Sukses

7 Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan, Ini Mitos dan Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Ada segudang manfaat rumput fatimah atau Labisa Pumila untuk kesehatan yang jarang diketahui. Ini termasuk manfaat rumput fatimah bagi wanita, pria, dan kehamilan. Rumput fatimah adalah tanaman herbal yang tumbuh secara liar di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia.

Ini tumbuhan yang subur di dataran rendah dan kawasan hutan dengan ketinggian 300 hingga 700 meter. Rumput fatimah termasuk tanaman merambat yang bisa tumbuh mencapai 30-40 cm.

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan yang Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, memberi khasiat baik untuk sistem kerja jantung, menjaga kekokohan tulang, menjaga sistem imun tubuh, meningkatkan stamina, hingga meningkatkan kontraksi bagi ibu hamil.

Khasiat rumput fatimah umumnya bisa diperoleh dengan mengonsumsinya menjadi teh herbal, dioleskan, dibuat kapsul, hingga bubuk. Simak hasil penelitian manfaat rumput fatimah untuk kesehatan agar lebih memahami tentang mitos dan fakta rumput fatimah bagi kesehatan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang manfaat rumput fatimah untuk kesehatan dan hasil penelitiannya, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah bisa menjaga kesehatan organ jantung, terutama pada wanita menopause. Adanya manfaat rumput fatimah ini diungkap dalam penelitian sah secara etik oleh Research and Ethics Committee, Universiti Sains Malaysia.

Penelitian dilakukan oleh sebanyak 63 pasien dalam kurun waktu 6 bulan yang dibagi dua, ada kelompok penerima ekstrak rumput fatimah dan menerima plasebo. 

Hasil penelitian menemukan manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah memiliki efek menguntungkan untuk menurunkan nilai trigliserida (TG). Ini fitosuplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung pada wanita menopause.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Adanya manfaat rumput fatimah ini diungkap dalam penelitian berjudul Balancing Nature and Wellness: Malaysian Traditions of "Ramuan" the History, Culture, Biodiversity and Scientific Assimilation of Medicinal Plants in Malaysia (2009) oleh Foster S..

Disebutkan manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti mengobati disentri (peradangan pada usus), perut kembung, dan wasir.

3. Mengatasi Osteoporosis

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah mampu mengatasi masalah osteoporosis. Ekstrak rumput fatimah lebih aman karena tidak ditemukan efek samping yang berat. Khasiat rumput fatimah ini terutama berdampak baik bagi wanita menopause.

Adanya anfaat rumput fatimah untuk kesehatan tulang ini diungkap dalam penelitian berjudul Sub-acute Toxicity Evaluation of an Aqueous Extract of Labisia Pumila (2009) oleh Singh GD, dkk. (2009).

Dilaporkan tentang manfaat rumput fatimah untuk kesehatan, dosis aman konsumsi rumput fatimah berkisar hingga 560 mg/hari untuk wanita pascamenopause. Ditegaskan sekali lagi, ekstrak ini hanya bisa digunakan dengan dosis yang rendah.

3 dari 3 halaman

Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melansir dari Drugs, khasiat ini berasal dari rumput fatimah yang memiliki kandungan antioksidan melimpah.

Inilah mengapa rumput fatimah baik menjaga sistem imun tubuh, membuat seseorang tidak mudah terserang penyakit. Direkomendasikan, mengonsumsi rebusan ekstrak rumput fatimah atau dalam bentuk teh herbal secara rutin.

5. Meningkatkan Stamina

manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah baik dalam upaya meningkatkan stamina tubuh. Adanya manfaat rumput fatimah ini diungkap dalam jurnal penelitian berjudul The In Vivo Rodent Micronucleus Assay of Kacip Fatimah (Labisia pumila) Extract (2006) oleh S. Zaizuhana, dkk.

Penelitian ilmiah ini melibatkan sekelompok pria dari beberapa etnis yang berbeda di Malaysia. Hasil penelitian tentang manfaat rumput fatimah ini terbukti mereka para pria, mengalami peningkatan stamina dan produktivitas setelah mengonsumsi ekstrak rumput fatimah.

6. Memberikan Perlindungan Kulit 

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah baik untuk menjaga kesehatan kulit, bisa didapat dengan mengoleskannya. Melansir dari Drugs, ekstrak dari rumput fatimah dipercaya mampu melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet atau paparan langsung sinar matahari.

Cara kerja manfaat rumput fatimah untuk kecantikan ini, melindungi fibroblas kulit dari kematian sel, lalu meningkatkan produksi kolagen, serta mengurangi efek sitokin inflamasi. Agar lebih maksimal, jangan lewatkan penggunaan sunscreen atau tabir surya juga.

7. Meningkatkan Kontraksi Kehamilan

Manfaat rumput fatimah untuk kesehatan adalah dipercaya oleh banyak orang mampu meningkatkan kontraksi kehamilan. Adanya khasiat rumput fatimah ini pun masih banyak digunakan orang-orang yang tinggal di pedalaman.

Rumput fatimah memang benar bisa meningkatkan kontraksi rahim untuk melancarkan kehamilan. Akan tetapi, penelitian di Malaysia menyebutkan, berbeda dengan oksitosin, kadar zat aktif dalam rumput fatimah sulit untuk diukur, sehingga lebih berisiko membahayakan bagi ibu hamil.

Dalam buku berjudul Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi oleh Sudung O Pardede, Parlindungan Siregar, Hardinsyah dan Budi Iman Santoso, ditegaskan minum air rumput fatima ini tidak disarankan karena mengakibatkan kontraksi rahim berlebihan yang membahayakan keselamatan ibu dan janin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS