Sukses

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang Berganti PT GoTo Gojek Tokopedia, Simak Profilnya

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa adalah induk perusahaan Gojek dan Tokopedia (GoTo).

Liputan6.com, Jakarta - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa adalah saat ini berperan sebagai induk perusahaan Gojek dan Tokopedia (GoTo). Merger antara Gojek dan Tokopedia di bawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa adalah terjadi pada tahun 2021.

Melansir dari Bloomberg, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa awalnya menjalankan bisnis sebagai Gojek dan beroperasi sebagai platform multi layanan on-demand dan perusahaan teknologi pembayaran digital.

Kemudian, resmi pada November 2021 PT Aplikasi Karya Anak Bangsa resmi melakukan perubahan nama menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia. Ini penanda kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga sekarang.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang berganti nama menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia, Jumat (6/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa adalah Induk Gojek dan Tokopedia

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat. Saat ini, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa tercatat sebagai induk perusahaan yang menaungi GoTo. Ia merupakan perusahaan merger antara Gojek dan Tokopedia.

Melansir dari situs website resmi Gojek, merger Gojek dan Tokopedia di bawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa terjadi pada tahun 2021. Gojek dan Tokopedia bergabung sebagai perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. Ini menjadikan ekosistem Goto pemenuh kebutuhan sehari-hari.

Sejarah mencatat PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebelumnya, khusus menjadi nama perusahaan Gojek yang saat ini berdiri sendiri menjadi PT Gojek Indonesia. Awal berdirinya pada tahun 2010 sebagai penyedia layanan jasa transportasi berupa ojek.

Hal yang sama ditegaskan Bloomberg, bahwa PT Aplikasi Karya Anak Bangsa menjalankan bisnis sebagai Gojek dan beroperasi sebagai platform multi layanan on-demand dan perusahaan teknologi pembayaran digital.

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa pada saat itu menawarkan aplikasi yang menyediakan layanan seperti transportasi atau ojek online, kurir, belanja lokal, makanan, obat-obatan, pembayaran, dan gaya hidup.

Kemudian, pada tahun 2017 PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai Gojek telah resmi menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia. Melansir dari IndonesiaBaik, Unicorn adalah istilah untuk sebuah perusahaan rintisan atau startup yang memiliki nilai valuasi US$ 1 miliar atau Rp 14.1 triliunan.

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa kini merupakan induk perusahaan yang menaungi GoTo atau Gojek dan Tokopedia. Tercatata, pada November 2021 PT Aplikasi Karya Anak Bangsa resmi melakukan perubahan nama menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia.

Dalam keterangan tertulis Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia, Andre Soelistyo kepada media yang diterima, Senin (29/11/2021), bahwa PT Aplikasi Karya Anak Bangsa berganti nama menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia telah disetujui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Nomor AHU-0063145.AH.01.02. Tahun 2021.

Pada saat itu, kembali diumumkan bahwa Gojek dan Tokopedia secara resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo. Pembentukan ini disebut sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga sekarang.

3 dari 3 halaman

Sejarah Gojek Indonesia dan Layanannya

Melansir dari situs website resminya, PT Gojek Indonesia berdiri pada 2010. Pada saat itu PT Gojek Indonesia hanya menyediakan layanan transportasi berupa ojek. Di mulai dengan 20 ojek dan 1 call center. Di awal berdirinya, Gojek belum menggunakan aplikasi seperti sekarang ini.

Baru pada tahun 2015 Aplikasi Gojek dibuat. Berkat adanya aplikasi, ada kenaikan pesanan dari 3.000 per hari jadi 10.000 per hari. Setialah hanya beroperasi di Jakarta saja, PT Gojek Indonesia kemudian melakukan ekspansi ke luar kota. Di tahun ini pula, PT Gojek Indonesia menambah layanannya ke ranah pesan antar makanan, penjualan tiket, dll.

Pada tahun 2017, Gojek menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia. Di tahun ini, PT Gojek mengalami kenaikan pesanan menjadi 300,000 per hari. Gojek juga memberikan kesempatan pada lebih dari 30,000 teman difabel untuk bergabung.

Pada tahun 2017, PT Gojek Indonesia berada di peringkat 17 di antara 20 perusahaan yang mengubah dunia versi Fortune, usai mengalami pertumbuhan 3.600 kali lipat dalam 18 bulan, salah satu pertumbuhan tercepat di dunia. Pada 2018, PT Gojek Indonesia melakukan ekspansi binis ke luar negeri, yakni ke Vietnam dan Thailand, yang membuat perusahaan ini terus mengalami pertumbuhan.

Pada 2020, aplikasi Gojek di Indonesia, Singapura, Thailand, dan Vietnam digabung menjadi satu, di mana Aplikasi Gojek diunduh lebih dari 190 juta kali, dan memiliki peran penting selama pandemi Covid-19. Pada 2021, Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo, perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dan menjadi ekosistem "GOTO" untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, sudah ada lebih dari 20 produk dan layanan, yang terbagi dalam lima kategori, yakni sebagai berikut:

1. Transport & Logistik

GoRide

GoRide merupakan layanan transportasi dengan sepeda motor alias ojek.

GoCar

GoCar adalah layanan transportasi dengan mobil.

GoSend

GoSend adalah layanan pengiriman barang secara instan dengan cakupan wilayah dalam kota.

GoBox

GoBox adalah layanan pengiriman barang dalam jumlah besar dengan menggunakan kendaraan roda empat. Tidak seperti gosend, layanan ini tidak menerapkan jarak maksimal.

GoBlueBird

Ini adalah layanan pemesanan taksi Blue Bird. Lewat GoBlueBird, pelanggan bisa mengakses puluhan ribu armada Blue Bird di seluruh Indonesia.

2. Pembayaran

GoPay

GoPay adalah dompet digital serba bisa, mulai dari transaksi cepat untuk semua layanan Gojek dan ratusan Rekan Usaha, hingga mengirim atau menerima uang dengan mudah, semua bebas dilakukan bersama GoPay.

GoTagihan

GoTagihan adalah layanan untuk membayar agihan air, BPJS, gas, internet, listrik, tv kabel.

GoPayLater

GoPayLater dari Findaya adalah metode pembayaran yang merupakan bagian dari GoTo Financial. Segala urusan mulai dari bayar tagihan, beli makanan sampai pakaian, semua bisa kamu penuhi di layanan Gojek, Tokopedia hingga Rekan Usaha GoPay online, dan offline kapan aja bayarnya abis gajian.

GoGive

GoGive adalah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menyalurkan bantuannya.

GoSure

GoSure adalah produk asuransi barang-barang.

GoInvestasi

GoInvestasi adalah cara termurah dan termudah untuk berinvestasi dan membangun kebiasaan menabung.

GoCorp

GoCorp adalah layanan yang memudahkan perusahaan untuk memberikan fasilitas transportasi karyawan melalui aplikasi Gojek yang dapat dikelola limit pemakaiannya. Mode transportasi dengan jutaan mitra pengemudi GoCar, GoCar Protect+ dan GoRide siap melayani kebutuhan mobilitas karyawan.

3. Pesan Makanan dan Belanja

GoFood

GoFood adalah layanan di mana pelanggan bisa memesan makan dan di antar ke tujuan.

GoMart

GoMart adalah layanan di mana pelanggan dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah, cukup pilih item belanjaan, bayar, lalu tunggu belanjaan diantar sampai rumah.

GoMed

GoMed adalah layanan yang memudahkan akses ke layanan berkualitas yang disediakan oleh dokter asli dan lembaga kesehatan terpercaya bagi pengguna Gojek di Indonesia.

GoShop

GoShop adalah salah satu produk Gojek yang memungkinkan Anda membeli hampir semua hal, dari mana saja.

4. Hiburan

GoPlay

GoPlay merupakan layanan streaming yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati berbagai jenis hiburan.

GoTix

GoTix adalah layanan pemesanan tiket bioskop secara online.

5. Bisnis

GoBiz

GoBiz adalah super app dari Gojek yang diperuntukkan khusus para pebisnis di Indonesia. Dari kelola pesanan GoFood dan di toko, terima pembayaran GoPay, analisa laporan penjualan, sampai buat promo; semua bisa dilakukan di aplikasi GoBiz.

Midtrans

Midtrans adalah layanan menerima pembayaran online dan offline. Dengan 24 metode pembayaran online dan offline, pelanggan Anda dapat memilih untuk menggunakan e-money, kartu kredit/debit, e-banking, atau pembayaran tunai di gerai.

Moka

Moka adalah layanan yang menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan penjualan offline & online. Moka memiliki sistem POS untuk toko offline serta memungkinkan Anda untuk membangun toko online pribadi melalui GoStore.

Selly

Selly merupakan keyboard lengkap untuk bantu kamu para penjual online. Mulai dari cek ongkir, balas chat dengan auto-text, hingga pesan kurir & layani pembayaran, semua bisa dilakukan tanpa perlu pindah-pindah aplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.