Sukses

Profil PT Salim Ivomas Pratama, Sejarah, Nilai-Nilai, Anak Perusahaan dan Produknya

Profil PT Salim Ivomas Pratama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha agribisnis yang terintegrasi secara vertikal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Salim Ivomas Pratama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha agribisnis yang terintegrasi secara vertikal dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih, perkebunan dan pengolahan kelapa sawit serta memproduksi dan memasarkan minyak goreng, margarin dan lemak nabati.

PT Salim Ivomas Pratama telah berdiri sejak 12 Agustus 1992 hingga saat ini masih beroperasi. PT Salim Ivomas Pratama merupakan perusahaan yang terdiversifikasi serta terintegrasi secara vertikal di Indonesia.

PT Salim Ivomas Pratama ini memiliki kegiatan utama yakni seluruh mata rantai pasokan dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. 

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Salim Ivomas Pratama beserta sejarah, nilai-nilai, anak perusahaan, dan produknya yang telah dirangkum dari laman resmi simp.co.id, Senin (26/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Profil PT Salim Ivomas Pratama

PT Salim Ivomas Pratama adalah grup agribisnis yang terdiversifikasi serta terintegrasi secara vertikal di Indonesia. PT Salim Ivomas Pratama adalah perusahaan dalam Indofood Sukses Makmur yang bergerak dalam bidang agribisnis, terutama dalam pengolahan kelapa sawit. PT Salim Ivomas Pratama merupakan salah satu grup agribisnis terbesar nasional, dengan usaha yang terintegrasi vertikal dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Selain berbisnis sawit sebagai bisnis utamanya, bisnisnya juga mencakup tebu, karet dan tanaman lainnya.

3 dari 6 halaman

Sejarah Singkat PT Salim Ivomas Pratama

- 1992: Pendirian PT Salim Ivomas Pratama

- 1997: Menjadi bagian dari Group Indofood

- 2005: Mengakusisi lahan perkebunan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur

- 2006: Merger menjadi perusahaan perkebunan yang terintegrasi. Mengakuisisi pusat penelitian dan pengembangan serta pemulihan benih bibit di Riau. Mengakusisi lahan perkebunan di Kalimantan Barat.

- 2007: Mengakuisisi lahan perkebunan di Sumatera Selatan dan Kalimantan. Mengembangkan kegiatan usaha perkebunan melalui ekuisisi PT PP London Sumatra Indonesia, Tbk. sebuah perusahaan perkebunan yang tercatata di Bursa Efek Indonesia.

- 2008: Diversifikasi ke bisnis gula melalui penyertaan saham di PT Lajuperdana Indah. Mengakuisisi lahan perkebunan di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

- 2009: Mengakuisisi lahan perkebunan di Sumatera Selatan.

- 2011: Tercatat di BEI

- 2013: Mengakuisisi tiga konsesi perkebunan hutan tanaman industri di Kalimantan Timur melalui kepemilikan saham di PT Mentari Pertiwi Makmur. 7% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO.

- 2014: Mendirikan perusahaan patungan dengan PT Wahana Inti Selaras yang bergerak di bidang pengembangan jalan dan penyewaan alat-alat berat. Mengembangkan bisnis gula melalui akuisisi PT Madusari Lampung Indah.

- 2015: 24% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO

- 2016: Mengembangkan bisnis teh melalui akuisisi PT Pasir Luhur. 39% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO.

- 2017: Mendirikan perusahaan patungan dengan DaitoCacao Co. Ltd., untuk memproduksi dan memasarkan produk cokelat di Indonesia. 57% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO.

- 2018: 62% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO

- 2019: Pabrik cokelat melalui usaha patungan DaitoCacao Co. Ltd., telah memulai kegiatan operasi. 71% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO.

- 2020: 78% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO.

- 2021: 86% produksi CPO inti telah bersertifikasi ISPO.

4 dari 6 halaman

Visi, Misi dan Nilai-Nilai PT Salim Ivomas Pratama

Visi

Menjadi sebuah grup agribisnis terintegrasi yang terdepan, dan menjadi salah satu grup kelas dunia di bidang penelitian dan pemuliaan benih bibit agricultural

Misi

1. Menjadi produsen dengan biaya produksi rendah melalui hasil produksi yang tinggi dan operasional yang efektif dan efisien.

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, proses produksi dan teknologi secara berkesinambungan.

3. Dapat melebihi harapan konsumen dengan memastikan standar kualitas tertinggi.

4. Berperan sebagai perusahaan yang bertanggung jawab di dalam segala aspek pengelolaan usahanya, termasuk praktikpraktik yang sehat dan berkelanjutan dalam menjaga lingkungan hidup dan sosial.

5. Meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan secara berkesinambungan.

Nilai-nilai

Dengan disiplin sebagai falsafah hidup, PT Salim Ivomas Pratama menjalankan usaha perusahaan dengan menjunjung tinggi integritas. PT Salim Ivomas Pratama menghargai seluruh pemangku kepentingan dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan. 

5 dari 6 halaman

Anak Perusahaan PT Salim Ivomas Pratama

Berikut ini terdapat beberapa anak perusahaan dari PT Salim Ivomas Pratama, antara lain:

1. PT Manggala Batama Perdana

2. PT Kebun Mandiri Sejahtera

3. Asian Synergies Limited

4. Silveron Investments Limited

5. PT Kebun Ganda Prima

6. PT Citranusa Intisawit

7. PT Indoagri Inti Plantation

8. PT Gunung Mas Raya

9. PT Indriplant

10. PT Cibaliung Tunggal Plantations

11. PT Serikat Putra

12. PT Sarana Inti Pratama

13. PT Riau Agrotama Plantation

14. PT Citra Kalbar Sarana

15. PT Jake Sarana

16. PT Swadaya Bhakti Negaramas

17. PT Agro Subur Permai

18. PT Mentari Subur Abadi

19. PT Gunta Samba

20. PT Multi Pacific International

21. PT Mega Citra Perdana

22. PT Mitra Inti Sejati Plantation

23. PT PP London Sumatra Indonesia Tbk

24. PT Multi Agro Kencana Prima

25. Lonsum Singapore Pte. Ltd.

26. Sumatra Bioscience Pte. Ltd.

27. PT Lajuperdana Indah

28. PT Cakra Alam Makmur

29. PT Hijaupertiwi Indah Plantations

30. PT Cangkul Bumisubur

31. PT Tani Musi Persada

32. PT Sumatra Agri Sejahtera

33. PT Tani Andalas Sejahtera

34. PT Samudera Sejahtera Pratama

35. PT Pelangi Intipertiwi

36. PT Intimegah Bestari Pertiwi

37. IndoInternational Green Energy Resource Pte.Ltd.

38. PT Kencana Subur Sejahtera

39. PT Pratama Citra Gemilang

40. Agri Investments Pte. Ltd.

41. PT Mentari Pertiwi Makmur

42. PT Sumalindo Alam Lestari

43. PT Wana Kaltim Lestari

44. PT Madusari Lampung Indah

45. PT Wushan Hijau Lestari

46. PT Perusahaan Perkebunan, Perindustrian dan Perdagangan Umum Pasir Luhur

47. Asian Assets Management Pte., Ltd. - dimiliki bersama Indofood CBP

48. Harvest Gems Pte. Ltd. - dimiliki bersama Indofood CBP

49. PT Aston Investama Perkasa - dimiliki bersama Indofood CBP

50. PT Aston Inti Makmur - dimiliki bersama Indofood CBP

6 dari 6 halaman

Produk-Produk dari PT Salim Ivomas Pratama

Divisi EOF memproduksi dan memasarkan produk-produk hilir PT Salim Ivomas Pratama, diantaranya produk minyak goreng, margarin dan shortening. Untuk pasar konsumen, produk minyak goreng dipasarkan dengan merek Bimoli, Bimoli Spesial, Delima, Amanda dan Happy, sedangkan produk margarin dan shortening dengan merek Amanda, Palmia dan Royal Palmia. 

Untuk pasar industri, produk minyak goreng dipasok secara langsung ke Indofood dan para produsen makanan lainnya, sedangkan produk margarin dan shortening dipasarkan ke pelanggan confectioneries, bakeries dan produsen makanan dengan merek Amanda, Delima, Malinda, Palmia dan Simas.

Penjualan dan distribusi produk EOF didukung oleh Grup Distribusi Indofood yang memiliki jaringan yang ekstensif di seluruh Indonesia. Lebih dari 81% dari produk EOF dipasarkan secara domestik, sedangkan sisanya diekspor ke negara-negara di Asia, Afrika, Amerika, Timur Tengah dan Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.