Sukses

6 Jamu Khusus Wanita yang Bisa Bikin Cantik dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Jamu merupakan minuman tradisional yang berasal dari rempah-rempah asli Indonesia. Selain untuk kesehatan, jamu juga dipercaya menambah kecantikan dari dalam.

Namun, banyak wanita terutama kaum milenial yang tidak banyak tahu jamu apa saja yang biasa dikonsumsi wanita sejak dulu. Liputan6.com merangkum enam jamu yang sudah sejak dulu dipercaya oleh wanita Indonesia bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Anton-Anton Muda

Bagi Anda yang sedang hamil muda, jamu ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan. Anton-anton muda bisa membantu agar wanita hamil tidak banyak muntah-muntah, serta menghilangkan lesu dan lemah. Jamu ini mengandung Sintok (Sintok cortex), Pulosari (Alyxiae cortex), Kemukus (Cubebae fructus), dan Seprantu (Sindorae fructus).

2. Galian Putri

Jamu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wanita. Wajah menjadi berseri dan bercahaya terutama setelah datang bulan. Jamu ini umumnya mengandung jati belanda (Guazumae folium), daun anting-anting (Indicae folium), tabat barito (Ficusis deltoidae Folium), dan temulawak (Curcumae rhizoma).

3. Galian Singset

Bagi wanita yang ingin punya badan langsing, tak perlu membeli obat pelangsing berbahan kimia. Minuman tradisional ini bisa jadi pilihan Anda.

Galian singset bermanfaat untuk merampingkan bentuk badan dan mengurangi lemak berlebihan. Rutin minum jamu ini pun dapat menjaga agar badan tetap langsing serta dapatr menurunkan kolesterol. Jamu ini umumnya mengandung jati belanda (Guazumae folium), daun ketapang (Terminaliae fructus), temulawak (Curcumae rhizoma), meniran (Phyllanti herba), dan buah kayu putih (Melaleucae fructus).

 

2 dari 3 halaman

4. Galian Parem

Wanita setelah melahirkan yang minum jamu galian parem ini dapat membatu untuk pemulihan. Manfaat jamu ini dapat membuat badan sehat dan segar. Selain itu, jamu ini ternyata bisa membantu melancarkan air susu. Ibu sehat, bayi pun sehat.

Jamu tersebut umumnya terdiri dari daun iler (Colei atropurei Folium), ketumbar (Coriandri fructus), buah kemukus (Cubebae fructus), kencur (Kaempferiae rhizoma), lengkuas (Languatis rhizoma), dan jahe (Zingiberis rhizoma).

5. Patmosari Rapet

Jamu ini biasa diminum setelah haid. Patmosari rapet membantu untuk memulihkan kembali badan setelah haid, menambah gairah atau semangat, serta mencegah keputihan.

6. Bersih Darah

Bila Anda memiliki masalah kulit, jamu bersih darah bisa menjadi solusinya. Jamu ini bermanfaat untuk membersihkan darah sehingga bisa menghilangkan permasalahan kulit. Masalah kulit yang bisa diatasi seperti bisul, gatal-gatal, jerawat, eksim, giduh atau biduran, bahkan keringat yang bau.

Bila ingin mencicipi jamu di atas, Anda bisa datang ke Jamu Bukti Mentjos, Jalan Salemba Tengah Nomor 48, Jakarta Pusat. Warung buka dari pukul 09.00-21.30 WIB. (Fairuz Fildzah)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Pecak Ikan Mujair, Rasa Asam Pedas yang Bikin Nagih
Artikel Selanjutnya
Cara Gampang Membuat Jagung Bakar Gurih Rasa Bawang