Sukses

Lompat Kangkang adalah Salah Satu Gerakan Senam Lantai, Ketahui Tekniknya

Lompat kangkang adalah gerakan ketangkasan yang dilakukan menggunakan alat.

Liputan6.com, Jakarta Lompat kangkang adalah salah satu gerakan dalam olahraga senam lantai. Lompat kangkang adalah sebuah gerakan yang dilakukan dengan cara melompat dengan posisi panggul yang ditekuk menyudut.

Lompat kangkang adalah sebuah gerakan lompatan di mana sikap kaki terbuka lebar tanpa meluruskan badan terlebih dahulu, ketika posisi melayang.

Lompat kangkang adalah gerakan ketangkasan yang dilakukan menggunakan alat. Adapun alat bantu yang biasa digunakan dalam loncat kangkang adalah peti lompat atau kuda-kuda lompat dan, matras.

Dari peralatan yang digunakan, dapat dipahami bahwa lompat kangkang adalah suatu gerakan dalam senam lantai melompati sebuah peti atau kotak dengan posisi badan condong ke depan, lalu membuka kedua tangan saat melompati peti.

Untuk lebih memahami apa itu lompat kangkang, berkut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lompat Kangkang

Seperti dikutip dari Modul PJOK, lompat kangkang adalah salah satu macam dari teknik senam lantai dimana pesenam melakukan gerakan melompati benda dengan cara kangkang. Smentara itu menurut Merriam-Webster, lompat kangkang adalah suatu gerakan senam lantai di mana tubuh melewati peralatan dalam posisi duduk dengan kaki terbentang lebar ke setiap sisi.

Tujuan dari lompat kangkang adalah untuk melompat hingga mencapai ketinggian tertentu, sehingga dapat melewati peti lompat. Dalam kompetisi lompat kangkang, atlet yang lompatannya paling tinggi makan akan lebih berpeluang untuk menjadi juara.

Gerakan Lompat Kangkang

Seperti yang telah dibahas di bagian awal, lompat kangkang adalah salah satu gerakan dalam cabang olahraga senam lantai. Lompat kangkan adalah lompatan yang dilakukan dengan cara berlari cepat ke arah peti lompat.

Kemudian lakukan tolakan dengan kedua kaki di langkah terakhir, sementara itu letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping.

Lompat kangkang dimulai dengan lari cepat agar kita dapat memiliki dorongan ketika melakukan tolakan di langkah terakhir, sehingga dapat melompat ke arah depan hingga melewati bagian atas peti lompat. Adapun dalam melakukan pendaratan ketika melakukan lompat kangkang adalah dengan membuat kaki dan lutut santai atau lentur.

Adapun tahap-tahap dalam cara melakukan gerakan lompat kangkang adalah sebagai berikut:

1. Berdiri tegak menghadap peti lompat atau teman yang membungkuk.

2. Lakukan lompatan ke arah peti lompat atau teman yang membungkuk dengan menggunakan kaki sebagai tolakan sampai kedua tangan menyentuh bagian atas peti lompat/punggung teman.

3. Pada saat tangan menyentuh bagian atas peti lompat atau punggung teman yang membungkuk, buka kedua kaki selebar mungkin ke samping.

4. Turun kembali ke posisi awal melompat.

3 dari 4 halaman

Teknik Lompat Kangkang

Untuk dapat menghasilkan lompatan yang baik, selain harus memperhatikan setiap tahap sebelum melakukan lompatan, penting juga untuk memperhatikan teknik dalam lompat kangkang. Adapun teknik-teknik dalam lompat kangkang antara lain sebagai berikut:

1. Teknik Awalan

Teknik awalan merupakan gerakan sebelum melakukan tolakan. Teknik awalan terdiri dari tiga gerakan utama, yakni berdiri tegak dengan jarak beberapa langkah dari peti tumpuan. Setelah itu berlari dengan kecepatan sedang. Kemudian yang ketiga adalah dengan mempercepat laju ketka semakin dengan pti tumpuan.

2. Teknik Tolakan Kaki

Teknik tolakan kaki adalah sebuah teknik lompatan untuk mencapai ketinggian tertentu. Teknik tolakan kaki dilakukan dengan cara melompat setelah melakukan teknik awalan. Selain bersiap untuk melompat, kita kita juga harus menyiapkan tangan kita untuk selanjutnya melakukan tumpuan pada balok yang bertujuan untuk meningkatkan daya jangkau agar bisa sampai pada seberang peti tumpuan.

3. Teknik ketika di atas peti lompat

Ketika sudah melakukan tolakan, makan tubuh akan bergerak ke atas untuk melewati peti lompat. Pada momen itu, pastikan posisi badan membentuk sudut antara 20-30 derajat ke depan. Setelah itu, kuatkan tangan untuk mengangkat tubuh kita. Angkat panggul kemudian buka kaki, dan gunakan tangan untuk menopang tubuh serta lecutkan tubuh kedepan. Sesudah kaki melewati peti tumpuan, angkat tangan dari tumpuan kemudian luruskan badan anda kedepan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Latihan Lompat Kangkang

Lompat kangkang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh seperti menjaga keseimbangan tubuh, melatih kekuatan otot, membakar kalori, meningkatkan kelenturan tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan mengencangkan otot.

Menjaga Keseimbangan

Lompat kangkang membutuhkan keseimbangan terutama ketika melakukan teknik tolakan. Oleh karena itu, dengan latihan lompat kangkang, hal itu akan dapat melatih keseimbangan tubuh. Kondisi tubuh yang seimbang berdampak positif pada aktivitas sehari-hari.

Melatih Kekuatan Otot

Melakukan gerakan lompat kangkang secara rutin dapat melatih otot sehingga menjadi kuat dan kencang. Adapun otot yang terlibat dalam lompat kangkang antara lain adalah otot tangan dan kaki.

Membentuk Tubuh

Lompat kangkang melatih otot sehingga membantu membentuk tubuh. Ini dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri.

Melenturkan Tubuh

Melakukan latihan lompat kangkang dapat melatih kelenturan tubuh, sebab dalam gerakan lompat kangkang melibatkan gerakan dalam mencodongkan tubuh, serta membuka kaki ke samping lebar-lebar.

Menjaga Kebugaran

Kebugaran tubuh dapat mencegah berbagai penyakit dan membuat semangat menjadi naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.