Sukses

Atapu Artinya I Love You, Ketahui Penggunaan dan Istilah Bahasa Gaul Lainnya

Istilah atapu artinya perubahan penyebutan kata dalam bahasa Inggris “I Love You”.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini di media sosial khususnya TikTok dan Twitter sempat viral mengenai kata atapu. Istilah tersebut seketika menjadi trending dikalangan para pengguna media sosial, baik remaja hingga orang dewasa.

Istilah atapu tersebut ramai diperbincangkan warganet karena memiliki makna yang tersembunyi. Kata atapu sendiri terbilang baru muncul di media sosial. Terbukti karena banyaknya pengguna yang masih asing dengan istilah tersebut. Lantas istilah atapu artinya apa?

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai atapu artinya dan istilah bahasa gaul lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Atapu dan Penggunaannya

Istilah atapu masih terbilang baru di media sosial, Twitter dan TikTok. Untuk itu, banyak warganet yang mencari atapu artinya dan penggunaannya. Atapu artinya bukanlah akronim (singkatan) dari sebuah frasa atau kata tunggal yang punya satu makna. Namun, istilah atapu artinya pada dasarnya merupakan kata yang berasal dari perubahan penyebutan suatu kata.

Istilah atapu artinya perubahan penyebutan kata dalam bahasa Inggris “I Love You”. Lantaran sebagai perubahan penyebutan “I Love You” maka atapu artinya juga “aku sayang kamu”. Penyebutan atapu ini muncul berawal dari salah satu pengguna TikTok yang merekam video bersama anaknya yang masih kecil. Pengguna TikTok tersebut rupanya tengah mengajari sang balita untuk berbicara I Love You. Namun karena balita masih belum bisa berbicara dengan lancar, akhirnya balita itu mengucapkan I Love You dengan sebutan atapu.

Penggunaan kata atapu artinya I Love You memiliki makna yang dalam dan sifat multitafsir. Kata I Love You menjadi kata yang berguna untuk mengungkapkan perasaan kita kepada orang tersayang. Selain itu, kata I Love You juga digunakan untuk mengungkapkan kepedulian terhadap seseorang.

3 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. Spill The Tea

Spill the tea artinya ungkap rahasia atau bongkar rahasia.

2. Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

3. Prik

Prik merupakan bentuk plesetan dari freak yang artinya orang aneh. Prik dalam bahasa gaul digunakan untuk menyebut orang yang berperilaku aneh. Arti lain dari prik adalah jijik atau kotor. Bocah prik berarti bocah kotor.

4. Bestie

Bestie berasal dari bahasa Inggris best friend yang artinya teman dekat. Bahasa gaul ini juga sering digunakan dalam slang internasional dengan arti yang sama.

5. Ghosting

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

6. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

7. Hang out

Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

8. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

4 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

9. BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

10. BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

11. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

12. DM: Merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

13. DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

14. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

15. GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

16. ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

17. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

18. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

19. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

20. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

21. b/c: singkatan dari because, artinya karena.

22. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

23. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

24. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

25. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

26. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.