Sukses

PT Mitsuba Indonesia dan Profilnya, Perusahaan Manufaktur Komponen Elektrik Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta PT Mitsuba Indonesia merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang familiar di kalangan masyarakat. Meskipun begitu, masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui PT Mitsuba Indonesia.

PT Mitsuba berdiri sejak tanggal 8 Maret 1946 di Kiryu yang didirikan oleh Katsuyoshi Kitada. Kemudian PT Mitsuba melebarkan sayapnya dan membangun perusahaan di Indonesia yang diberi nama PT Mitsuba Indonesia.

PT Mitsuba Indonesia sendiri berdiri sejak November 2001 di Tangerang. Pemegang saham perusahaan ternama ini adalah Mitsuba Corporation Mfg,Co, Ltd yang berkedudukan di Jepang.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Mitsuba Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Profil PT Mitsuba Indonesia

PT Mitsuba Indonesia adalah perusahaan penanaman modal asing atau PMA Jepang yang bergerak dibidang manufaktur komponen elektrik kendaraan roda dua dan roda empat. PT Mitsuba Indonesia berdiri pada November 2001 di Tangerang.

PT Mitsuba Indonesia adalah bagian dari Mitsuba Group yang berkedudukan di Jepang. Selain di Tangerang, PT Mitsuba Indonesia mempunyai dua pabril yang terletak di Cikande yang berdiri pada Juli 2008 dan April 2012. PT Mitsuba Indonesia menjadi perusahaan supplier sparepart elektrik untuk perusahaan otomotif terkemuka, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Nissan, dan Hyundai.

PT Mitsuba Indonesia memiliki tiga pabrik yang fokus produksinya masing-masing. Pabrik Tangerang memiliki fokus produk, mulai Starter Motor for Motorcycles, Horn for Motorcycles, Flasher Relay, Fuel Pump Module, LED Flasher Lamp, LED License Lamp, dan Motor Parts.

Sedangkan untuk pabrik yang berada di Cikande, fokus memperoduksi AC Generator, Starting Generator, dan Wiper Arm. Sementara pabrik dua yang berada di Cikande, fokus memproduksi Aluminium Diecast Parts.

3 dari 5 halaman

Sejarah Mitsuba Group

Berikut timeline sejarah Mitsuba Corporation:

1946: Mitsuba Electric Mfg. Co., Ltd. didirikan di Kiryu, Prefektur Gunma. Produksi dan penjualan lampu generator untuk sepeda dimulai.

1951: Produksi dan penjualan motor penghapus dimulai.

1956: Produksi dan penjualan motor penghapus dimulai.

1960: Produksi dan penjualan starter untuk sepeda motor kecil dimulai.

1970: Ryomo Computing Center Co., Ltd. didirikan. (Berganti nama menjadi Ryomo Systems Co., Ltd. pada tahun 1982)

1977: Penawaran umum perdana di Bursa Saham Tokyo.1986 American Mitsuba Corporation didirikan di Illinois, AS

1988: Saham Mitsuba dicatatkan di Bagian Kedua Bursa Saham Tokyo.

1989: Pencatatan saham Mitsuba diubah menjadi Bagian Pertama Bursa Saham Tokyo.

1993: Nama bisnis diubah menjadi Mitsuba Corporation.

1997: Mitsuba mengumumkan Deklarasi dan Pedoman Aksi Lingkungan Mitsuba Baru.

2006: MITSUBA WAY didirikan.

2007: Jidosha Denki Kogyo Co., Ltd. (Jideco) bergabung dengan Mitsuba.

2014: Mitsuba Vision 2024 didirikan.

2017: Visi Lingkungan Mitsuba 2046 diumumkan.

2021: Mitsuba Vision 2030 didirikan.

4 dari 5 halaman

Visi Misi Mitsuba Group

Di lingkungan ini, Mitsuba merumuskan "MITSUBA VISION 2030" tahun lalu, yang menandai peringatan 75 tahun berdirinya perusahaan kami. Mitsuba bertujuan untuk menjadi grup perusahaan yang dapat terus tumbuh bersama, berkontribusi mewujudkan masyarakat bebas karbon melalui solusi elektrifikasi yang optimal.

Selanjutnya, untuk mewujudkan visi tersebut, Mitsuba baru saja mendirikan "Bisnis Solusi Elektrifikasi" tahun fiskal ini untuk mempercepat pengembangan produk bernilai tambah tinggi, termasuk produk untuk CASE, yang diharapkan tumbuh di masa depan karena elektrifikasi mobilitas yang cepat.

Mitsuba akan melanjutkan upaya untuk menjadi perusahaan terpercaya yang memenuhi harapan masyarakat dan memenuhi peran sebagai anggota masyarakat berdasarkan filosofi “memberikan kesenangan dan ketenangan pikiran kepada orang-orang di dunia” melalui “teknologi yang selaras dengan masyarakat dan lingkungan.”

 

5 dari 5 halaman

Filosofi dan Nilai-Nilai Mitsuba Group

Filosofi

Bersama dengan pihak-pihak yang mendukungnya, Mitsuba akan memberikan kesenangan danketenangan pikiran kepada masyarakat duniadengan menciptakan teknologi yang selaras denganmasyarakat dan lingkungan. Grup Mitsuba menawarkan kesenangan dan ketenangan pikiran kepada pelanggan di seluruh dunia dan berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang kaya secara spiritual.

Nilai

Nilai yang Mitsuba berikan adalah “kesenangan dan ketenangan pikiran”, yang mengikuti keamanan, kenyamanan, dan kemudahan. Nilai ini tidak hanya menjadi landasan kami membuat desain sistem kendaraan, tetapi terletak di jantung bidang bisnis baru yang menyebar ke bidang industri dan kehidupan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Mitsuba menciptakan teknologi yang selaras dengan masyarakat dan lingkungan. Untuk mewujudkan konsep “pleasure and peace of mind”, Mitsuba akan menciptakan teknologi baru yang mengakomodir beragam nilai yang dianut manusia dan sistem sosial yang berkembang, serta selaras dengan alam dan lingkungan global.

Setiap karyawan Mitsuba bekerja menuju pemenuhan filosofi Mitsuba dan berpartisipasi dalam aktivitas perusahaan sebagai agen aktif. Selain itu, Mitsuba berhutang banyak kepada pelanggan, mitra bisnis, pemegang saham, dan banyak lainnya yang terlibat dengan Mitsuba atas dukungan mereka, yang membuat Mitsuba terus bergerak menuju tujuan ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS