Sukses

Pukulan Servis yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Adalah High Servis

Pukulan Servis Yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Adalah High Servis, berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah pertanyaan yang kerap kali muncul dalam soal di mata pelajaran PJOK atau penjaskes, dimana siswa mempelajari berbagai macam cabang olahraga, yang salah satunya adalah bulutangkis. Dalam bulu tangkis, servis menjadi bagian penting yang tidak boleh terlewatkan.

Sebagai contoh, pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah pertanyaan yang kerap muncul dan memerlukan pemahaman yang dalam dari siswa untuk bisa menjawabnya. Karena terdapat banyak pukulan servis yang bisa digunakan oleh pemain tunggal dalam suatu permainan.

Hal yang menentukan jenis pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah preferensi dan rencana dari pemain dalam suatu kondisi permainan. Karena jika pemain tidak melakukan jenis pukulan yang tepat, maka bisa berakibat pemain tersebut gagal melakukan serangan, hingga kehilangan angka.

Lantas pukulan servis apa yang sering digunakan oleh pemain tunggal? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (9/1/2023). Pengertian servis pada bulu tangkis dan jenis-jenis pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Servis dalam Bulu Tangkis

Servis dalam Bulu Tangkis

Servis bisa dibilang merupakan aspek terpenting dari permainan bulutangkis, karena servis adalah satu tembakan yang harus ada di setiap reli. Anda memiliki waktu sebanyak yang anda butuhkan untuk bersiap-siap dalam melakukan servis, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya dengan benar. 

Servis yang baik dapat membuat lawan berada di bawah tekanan. Ada 3 servis dasar yaitu High Servis yang digunakan hanya di permainan tunggal, Low Servis yang dapat digunakan di tunggal dan ganda serta Flick Servis yang dapat digunakan di permainan ganda.

 

Aturan servis bulu tangkis

Dalam hal servis, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi untuk memastikan servis itu legal.

- Pemain harus melakukan kontak dengan kok di bawah pinggang

- Poros raket harus mengarah ke bawah pada tingkat berapa pun, yaitu kepala raket harus berada di bawah tangan raket sebelum melakukan kontak dengan kok.

- Kedua kaki harus berada di lantai

Aturan ini berarti bahwa kok harus naik ke udara untuk membersihkan jaring, karena itu, sebagian besar pemain sekarang melihat servis sebagai tembakan defensif. Artinya, servis adalah bagian penting karena jika memainkan tembakan defensif yang buruk kemungkinan besar akan kehilangan poin.

3 dari 4 halaman

Pukulan Servis Yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Adalah

Pukulan Servis Yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Adalah

Beberapa servis lebih sering digunakan daripada yang lain tergantung apakah itu pertandingan tunggal atau ganda. Servis yang paling umum digunakan dalam permainan tunggal adalah High Servis, yang jika dimainkan dengan benar akan sulit bagi lawan untuk melakukan pengembalian yang efektif. 

Sedangkan untuk permainan dengan pemain ganda, Low Servis lebih banyak digunakan, hal ini  karena lapangan dibuat lebih pendek dan lebih lebar di permainan ganda, sehingga penggunaan High Servis tidak begitu efektif. Servis Flick juga sering digunakan secara tiba-tiba untuk mengurangi waktu berpikir penerima.

4 dari 4 halaman

Jenis Pukulan Servis Yang Sering Digunakan

Jenis Pukulan Servis Yang Sering Digunakan

1. High Servis

Servis jenis ini paling umum digunakan dalam pertandingan tunggal, terkadang dikenal sebagai servis panjang. tujuannya adalah untuk mengirim kok tinggi dan panjang dan membuatnya jatuh sedekat mungkin ke garis belakang terjauh. Ini akan membuat lawan sangat sulit untuk mencapai pengembalian yang efektif.

2. Low Servis

Jenis servis ini paling sering digunakan dalam pertandingan ganda. Bertujuan untuk memukul kok sehingga hanya melewati jaring dan mendarat sedekat mungkin dengan garis servis, tetapi setidaknya harus menyentuh garis, jika jatuh pendek tidak akan dihitung. Menjaga kok tetap rendah dan pendek akan membuat lawan sangat sulit untuk melakukan serangan balik.

3. Flick Servis

Servis ini paling banyak digunakan dalam permainan ganda. Servis backhand lebih umum digunakan daripada servis forehand. Servis cepat dimulai dengan cara yang sama seperti Low Servis, tetapi perubahan kecepatan menit terakhir dan gerakan pergelangan tangan harus membawa kok melewati jangkauan lawan, tetapi tidak memberi mereka banyak waktu untuk berlari mundur dan melakukan pengembalian yang efektif. .

Pegangan jabat tangan harus diterapkan. Mengadopsi posisi yang identik dengan Servis Rendah. Kok harus dipegang setinggi pinggang dan berat badan diletakkan di atas kaki yang dominan. Ambil lengan raket ke posisi backswing dan sekali lagi miringkan pergelangan tangan.

Tahap selanjutnya adalah menggeser berat badan ke kaki yang tidak dominan, dan sekali lagi menggunakan pergelangan tangan dan lengan bawah untuk menghasilkan tenaga dan menjentikkan pergelangan tangan untuk mengangkat kok di atas lawan, menangkap mereka. 

Bahu dan pinggul juga harus berputar untuk menghadapi lawan dalam tahap servis ini. Ikuti garis shuttlecock dengan raket pada follow-through, dan pastikan kedua lengan terangkat dan siap untuk kemungkinan pengembalian.

4. Drive Servis

Servis drive paling baik digunakan saat tidak terduga karena dipukul dengan keras, rendah, dan rata sehingga pemain lawan hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi. Agar servis drive menjadi paling efektif, servis harus dipukul ke sisi backhand lawan.

Untuk memulai servis drive, raket harus dipegang dalam genggaman jabat tangan. Berdiri miring menghadap sisi forehand lapangan dengan kaki non-dominan di depan kaki lainnya. Kok harus dipegang dengan tangan non-raket setinggi pinggang.

Sebagian besar berat badan harus diletakkan di atas kaki dominan (belakang). Ambil lengan kembali ke posisi backswing dengan pergelangan tangan dan tangan dikokang. Berat badan kemudian harus dialihkan ke kaki (depan) yang tidak dominan. Untuk menghasilkan kecepatan pada servis ini banyak gerakan pergelangan tangan yang cepat, dan diperlukan rotasi lengan bawah. Lakukan kontak dengan shuttlecock setinggi paha.

Pada tindak lanjut, raket harus melanjutkan ke arah atas pada garis yang sama dengan kok, dan finis di atas bahu yang tidak dominan. Kemudian penting untuk masuk ke posisi siap dengan kedua tangan di atas setinggi dada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.