biografi : otobiografi dan biografi adalah contoh sastra non-fiksi. Teks sastra nonfiksi menggunakan teknik penulisan yang mirip dengan karya fiksi untuk membangun dan membuat karya tulis yang menarik dan mendetail tentang peristiwa nyata yang pernah terjadi. Otobiografi adalah buku di mana seseorang menulis tentang dirinya sendiri, dan biografi adalah buku di mana orang lain menulis tentang Anda dan kehidupan Anda. Anda mungkin menemukan otobiografi dan biografi tentang orang-orang seperti politisi, selebritas, dan olahragawan.

4. Buku harian : buku harian adalah buku tempat orang menyimpan rekaman peristiwa dan pengalaman secara teratur.

5. Surat : surat adalah bentuk komunikasi tertulis atau diketik yang dimasukkan ke dalam amplop dan dikirim oleh kurir atau layanan pos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.