Sukses

PKKMB adalah Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa, Pahami dari Tujuannya

Liputan6.com, Jakarta PKKMB adalah singkatan dari pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. kata PKKMB ini merupakan istilah dari masa pengenalan kampus yang dulu sering kita kenal dengan istilah ospek.

PKKMB adalah istilah yang tak asing dikalangan mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan di seluruh universitas di Indonesia. Dengan tujuan PKKMB adalah memberikan pembekalan bagi mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

PKKMB adalah kegiatan yang dilakukan diawal penerimaan mahasiswa baru. Setiap universitas memiliki aturan tersendiri ketika melaksanakan kegiatan PKKMB. Kegiatan ini menjadi syarat penting dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian PKKMB dan tujuannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengertian PKKMB

Seperti yang dijelaskan di atas, PKKMB adalah singkatan dari pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. PKKMB adalah kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru.

PKKMB adalah syarat penting dan wajib diikuti mahasiswa baru sehingga memperoleh sertifikat yang dapat dicatatkan dan dimuat dalam SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah ketika lulus Sarjana nanti.

PKKMB adalah istilah lain dari masa pengenalan kampus yang dahulu dikenal dengan istilah ospek. Melalui kegiatan ini, mahasiswa baru diharapkan dapat mempermudah proses adaptasi mereka dengan lingkungan perguruan tingginya.

Dikutip dari laman Kemdikbud, PKKMB adalah wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

3 dari 5 halaman

Tujuan PKKMB

Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, tujuan utama dari PKKMB adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan.

Pelaksanaan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

PKKMB adalah kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru yang ada di semua kampus perguruan tinggi di seluruh indonesia, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

Program PKKMB adalah program institusi bukan program mahasiswa, karena itu PKKMB menjadi tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi dengan kepanitiaan melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Oleh karenanya, implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika, dan hukum.

PKKMB diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat,  penyelenggaraan PKKMB difokuskan pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental. 

Adapun tujuan lain dari PKKMB adalah sebagai berikut ini:

1. Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat.

2. Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab.

3. Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner).

4 dari 5 halaman

Metode Pelaksanaan Kegiatan PKKMB

Pada umumnya, metode pelaksanaan dari kegiatan PKKMB adalah sebagai berikut:

1. Penyampaian materi dilaksanakan dengan metode daring, luring maupun blended atau hybrid yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing perguruan tinggi. 

2. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, seminar, simulasi, dan metode lain yang disesuaikan dengan kondisi serta memanfaatkan media kreatif dan teknologi informasi.

3. Tempat penyelenggaraan dilaksanakan di kampus atau di tempat tinggal masing-masing mahasiswa baru.

4. Waktu kegiatan dilaksanakan 2 hingga 5 hari dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir maksimal pukul 17.00 waktu setempat.

5 dari 5 halaman

Materi PKKMB

Adapun 5 materi yang wajib disampaikan oleh pihak kampus saat penyelenggaraan PKKMB, yakni:

1. Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara.

2. Sistem pendidikan tinggi di Indonesia. 

3. Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0.

4. Kesadaran lingkungan hidup dan kampus sehat.

5. Manajemen risiko, kesiapsiagaan, dan mitigasi bencana di perguruan tinggi.

Dengan materi tersebut, PPKMB dapat meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air. Hingga membantu mahasiswa baru memahami arti penting pendidikan yang akan ditempuh, pendidikan karakter, dan pengembangan kompetensi bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui kegiatan PKKMB yang dilaksanakan di perguruan tinggi di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  atau Kemendikbudristek mengharapkan beberapa hasil dapat dicapai dengan tepat. Kegiatan ini dapat membuat mahasiswa baru memahami dan mengenali lingkungan baru, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS