Sukses

Plakat Adalah Benda yang Digunakan Sebagai Suvenir, Kenali Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Plakat adalah istilah yang mungkin sudah sering didengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Plakat adalah suatu benda yang sering kali digunakan sebagai suvenir atau hadiah untuk orang lain pada momen spesial.

Plakat biasanya terbuat dari materi pilihan, biasanya berbentuk benda padat. Kamu mungkin sering kali melihat plakat dengan bahan akrilik, kayu, hingga fiber. Plakat memang terdiri dari beberapa jenis, sesuai dengan bahannya.

Plakat adalah suatu benda yang diberikan sebagai suvenir atau hadiah pada momen penting. Biasanya, plakat diberikan kepada orang-orang yang memenangkan suatu kompetisi, menjadi pembicara dalam seminar, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/11/2022) tentang plakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Plakat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), plakat adalah surat pengumuman (undang-undang dan sebagainya) berupa gambar ataupun tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, dan tempat-tempat umum untuk penyebaran yang lebih luas. Selain itu, pengertian lainnya plakat adalah suatu benda yang sering kali dipakai sebagai souvenir atau hadiah untuk orang lain pada momen spesial.

Sementara itu, mengutip kamus Merriam-Webster, placard atau plakat adalah sebuah catatan yang dipasang di tempat umum, seperti kartu kecil, rambu, atau plang. Plakat adalah suatu hal yang dapat dipajang atau digantung di sebuah kendaraan atau bangunan untuk memberikan informasi tentang operator kendaraan tersebut atau isi dari kendaraan atau bangunan tersebut. Plakat juga dapat merujuk kepada papan atau catatan yang dibawa oleh para pengunjuk rasa.

3 dari 5 halaman

Fungsi Plakat

Plakat adalah benda yang diberikan sebagai souvenir, dan biasanya digunakan dalam berbagai acara. Fungsi plakat adalah sebagai berikut:

- Sebagai ucapan selamat pernikahan,

- Sebagai ucapan ulang tahun,

- Sebagai ucapan terima kasih,

- Sebagai piala penghargaan,

- Sebagai trofi perlombaan,

- Sebagai trofi untuk wisuda,

- Sebagai ucapan atau tanda kerja sama.

 

4 dari 5 halaman

Jenis Plakat

Ada berbagai jenis plakat yang bisa kamu buat atau pesan. Hal ini tergantung pada bahan yang kamu inginkan. Jenis plakat adalah sebagai berikut:

1. Plakat Akrilik

Jenis plakat yang pertama yaitu plakat akrilik, yang menjadi salah satu kerajinan modern yang banyak digemari oleh konsumen. Plakat akrilik dapat dibuat dengan proses yang mudah dan memiliki daya tahan yang bagus, baik terhadap benturan ataupun terhadap cuaca. Selain itu, harga plakat akrilik juga sangat terjangkau, sehingga sangat direkomendasikan buat kamu yang memiliki dana terbatas.

2. Plakat Kayu

Plakat Kayu adalah kerajinan yang terbuat dari kayu pilihan untuk menjaga kualitas plakat yang dihasilkan agar lebih awet, kuat, dan tahan lama. Namun, proses pembuatan plakat kayu sedikit rumit dan susah dalam pengukirannya, sehingga tidak mengherankan jika harga plakat kayu ini termasuk mahal.

3. Plakat Fiber

Plakat Fiber adalah kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan yang diracik, kemudian dicetak menggunakan cetakan yang sesuai dengan pesanan. Desain plakat fiber juga terkesan modern dan lebih kekinian, serta bisa dibentuk menjadi miniatur, trophy, maupun bentuk yang lebih simpel. Plakat fiber yang berkualitas dan elegan tentunya juga ditentukan dengan pemilihan bahannya.

4. Plakat Resin

Plakat Resin adalah kerajinan yang terlihat elegan dan sangat indah. Bahannya jernih bening seperti kristal, namun tidak seperti kaca karena sifatnya mudah dibentuk. Proses pembuatan plakat resin hampir sama dengan plakat fiber yaitu dengan cara dicetak menggunakan cetakan yang telah dipersiapkan.

5. Plakat Logam

Plakat Logam adalah kerajinan yang terbuat dari kuningan, almunium, stainless, dan berbagai macam bahan logam lainnya. Pada dasarnya kegunaan kerajinan logam ini digunakan sebagai ornamen untuk menghiasi suatu tempat atau bisa juga digunakan untuk menghiasi suatu ruangan. Warna logam yang mewah dan memiliki kesan yang elegan dan lebih tahan lama membuat banyak yang meminatinya.

5 dari 5 halaman

Teknik Melukis Plakat

Teknik melukis plakat adalah sebagai berikut:

Teknik Seni Cat Minyak

Seni lukis cat minyak adalah proses pengecatan yang menggunakan pigmen yang diasosiasikan dengan media pengering minyak. Seorang seniman dapat menggunakan teknik minyak yang berbeda dalam lukisan tergantung pada efek yang diinginkan. Secara umum teknik melukis cat minyak ini terbagi menjadi tiga, yaitu:

- Teknik Basah. Teknik basah adalah teknik melukis di mana cat minyak diencerkan dengan minyak biji rami atau cat minyak. Setelah cat diencerkan hingga ketebalan tertentu, kemudian poles pada permukaan kanvas. Kuas yang digunakan dalam teknik ini adalah sikat berbulu panjang.

- Teknik Kering. Berbeda dengan teknik basah, teknik kering berarti melukis tanpa minyak biji rami atau minyak untuk melukis. Kuas yang digunakan dalam teknik ini harus kering dan tidak berminyak. Untuk teknik ini disarankan menggunakan warna yang baru keluar dari tabung. Teknik pengeringan cocok untuk lukisan dengan kesan volume dan ruang seperti naturalisme, realisme dan surisme.

- Teknik Campuran. Teknik ini merupakan kombinasi dari teknologi kering dan basah. Dengan teknik campuran kamu bisa menutupi kekurangan teknik basah dan kering. Dengan teknik ini, pertama teknik pengeringan dan kemudian teknik basah digunakan. Cat diblokir dan intensitas cat minyak ditambahkan secara perlahan sampai fase pengecatan akhir tercapai.

Teknik Seni Aquarel

Teknik seni Aqurel adalah suatu teknik melukis yang menggunakan cat air dengan pengaplikasian cat yang halus, sehingga warna yang dihasilkan terarsir secara transparan.

Teknik Seni Spray

Teknik seni spray atau semprot adalah salah satu teknik gambar dengan menyemprotkan cat ke media lukisan. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menciptakan gambar yang lebih halus dan lebih visual. Contoh lukisan dengan teknik semprot ini adalah grafiti yang sering terlihat di dinding jalanan.

Teknik Seni Pointilis

Seni pointillism atau titik adalah salah satu cara dalam melukis untuk membuat gambar yang cerah atau mencampur warna dengan membuat titik-titik untuk membuat lukisan yang menarik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS