Sukses

10 Cara Meluruskan Rambut Ikal pada Pria, Cepat dengan Bahan Alami

Cara meluruskan rambut ikal pada pria bisa dilakukan tanpa rebonding, menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut yang indah, sehat dan berkilau tidak hanya penting bagi wanita, namun menjadi elemen penting dan menunjang penampilan bagi pria. Tidak semua orang terlahir dengan rambut lurus, oleh karena itu terdapat banyak cara meluruskan rambut ikal pada pria yang mudah juga sederhana. 

Memiliki rambut lurus dan terawat, membuat Anda bisa tampil dengan percaya diri. Selain menggunakan pelurus rambut, ada beberapa cara meluruskan rambut ikal dengan bahan alami seperti campuran susu dan madu, santan, minyak, telur, lidah buaya dan masih banyak bahan lainnya.

Cara meluruskan rambut ikal pada pria dengan cara instan terlihat mudah, namun berpotensi merusak rambut. Memang tidak semua pria menginginkan rambut yang lurus, tapi tak ada salah mencoba tampil beda dengan rambut yang lurus dan berkilau. Selain aman dan tidak memiliki efek samping, bahan-bahan alami ini juga membantu mengatasi kerusakan rambut, ketombe, serta memberi nutrisi lebih pada akar rambut. 

Berikut ini cara meluruskan rambut ikal pada pria yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Meluruskan Rambut Ikal pada Pria

1. Santan dan Lemon

Cara meluruskan rambut ikal bisa menggunakan campuran santan dan lemon. Secara alami membantu rambut tampak lurus, dan lebih lembut. Anda bisa mencampurkan seperempat cangkir santan, lalu tambahkan satu sendok makan air lemon. Biarkan campuran ini di lemari es semalaman, lalu oles di rambut secara merata dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama beberapa saat, lalu bilas menggunakan air mengalir. 

2. Pisang dan Pepaya

Tak hanya meluruskan, namun membantu meningkatkan kekuatan rambut, juga memberi nutrisi. Anda bisa menghaluskan satu buah pisang dan pepaya dengan ukuran yang sama, hingga membentuk pasta. Oleskan campuran ini secara merata di rambut, sama seperti masker rambut. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin dan sampo.

3. Susu dan Madu

Protein dalam susu akan membantu menutrisi rambut, dan madu berperan sebagai emolien yang membantu melembapkan dan mengatasi rambut kusut. Anda bisa mencampurkan seperempat cangkir susu dengan dua sendok makan madu, lalu oles secara merata ke rambut, diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan produk rambut seperti shampo. 

3 dari 4 halaman

Cara Meluruskan Rambut Ikal pada Pria

4. Minyak Kedelai

Cukup dengan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak, dan panaskan sebentar. Setelah campuran dingin, Anda bisa mengoleskan pada helai rambut sambil memijit. Diamkan selama beberapa saat, lalu keramasi rambut dengan shampo dan air hangat.

5. Yogurt dan Telur

Cara meluruskan rambut bisa menggunakan bahan alami salah satunya adalah yogurt yang bisa dicampur dengan telur. Khasiat bahan ini, akan sangat efektif untuk membuat rambut jadi lurus dan berkilau. Langkah mudah yang bisa Anda terapkan adalah, campur putih telur dan cangkir yoghurt dengan takaran yang sama, kemudian aduk hingga merata dan membentuk pasta. Campuran yang telah dibuat, bisa Anda oleskan secara merata ke rambut, dan biarkan hingga beberapa menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih. 

6. Minyak Kastor

Minyak kastor adalah hasil ekstraksi biji tanaman castor. Kaya akan kandungan anti-oksidan, membantu mengatasi permasalahan yang pada kulit dan rambut. Tak hanya itu saja, vitamin E, protein, dan omega-6 & 9 serta sifat anti-bacterial dan anti-inflammatory, membantu rambut tetap sehat dan berkilau. Gunakan minyak ini secara teratur, membantu Anda meluruskan rambut secara alami. 

4 dari 4 halaman

Cara Meluruskan Rambut Ikal pada Pria

7. Tepung Beras dan Telur

Kombinasi ini membantu rambut tampak lurus dan berkilau. Anda bisa menyiapkan putih telur, dan tambahkan 5 sendok makan tepung beras yang diaduk sampai rata. Oleskan campuran ini pada rambut dan sisirilah rambut, Anda bisa biarkan selama 1 jam setelah itu keramas dengan shampo dan air hangat.

8. Lidah Buaya

Selain mengatasi kerontokan dan ketombe, lidah buaya juga bisa menghaluskan rambut. Adapun langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah memotong batang lidah buaya, belah dan ambil gelnya. Panaskan gel lidah buaya hingga mencair, lalu oles secara merata ke rambut dan biarkan hingga 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo hingga bersih. 

9. Seledri

Seledri juga ampuh mengatasi ketombe, kerontokan, dan penyembuhan setelah rambut rontok. Langkah penggunaannya cukup mudah, Anda bisa menghaluskan seledri secukupnya, kemudian oeskan secara merata pada batang rambut. Tutupi kepala dengan shower cap, dan biarkan semalaman.

10. Cuka dan Air

Cara meluruskan rambut ikal pada pria juga bisa menggunakan cuka dan air, di mana paduan dari bahan alami ini bisa membantu rambut tampak lurus dan berkilau. Langkah mendapatkannya cukup mudah dilakukan, Anda bisa masukkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air, kemudian oles secara merata pada setiap helai rambut. Setelah itu, pijat perlahan dan biarkan hingga beberapa menit lalu bilas hingga bersih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.