Sukses

PT Reska Multi Usaha Adalah Perusahaan KAI Servis, Ini Sejarah dan Bidang Usahanya

Liputan6.com, Jakarta - PT Reska Multi Usaha disingkat RMU adalah perusahaan di bidang jasa servis yang menunjang program kerja PT KAI Indonesia. PT Reska Multi Usaha adalah perusahaan KAI Servis dengan banyak bidang usaha.

Melansir dari situs website resmi KAI Service, bidang usaha dari PT Reska Multi Usaha adalah servis pengelolaan perparkiran, catering dan cafe, retail loko kios, dan entertainment.

PT Reska Multi Usaha, mereka bergerak sebagai perseo sejak tahun 2003. PT Reska Multi Usaha adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dengan visi utama menjadi perusahaan penyedia jasa terbaik untuk mendukung penyelenggaraan perkeretaapian.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang PT Reska Multi Usaha (RMU), sejarah berdirinya RMU, dan bidang usaha RMU, Rabu (30/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

PT Reska Multi Usaha adalah Anak Perusahaan PT KAI Indonesia

PT Reska Multi Usaha adalah perusahaan milik negara yang menjadi anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI Indonesia. PT Reska Multi Usaha disingkat RMU merupakan perusahaan di bidang usaha servis yang menunjang program kerja PT KAI Indonesia.

Mulai dari servis pengelolaan perparkiran, catering dan cafe, retail loko kios, dan entertainment.

Melansir dari situs website resmi KAI Service, disebutkan nama lain dari PT Reska Multi Usaha adalah perusahaan KAI Service. Bidang usaha dari PT Reska Multi Usaha terdiri dari tiga kategori, yakni On Board Services, Integrated Facility Servis, dan Commercial Services.

Ini rincian dari bidang usaha PT Reska Multi Usaha yang dimaksudkan:

1. On Board Services sebagai bidang usaha PT Reska Multi Usaha terdiri dari:

- Sales On Train,

- On Train Cleaning, dan

- Passenger Amenities.

2. Integrated Facility Service sebagai bidang usaha PT Reska Multi Usaha terdiri dari:

- Security,

- Parking,

- Cleaning Service, dan

- Outsourcing.

3. Commercial Services sebagai bidang usaha PT Reska Multi Usaha terdiri dari:

- Restaurant,

- Catring,

- General Trading,

- Cafe and Catering, dan

- Digital Business.

Sejarah berdirinya PT Reska Multi Usaha, mereka bergerak sebagai perseo sejak tahun 2003. Dijelaskan lebih mendalam, sebelum itu servis transportasi kereta api berasal dari kesadaran pemerintah Hindia Belanda menyediakan restoran kereta api sebagai pemenuhan makan dan minum di sepanjang perjalanan.

Maka, dibentuklah restoran kereta api pada rentang waktu 1930-an. Layanan servis kereta api ini berkembang hingga di masa PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) di tahun 1971 diberi nama RESTORKA. Servis RESTORKA pada saat itu hanya melayani minuman “Es Siripit” dan terus berkembang hingga bisa menyediakan menu makanan legendaris Indonesia “Nasi Goreng Parahyangan.”

Visi dari PT Reska Multi Usaha adalah “Menjadi perusahaan penyedia jasa terbaik untuk mendukung penyelenggaraan perkeretaapian.” Misi dari PT Reska Multi Usaha adalah “Menyediakan layanan yang berkualitas tinggi untuk penyelengara perkereta apian dan memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders dengan sumber daya yang trust, fresh, dan cheerful.”

3 dari 3 halaman

Bidang Usaha PT Reska Multi Usaha dan Penjelasan Lengkapnya

Ini penjelasan lengkap tentang bidang usaha PT Reska Multi Usaha melansir dari situs website resminya:

1. Resparking

Resparking adalah bidang usaha PT Reska Multi Usaha sebagai satu-satunya operator parkir yang dapat menggunakan sistem cashless dengan 4 kartu perbangkan yaitu BNI, BCA, BRI, MANDIRI tanpa menggunakan EDC.

Menghimpun data dari KAI Services pada 2022, total ada 115 lokasi parkir sebagai bidang usaha PT Reska Multi Usaha.

Resparking dari PT Reska Multi Usaha, juga memiliki sistem terbaru dengan berbasis Android yaitu Android Mobile Parking dengan 2 (dua) mode pembayaran yaitu Tunai (Cash) dan Non Tunai (Cashless)

- Sistem E-parking (Cashless)

- Sistem Combo (Cashless)

- Sistem CPMS (Cash)

- Android Phone Mobile Parking

2. Cafe and Catering

Cafe and Catering sebagai bidang usaha PT Reska Multi Usaha, di awali dengan BIG 99 dan Si Loko Cafetaria di Bandung, PT. RMU sukses membuka beberapa cafe dengan brand, “Loko”.

Menghimpun data dari KAI Services pada 2022, total ada 15 Café and Resto sebagai bidang usaha PT Reska Multi Usaha.

Mulai dari Loko Cafe di Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Gubeng Surabaya, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Gambir & Malioboro serta Loko Express di Stasiun Semarang poncol.

- Loko Cafe Jogja

Mulai 23 Mei 2015, Loko Cafe menghadirkan layanan “Loko Delivery Service” bagi masyarakat Jogja yang ingin menikmati hidangan Loko Cafe tanpa harus ke stasiun.

- Loko Express Semarang

Loko Express memiliki konsep layanan take away dengan makanan cepat saji.

- Loko Café Gubeng

Dengan desain modern minimalis, wood furniture, dan juga industrial, mengikuti perkembangan atau trend cafe, dan inovasi menu dengan cita rasa lokal khas surabaya.

- Loko Café Gambir

menu andalan yakni Chicken Cordon Bleu, Dory Steak, Nasi Goreng Tuna, dll..

- Loko Café Malioboro

Loko Cafe Malioboro terletak di emplacement Stasiun Tugu Yogyakarta yang berhadapan langsung dengan lokasi wisata Malioboro yang merupakan icon wisata di Yogyakarta.

- Si Loko Cafetaria

Si Loko Cafetaria berlokasi di dalam kantor pusat PT. KAI.

3. Event Organizer

PT Reska Multi Usaha sebagai anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengembangkan bidang usahanya sebagai event organizer yang disebut “Reska Entertainment.”

Ini pengembangan bisnis baru PT Reska Multi Usaha yang sedang tumbuh dan berkembangan. Layanan yang ditawarkan adalah kegiatan gathering, pembinaan, leisure activity, serta event-event formal dan non formal lainnya.

Semenjak dibentuk melalui Keputusan Direksi RMU no KEP.U/KM.07/1/RMU-2018 tanggal 05 Januari 2018, portofolio bidang usaha ini menunjukkan kinerja yang cukup baik dengan klien yang berasal dari PT Kereta Api Indonesia, BUMN lain, maupun sektor Swasta.

- Meeting

- Adventure

- Event

- Leisure

4. Restoran On Train

PT Reska Multi Usaha memiliki bidang bisnis Restaurant On Train (ROT), yaitu pengelolaan dan pelayanan makanan dan minuman di setiap perjalanan kereta api. Bidang bisnis ini cikal bakal berdirinya PT RMU sejak perusahaan kereta api milik negara beroperasi di Indonesia.

Menghimpun data dari KAI Services pada 2022, total ada 210 Restaurant On Train, bertajuk Exploring Indonesian Culinary On Train yang mengajak para penumpang kereta api untuk menikmati sajian-sajian khas Indonesia dari berbagai daerah dalam perjalanan kereta api.

Mulai dari empal gentong khas Cirebon, Nasi Rawon khas Surabaya, hingga Nasi Pecel khas Madiun. Selain itu, PT RMU berkomitmen untuk turut menjaga lingkungan melalui Restaurant On Train. Setiap kemasan makanan produk menggunakan kemasan Ramah Lingkungan dengan mengusung tema Go Green.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS