Sukses

35 Ucapan Hari Anti Korupsi Sedunia, Cocok Untuk Caption di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta Hari anti korupsi sedunia yang dirayakan setiap tanggal 9 Desember, menjadi salah satu bentuk upaya untuk mengingatkan dan meningkatkan kewaspadaan diri terhadap segala bentuk tindakan korupsi yang terjadi di sekitar kita. Terutama di Indonesia, dimana kasus tindakan korupsi merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi oleh seluruh masyarakat.

Dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia 2022, terdapat berbagai cara untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya paham anti korupsi. Salah satu cara mudahnya adalah dengan membagikan ucapan hari anti korupsi sedunia, melalui berbagai media sosial seperti facebook, instagram, TikTok hingga Twitter.

Menyertakan caption di postingan dengan ucapan hari anti korupsi sedunia menjadi pengingat bagi rekan dan keluarga, untuk selalu memerangi korupsi dan menjauhi praktik korupsi yang dapat menghancurkan masa depan negara.

Lantas apa saja ucapan hari anti korupsi sedunia yang bisa dibagikan melalui media sosial? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (9/12/2022) kumpulan ucapan hari anti korupsi sedunia, serta sejarah dibalik peringatan hari anti korupsi sedunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2022

Pada tanggal 9 Desember, orang-orang di seluruh dunia memperingati Hari Anti Korupsi Internasional untuk meningkatkan kesadaran akan nilai masyarakat yang bebas dari korupsi. Peringatan ini memberi kita kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen untuk bekerja sama mencegah dan memerangi korupsi. 

Tujuan utama hari ini adalah memberantas korupsi dan membuat masyarakat kita tumbuh di jalan yang benar. Berbagai acara, termasuk konferensi, pembicaraan, dan sandiwara, diadakan oleh PBB dan masing-masing negara anggotanya dengan tujuan memerangi korupsi.

Korupsi mengancam perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat di seluruh dunia, oleh karena itu hari ini bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang masalah ini. Semua negara dipengaruhi oleh korupsi, yang dianggap sebagai fenomena sosial, politik dan ekonomi yang kompleks. Tidak ada wilayah, komunitas atau negara yang kebal terhadap korupsi.

Pada tahun 2022 ini, Hari Antikorupsi Internasional (IACD) bertujuan untuk menekankan pentingnya antikorupsi dalam memastikan perdamaian, keamanan, dan pembangunan. Pada tahun 2022, Konvensi PBB Menentang Korupsi (UNCAC) juga akan menandai ulang tahunnya yang kedua puluh.

Tema Hari Anti Korupsi Internasional Tahun 2022 adalah “UNCAC at 20: Uniting the World Against Corruption”.

3 dari 4 halaman

Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia

Diselenggarakan pertama kali oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mengesahkan United Nations Convention Against Corruption pada Desember 2003 sebagai langkah pertama dalam memerangi korupsi global (UNCAC), yang ditulis pada 31 Oktober 2003. 

Sebuah perjanjian yang dikenal sebagai UNAC ditandatangani pada 9 Desember dan mulai berlaku pada 14 Desember di tahun yang sama. Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk mewajibkan para anggota untuk bekerja sama dalam mengurangi korupsi dan penegakan hukum serta ketertiban. 

Selanjutnya, Majelis menetapkan 9 Desember sebagai Hari Antikorupsi Internasional untuk meningkatkan kesadaran akan korupsi dan peran Konvensi dalam mencegahnya. Konvensi mulai berlaku pada bulan Desember 2005.

Poin Utama Perjanjian UNAC

- Menegakkan hukum dan ketertiban.

- Untuk mengurangi korupsi bekerja sama di tingkat internasional.

- Pemulihan Aset dan pengembaliannya ke negara asal.

- Untuk memberikan bantuan teknis dan pertukaran informasi.

- Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah korupsi.

4 dari 4 halaman

Ucapan Hari Anti Korupsi Sedunia

Berikut ucapan Hari Anti Korupsi Sedunia:

1. Mari kita rayakan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional dengan bekerja sama untuk membuat dunia ini bebas dari masalah sosial yang merusak ini. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional.

2. Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia. Korupsi memiliki kekuatan untuk menghancurkan suatu negara dan rakyatnya hingga tidak dapat diperbaiki lagi.

3. Cara paling pasti untuk merusak seorang pemuda adalah dengan menginstruksikannya untuk lebih menghargai mereka yang berpikiran sama daripada mereka yang berpikiran berbeda.

4. Semoga tidak ada korupsi dan hanya ada pertumbuhan dan perkembangan di sekitar kita. Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia.

5. Pertempuran melawan korupsi harus berlanjut selamanya dan itulah satu-satunya cara untuk melindungi negara kita darinya. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional.

6. Bangsa dan masyarakat yang bersih dari korupsi adalah tempat yang bahagia dan aman. Salam hangat dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional.

7. Kekuasaan menarik yang korup. Curigailah siapa pun yang mencarinya.

8. Hari Anti Korupsi Internasional adalah pengingat bagi kita semua bahwa betapa mengancamnya masyarakat kita. Salam hangat di hari ini.

9. Jika suatu negara ingin bebas dari korupsi dan menjadi negara dengan pemikiran yang indah, saya yakin ada tiga anggota masyarakat kunci yang dapat membuat perbedaan. Mereka adalah ayah, ibu, dan guru.

10. Memerangi korupsi bukan hanya pemerintahan yang baik. Ini pertahanan diri. Itu patriotisme.

11. Korupsi bukanlah masalah hanya untuk beberapa negara; ini adalah masalah global.

12. Ketika Anda tidak menentang korupsi, Anda diam-diam mendukungnya.

13. Salam hangat di Hari Anti Korupsi Internasional. Korupsi mencekik pembangunan suatu negara dan kita tidak boleh membiarkan itu terjadi.

14. Dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional, kita harus bersama-sama menjaga masyarakat kita aman dari kejahatan sosial ini. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua.

15. Salam hangat di Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua. Korupsi mengganggu pembangunan bangsa dan kita tidak boleh membiarkan itu terjadi.

16. Kekuasaan tidak pernah merusak orang tetapi ketakutan akan kehilangan kekuasaanlah yang membuat mereka korup…. Mari kita akhiri pada Hari Anti Korupsi Internasional.

17. Hari Anti Korupsi Internasional menginspirasi kita masing-masing untuk melawan kejahatan sosial ini dan menjadikannya dunia yang lebih bahagia dan lebih sehat untuk ditinggali.

18. Selamat Hari Anti Korupsi. Mari kita selesaikan masalah sosial ini. Mari kita jujur ​​dan jujur ​​untuk memiliki masyarakat bebas korupsi untuk hidup.

19. Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional mengingatkan kita semua bahwa kita tidak bisa membiarkan kejahatan sosial ini merampas semua kebaikan yang ada di sekitar kita. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional.

20. Hari Anti Korupsi Internasional menginspirasi kita masing-masing untuk melawan kejahatan sosial ini dan menjadikannya dunia yang lebih bahagia dan lebih sehat untuk ditinggali.

21. Pada kesempatan Hari Anti Korupsi Internasional, kita semua harus berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk mencabut masalah ini dari kehidupan kita.

22. Untuk mengakhiri korupsi, kita semua harus bergandengan tangan dan memulai perjuangan melawan masalah sosial yang serius ini. Salam hangat di Hari Antikorupsi.

23. Di mana ada korupsi tidak mungkin ada sesuatu yang positif karena segala sesuatu yang baik akan berakhir. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua.

24. Mari kita menolak korupsi dan merangkul kemakmuran dan pertumbuhan. Mengirimkan harapan hangat pada Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua orang.

25. Jika kita akan memilih korupsi maka kita memilih masa depan yang kelam bagi generasi mendatang. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua.

26. Sangat menyedihkan bahwa kita harus merayakan Hari Antikorupsi. Sangat menyedihkan bahwa ada korupsi di mana-mana di sekitar kita yang menghancurkan hidup kita.

27. Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia. Korupsi memiliki kekuatan untuk menghancurkan sebuah negara dan rakyatnya yang tak dapat diperbaiki.

28. Kalau kita kuat dari dalam maka korupsi tidak akan pernah bisa bertahan di dunia ini. Salam hangat di Hari Anti Korupsi Internasional.

29. Salam hangat di Hari Anti Korupsi Internasional. Korupsi mencekik pembangunan suatu negara dan kita tidak boleh membiarkan itu terjadi.

30. Dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup di mana tidak ada korupsi. Mari kita bekerja untuk mencabutnya dari masyarakat kita agar berkembang. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua.

31. Dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional, kita harus bersama-sama menjaga masyarakat kita aman dari kejahatan sosial ini. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional untuk semua.

32. Penyakit terburuk di dunia saat ini adalah korupsi dan obat terbaik untuk menyembuhkan penyakit ini adalah transparansi….. Selamat Hari Anti Korupsi Internasional.

33. Kekuasaan tidak pernah merusak orang tetapi ketakutan akan kehilangan kekuasaanlah yang membuat mereka korup…. Mari kita akhiri pada Hari Anti Korupsi Internasional.

34. Pada kesempatan Hari Anti Korupsi Internasional, kita semua harus berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk mencabut masalah ini dari kehidupan kita.

35. Untuk mengakhiri korupsi, kita semua harus bergandengan tangan dan memulai perjuangan melawan masalah sosial yang serius ini. Salam hangat di Hari Antikorupsi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS