Sukses

Profil Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dilengkapi Daftar Program Studi

Universitas Muhammadiyah Surabaya merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Muhammadiyah Surabaya merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Universitas Muhammadiyah Surabaya memiliki delapan fakultas untuk program pendidikan sarjana strata 1.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Surabaya juga membuka Program Pascasarjana untuk program studi Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Islam.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surabaya memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul di bidang intelektualitas, moralitas, dan menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneur .

Untuk mewujudkan visi tersebut, Universitas Muhammadiyah Surabaya berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki keunggulan inovasi dan berjiwa entrepreneur; menyelenggarakan penelitian dan publikasi yang berkontribusi pada IPTEK dan inovasi; serta mnyelenggarakan pengabdian kepada masyaraat berbasis riset dan inovasi.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Surabaya juga berperan sebagai pusat pengembangan muhammadiyah, serta menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan civitas akademika berdasarkan dengan nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan; serta menyelenggarakan kerjasama dan tata kelola dengan prinsip good governance.

Untuk lebih memahami Universitas Muhammadiyah Surabaya beserta program unggulannya, berikut profil selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi kampus, Kamis (2/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya pada awalnya terdiri atas beberapa lembaga pendidikan tinggi muhammadiyah, di antaranya Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah (FIAD) yang berdiri sejak 15 September 1964, Fakultas Tarbiyah Surabaya berdiri pada 1975, IKIP Muhammadiyah Surabaya berdiri pada 1980, Fakultas Syariah Surabaya berdiri pada 1982, dan Institut Teknologi Muhammadiyah Surabaya berdiri pada 1983.

Kemudian pada tahun 1984, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.:0141/0/1984, IKIP Muhammadiyah Surabaya, Institut Teknologi Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Gresik digabung menjadi satu dengan nama Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Setelah sejumlah lembaga pendidikan tinggi tersebut bergabung menjadi satu, Universitas Muhammadiyah Surabaya hanya terdiri dari tiga fakultas saja, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi.

Pada 1985 Universitas Muhammadiyah Surabaya menambah tiga fakultas, yakni Fakultas Da’wah (FIAD), Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah. Kemudian ketiga fakultas tersebut digabung menjadi satu fakultas, yakni Fakultas Agama Islam.

Setelah itu, Universitas Muhammadiyah Surabaya terus mengembangkan lembaganya dengan membuka berbagai fakultas, termasuk beberapa program pascasarjana. Kini, Universitas Muhammadiyah Surabaya telah memiliki delapan fakultas, tiga program pascasarjana, serta program profesi dokter.

3 dari 5 halaman

Daftar Program Studi di Universitas Muhammadiyah Surabaya

Sejak awal berdirinya hingga sekarang, Universitas Muhammadiyah Surabaya telah membuka banyak program studi dari berbagai bidang ilmu yang terbagi dalam delapan fakultas, yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain itu, ada pula Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Psikologi.

1. Fakultas Agama Islam

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya terdiri dari empat program studi, yakni sebagai berikut:

a. S1 Studi Agama-Agama, yakni program studi dengan profil lulusan sebagai Penyuluh Agama, Konsultan Kerukunan Umat Beragama, Manajer Lembaga Keagamaan, dan Peneliti Studi Agama-Agama.

b. S1 Hukum Keluarga Islam adalah Program Studi dengan profil lulusan sebagai Hakim, Panitera, Advokat, Penghulu, dan Konsultan Keluarga Sakinah yang diperkuat dengan kompetensi Metodologi Hukum Islam. Di samping itu lulusan juga memiliki kompetensi dalam Ketarjihan dan bidang Astronomi.

c. S1 Pendidikan Agama Islam adalah program studi dengan profil lulusan sebagai Tenaga Pendidik, Pengelola Pendidikan Islam, Konsultan Pendidikan Islam, dan Peneliti Pendidikan Islam.

d. S1 Perbankan Syariah adalah program studi yang memiliki profil lulusan sebagai Praktisi Perbankan Syariah (Teller, Customer service officer, Back Office, Marketing), Konsultan Keuangan Syariah, Asisten Peneliti Perbankan Syariah.

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mempunyai beberapa Program Studi yang sudah terakreditasi dan mumpuni pada bidang studi masing-masing sebagai berikut:

a. S1 Program Studi Bahasa Indonesia

b. S1 Program Studi Bahasa Inggris

c. S1 Program Studi Matematika

d. S1 Program Studi Biologi

e. S1 Program Studi PG Paud

f. S1 Program Studi PGSD

4 dari 5 halaman

Daftar Program Studi di Universitas Muhammadiyah Surabaya

3. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya terdiri dari dua program studi, yakni sebagai berikut:

a. S1 Pendidikan Dokter

Program studi Pendidikan Dokter adalah salah satu prodi yang tiap tahun selalu banyak peminatnya. Di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit

b. Profesi Dokter

Pendidikan Profesi Dokter adalah suatu tahap pendidikan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk kontak personal dengan pasien, di bawah supervisi dokter pendidik klinik.

4. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya terdiri atas 7 program studi, yakni sebagai berikut:

a. Teknik Arsitektur

b. Teknik Elektro

c. Teknik Mesin

d. Teknik Perkapalan

e. Teknik Sipil

f. Teknik Industri

g. Teknik Informatika

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya terdiri dari dua program studi, yakni S1 Manajemen dan S1 Akuntansi.

5 dari 5 halaman

Daftar Program Studi di Universitas Muhammadiyah Surabaya

6. Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya terdiri atas delapan program studi, yakni sebagai berikut:

a. S1 Keperawatan

b. S1 Fisioterapi

c. S1 Farmasi

d. S1 Kebidanan

e. D3 Ahli Teknologi Laboratorium Medik

f. D3 Keperawatan

g. Profesi Ners

h. TLM Program Sarjana Terapan

7. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya merupakan salah satu fakultas di UMSurabaya. Adapun program studi yang ada di Fakultas Hukum Universitas Surabaya adalah S1 Pendidikan Hukum.

8. Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya memiliki visi menjadi pusat unggulan di bidang psikologi yang berorientasi pada masalah-masalah pendidikan dengan mengedepankan moralitas, intelektualitas dan entrepreneurship.

Adapun tujuan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya antara lain adalah sebagai berikut:

a. Menghasilkan sarjana psikologi yang unggul dalam penguasaan dan pengembangan ilmu psikologi yang kompetitif, memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah masyarakat, berakhlak, dan berjiwa entrepreneur serta kebangsaan

b. Menghasilkan penelitian berorientasi pada masalah-masalah pendidikan untuk pengembangan teori maupun penerapan praktis dan publikasi ilmiah baik jurnal nasional maupun internasional.

c. Menerapkan ilmu psikologi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat

d. Mewujudkan pengelolaan pendidikan yang terencana, terorganisasi, produktif dan berkelanjutan sehingga dapat mendukung peningkatan kompetensi civitas akademika.

e. Mengembangkan jiwa entrepreneur pada civitas akademika

f. Terbangunnya perilaku civitas akademika yang islami yang dapat menjadi teladan dalam rangka dakwah Islam.

9. Program Pascasarjana

Universitas Muhammadiyah Surabaya juga membuka Program Pascasarjana untuk program studi S2 Hukum Ekonomi Syariah, S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan S2 Pendidikan Islam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.