Sukses

10 Manfaat Genjer untuk Kesehatan, Ketahui Efek Samping dan Kandungan Gizinya

Liputan6.com, Jakarta Genjer adalah tumbuhan yang berasal dari Asia, dan digunakan sebagai bahan makanan dan obat tradisional di beberapa negara. Tumbuhan ini tumbuh di daerah berumput, dengan ketinggian antara 0-1000 meter di atas permukaan laut. Manfaat genjer baik untuk kesehatan, karena dapat menjaga kesehatan tulang serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Genjer adalah tanaman yang memiliki daun hijau cerah, dengan batang yang berwarna hijau keunguan. Genjer digunakan sebagai bahan makanan di beberapa negara, terutama di Asia. Daun genjer dapat digunakan sebagai sayuran yang dimasak atau diolah sebagai bahan masakan. Manfaat genjer sangat baik bagi kesehatan, karena membantu meredakan inflamasi dan nyeri, serta membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Manfaat genjer berkhasiat sebagai obat tradisional, untuk mengatasi masalah saluran cerna seperti diare dan sembelit. Selain daun, biji genjer dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok atau sebagai bahan baku untuk membuat tepung. Genjer juga kaya akan kandungan nutrisi dan senyawa aktif seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Berikut ini manfaat genjer yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Genjer

Genjer adalah tumbuhan yang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat genjer yang wajib Anda ketahui:

1. Kesehatan jantung

Genjer mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

2. Kesehatan tulang

Genjer kaya akan kalsium dan fosfor, mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi genjer dapat membantu mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan tulang.

3. Antiinflamasi

Genjer mengandung senyawa antiinflamasi seperti flavonoid, steroid dan asam lemak yang dapat membantu meredakan inflamasi dan nyeri.

4. Anti-kanker

Mnafaat genjer dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa senyawa antioksidan yang terdapat pada genjer dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, terutama pada kanker payudara, prostat, dan usus.

5. Mengatasi diare

Genjer dapat digunakan sebagai obat tradisional, untuk mengatasi diare karena kandungan tanin yang terdapat pada genjer dapat membantu mengikat cairan dalam usus, dan menghentikan diare.

6. Mengatasi Anemia

Genjer mengandung besi yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Bagi perempuan yang sedang menstruasi atau ibu yang sedang menyusui, genjer dapat menjadi sumber besi yang baik untuk menjaga kesehatan darah.

 

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Genjer

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Genjer mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat genjer dapat meningkatkan kesehatan kulit, karena tanaman ini mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi kerutan.

9. Mengatasi masalah saluran cerna

Genjer dapat digunakan sebagai obat tradisional, untuk mengatasi masalah saluran cerna seperti sembelit dan diare.

10. Meningkatkan kesehatan gigi 

Genjer mengandung fluoride, yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dengan cara mencegah pembentukan plak dan karies gigi.

Itu adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan penggunaan genjer. Namun, perlu diingat bahwa lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaat ini, dan untuk mengetahui dosis yang tepat. Selalu berkonsultasi dengan dokter, sebelum menggunakan genjer sebagai obat atau suplemen. 

4 dari 6 halaman

Efek Samping Genjer

Selain manfaat genjer yang banyak dan berkhasiat, tanaman ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping pada beberapa orang, tergantung pada dosis yang digunakan dan kondisi kesehatan individu. Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat lebih rinci dan spesifik yang dapat terjadi setelah mengonsumsi genjer:

- Reaksi alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi genjer, seperti ruam, gatal-gatal, bengkak pada wajah, lidah, atau tenggorokan, sesak napas atau sesak pada dada.

- Nyeri perut 

Genjer dapat menyebabkan nyeri perut, diare, atau sembelit pada beberapa orang. Hal ini dapat terjadi karena kandungan tanin yang terdapat pada genjer dapat menyebabkan kontraksi pada usus.

- Efek pada fungsi hati

Genjer dapat menyebabkan kerusakan hati pada beberapa orang, terutama jika digunakan dalam jangka panjang atau dalam dosis yang tinggi. Hal ini dapat terjadi karena genjer dapat menyebabkan peningkatan enzim hati.

- Efek samping lain

Genjer dapat menyebabkan efek samping lain seperti sakit kepala, pusing, mual, atau muntah. Perlu diingat bahwa efek samping ini tidak selalu terjadi pada setiap orang yang mengonsumsi genjer.

- Interaksi Obat 

Genjer dapat meningkatkan efek dari obat antikoagulan seperti warfarin dan aspirin, sehingga dapat meningkatkan risiko perdarahan. Genjer juga dapat mengurangi efek dari obat diabetes dan obat antihipertensi.

- Efek pada kehamilan 

Genjer dapat menyebabkan kontraksi uterus, sehingga dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, wanita hamil harus menghindari mengonsumsi genjer.

5 dari 6 halaman

Kandungan yang Terdapat di Genjer

Genjer adalah tumbuhan yang kaya akan kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam genjer:

- Protein

Genjer mengandung protein yang cukup tinggi, yang dapat membantu memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh.

- Lemak

Genjer mengandung lemak yang sehat, seperti asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

- Kalsium

Genjer kaya akan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

- Fosfor

Genjer mengandung fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

- Vitamin

Genjer mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

- Mineral

Genjer mengandung mineral seperti besi, magnesium, dan fluoride yang dapat membantu menjaga kesehatan darah, otot, dan gigi.

- Antioksidan

Genjer mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, steroid dan asam lemak yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan membantu mencegah penyakit kronis.

- Tanin

Genjer mengandung tanin yang dapat membantu mengikat cairan dalam usus dan menghentikan diare. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam genjer. Namun, perlu diingat bahwa kandungan ini dapat berbeda tergantung pada jenis genjer yang digunakan dan metode pengolahannya. 

6 dari 6 halaman

Ide Olahan Genjer

Genjer dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa ide olahan genjer yang dapat Anda coba:

1. Sayur genjer

Daun genjer dapat digunakan sebagai sayuran, yang dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan lada. Anda juga dapat mencampur daun genjer dengan sayuran lain seperti kangkung, bayam, atau sawi.

2. Sup genjer

Anda dapat menggunakan daun genjer untuk membuat sup yang segar dan kaya akan nutrisi. Anda dapat mencampur daun genjer dengan bahan lain seperti ikan, ayam, atau tahu untuk memberikan rasa yang lebih kaya.

3. Keripik genjer

Daun genjer dapat diolah menjadi keripik yang renyah dan lezat. Anda hanya perlu mengiris daun genjer halus, menyiram dengan garam dan rempah-rempah, kemudian digoreng hingga renyah.

4. Tepung genjer

Selain daun, biji genjer dapat digiling menjadi tepung yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, atau mie.

5. Teh genjer

Daun genjer dapat digunakan untuk membuat teh yang segar dan kaya akan nutrisi. Anda hanya perlu merendam daun genjer dalam air panas selama beberapa menit, kemudian saring dan minum. Teh genjer dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna dan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri.

6. Jus genjer

Anda bisa mengekstrak jus dari daun genjer, dengan menggunakan juicer atau blender. Jus genjer dapat dicampur dengan buah-buahan lain seperti jeruk, mangga, atau apel untuk memberikan rasa yang lebih segar.

7. Bumbu dapur

Daun genjer bisa digunakan sebagai bumbu dapur, yang memberikan rasa yang khas dan kaya akan nutrisi. Anda dapat menambahkan daun genjer ke dalam masakan lain seperti sambal, gulai, atau sayur-sayuran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS