Sukses

18 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, yang Mudah & Tanpa Rontok

Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dan aman.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan wanita, tentu ingin memiliki tampilan dan gaya rambut yang indah berkilau. Selain untuk menunjang penampilan, memiliki rambut lurus membuat mereka tampil lebih percaya diri dalam setiap kesempatan. Namun jika Anda memiliki rambut keriting atau bergelombang dan ingin mengubah penampilan, maka ada beberapa cara meluruskan rambut secara alami juga tanpa rontok.

Memang pada kenyataannya, banyak yang memilih untuk melakukan cara instan seperti menggunakan pelurus rambut kimia, namun bahan kimia tentu bisa berbahaya dan merusak kesehatan rambut. Hal itu dapat terjadi, jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, ada berbagai cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah, salah satunya dengan minyak esensial, susu, buah pepaya, yogurt dan masih banyak lagi.

Cara meluruskan rambut secara alami selain aman, tidak menguras kantong, bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Hanya dengan beberapa langkah mudah, cara mengaplikasikan juga gampang, hanya dengan mengoles campuran secara merata keseluruh bagian rambut dan bilas dengan air hangat.

Berikut ini cara meluruskan rambut secara alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022).  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

1. Keringkan dengan udara dingin

Cara meluruskan rambut secara alami bisa dengan mudah Anda lakukan, yaitu mengeringkan dengan udara dingin. Kebanyakan orang terbiasa menggunakan pemanas rambut untuk mengeringkan rambut, namun hal itu membuat rambut menjadi kering dan kasar.

Setelah Anda membiarkan rambut mengering sekitar tiga perempat jalan, maka bagilah rambut menjadi beberapa bagian kemudian biarkan lagi selama beberapa saat. Anda bisa menggunakan pemanas rambut namun oleskan dulu vitamin rambut, dan pastikan suhu yang digunakan sedang. 

2. Bungkus rambut

Cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah membungkus rambut. Metode ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum, agar mendapatkan rambut lurus tanpa styling panas, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana melakukannya secara efektif.

Cara melakukannya juga bisa Anda temukan di youtobe, di mana ketika Anda membungkus rambut, pisahkan bagian atas tempat Anda membelah rambut dan gunakan sisir bergigi rapat untuk menyisirnya hingga rata. Pegang rambut dengan kencang, bawa rambut ke sisi berlawanan dari kepala Anda dari tempat jatuhnya secara alami dan jepit dengan kuat ke sisi kepala. Anda harus mengulangi metode ini untuk setiap bagian rambut, dan kencangkan dengan sorban rambut sebelum tidur di malam hari.

3. Gulung dengan rol plastik

Cara meluruskan rambut secara alami bisa dengan rol plastik, dalam ukuran "jumbo" (diameter 1 3/4 atau lebih besar), maka Anda bisa memperoleh rambut yang sedikit bergelombang dengan volume berton-ton dan hasil akhir yang mengkilap, tanpa memerlukan panas. Metode yang dilakukan cukup mudah, bagi rambut basah Anda menjadi beberapa bagian sedang dan gulingkan produk ke rambut sebelum tidur, atau sekitar empat jam sebelum Anda ingin mencabutnya.

Jenis rol ini mungkin memerlukan beberapa latihan, tetapi beberapa orang dengan rambut sedang hingga panjang akan menyukainya. Meskipun tak lurus sepenuhnya, namun akan membuat rambut Anda terlihat lebih bervolume juga indah. 

4. Gunakan produk rambut

Melansir dari laman healthline, cara meluruskan rambut secara alami bisa menggunakan produk rambut seperti sampo, kondisioner, produk pengkondisi tanpa bilas, hingga semprotan rambut. Gunakan produk rambut ini, untuk menenangkan dan merilekskan rambut. Ketika Anda melakukan eksperimen dengan produk yang dimaksudkan untuk rambut lurus, atau dimaksudkan untuk membuat rambut lebih mudah ditata, bisa menjadi awal yang baik. Tambahkan juga serum penghalus dan kondisioner semprot yang mengandung keratin dapat melapisi helaian rambut. 

5. Tidur dengan rambut basah

Cara meluruskan rambut secara alami selain menggunakan rol rambut dan produknya, maka ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan, namun jika sering melakukannya maka Anda akn pusing setelahnya. Cobalah tidur dengan rambut basah, di mana Anda bisa gunakan ikat rambut untuk mengikat kuncir kuda yang longgar di bagian atas kepala, lalu buat bentuk sanggul dengan melilitkan rambut di sekitar kuncir kuda.

Jangan lupa kencangkan dengan ikat rambut lainnya. Jika Anda tidur dengan rambut basah, mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli sarung bantal satin. Ini akan mengurangi gesekan pada rambut Anda yang dapat terjadi saat Anda tidur, membuat rambut Anda terlihat lebih lurus setelah Anda melepaskannya di pagi hari.

 

3 dari 5 halaman

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

6. Cuka dan Air

Cara meluruskan rambut secara alami selain dengan metode yang sederhana, maka Anda juga harus mencoba dengan bahan - bahan rumahan yang mudah ditemukan. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah campuran cuka dengan air. Untuk melakukannya, Anda bisa memasukkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air, kemudian dioleskan pada helai rambut. Anda bisa diamkan selama beberapa menit, kemudian cuci dan bilas rambut.

7. Bedak bayi

Cara meluruskan rambut secara alami secara aman dan mudah, yaitu dengan menggunakan bedak bayi. Untuk mendapatkan hasinya, mak tuangkan bedak bayi dalam wadah yang kecil, kemudian tambahkan sedikit air. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan secara merata pada rambut yang kering. Diamkan selama 15 menit, dan bilas rambut dengan shampo dan air bersih.

8. Coba masker rambut

Cara meluruskan rambut secara alami bisa menggunakan masker rambut yang bisa Anda olah sendiri menggunakan beberapa bahan, atau dengan masker yang sudah tersedia di beberapa gerai. Ketika Anda menggunakan masker rambut, maka dapat memberikan penampilan yang lebih berkilau dan lurus. Masker rambut berrfungsi secara baik untuk mengembalikan protein pada rambut, serta bisa membuat rambut keriting tampak lebih rileks. Cobalah masker rambut yang menggunakan telur mentah, madu manuka, atau alpukat untuk efek deep conditioning. 

9. Oleskan minyak esensial

Cara meluruskan rambut secara alami bisa dengan minyak esensial, yang secara anekdot, mampu membuat rambut tampak lebih jinak. Beberapa minyak esensial akan lebih mudah diserap ke dalam rambut  daripada produk kimia. Minyak kelapa, minyak argan, minyak almond, dan minyak macadamia semuanya dapat menembus folikel rambut Anda, menyegel dan memperbaiki sel-sel di dalamnya. Setelah Anda menggunakan rol, pembungkus, pengering rambut dingin, atau teknik lain untuk menata rambut, maka oleskan minyak esensial dapat menghangatkan juga menambah aroma manis dan kilau indah pada rambut. 

10. Seledri

Cara meluruskan rambut secara alami bisa juga menggunakan seledri, di mana seledri merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sudah dipercaya mampu merawat kesehatan rambut. Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah, siapkan seledri dan air, lalu haluskan seledri hingga benar-benar halus. Setelah itu seledri yang telah menjadi pasta bisa dioleskan ke seluruh bagian rambut, kemudian bungkus rambut dengan shower cap selama semalaman. Pagi harinya sisir rambut menggunakan sisir bergigi renggang, dan bilas dengan air bersih dan sampo hingga bersih. 

11. Tepung Beras dan Telur

Cara meluruskan rambut secara alami  selain minyak esensial dan seledri, Anda bisa menggunakan campuran tepung beras dan telur. Cara ini ampuh untuk meluruskan rambut dan membuatnya tampak indah berkilau. Anda bisa menyiapkan satu butir telur, lalu pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning. Masukkan putih telur ke dalam wadah, lalu tambahkan 5 sendok makan tepung beras kemudian aduk hingga rata dan mengental. Oleskan campuran pada rambut, dan jangan lupa untuk disisir. Setelah kurang lebih satu jam, Anda bisa bilas rambut dengan sampo menggunakan air yang hangat. 

4 dari 5 halaman

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

12. Pepaya

Cara meluruskan rambut secara alami bisa Anda lakukan dengan buah pepaya, yang diketahui memiliki kandungan mineral yang sangat efektif untuk meluruskan rambut keriting dan bergelombang. Cara menggunakannya cukup mudah dan sederhana, siapkan pepaya matang yang telah dihaluskan, kemudian campurkan dengan sedikit madu hingga semuanya merata. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala, dan diamkan selama 1 jam agar meresap. Bilas menggunakan air bersih juga sampo, kemudian keringkan dan Anda akan menemukan rambut yang lurus dan berkilau. 

13. Pisang

Cara meluruskan rambut secara alami bisa Anda lakukan dengan buah pisang, di mana metode ini sudah banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Pisang diketahui adalah buah yang memiliki nutrisi tinggi, sehingga dipercaya dapat membantu meluruskan rambut keriting dan bergelombang. Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah, bisa siapkan satu buah pisang susu kondisi benyek yang sudah dihaluskan, dan 2 sdm madu lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran ini hingga kulit kepala secara menyeluruh, dan biarkan selam satu jam. Setelah semuanya selesai, Anda bisa bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk.

14. Santan Kelapa

Cara meluruskan rambut secara alami selain pepaya dan pisang, Anda juga bisa menggunakan santan kelapa yang memang populer karena manfaat dan khasiatnya untuk rambut. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, Anda bisa menyiapkan satu buah kelapa tua yang telah parut, kemudian jangan lupa untuk diperas. Langkah selanjutnya bisa dicampurkan satu gelas santan kelapa dengan 2 sdm jeruk nipis yang diaduk hingga rata. Diamkan dalam kulkas selama 2 jam hingga mengental lalu oles keseluruh bagian rambut hingga merata, setelah tunggu beberapa menit maka Anda bisa bilas menggunakan air bersih.

15. Susu Murni

Cara meluruskan rambut secara alami juga cukup efektif membuat rambut tampak lurus dan berkilau. Metode yang dilakukan cukup sederhana, Anda bisa siapkan satu gelas susu dan setengah cangkir air, lalu campur hingga merata. Langkah selanjutnya, Anda tinggal menyemprotkan campuran susu pada selurruh bagian rambut hingga kulit kepala. Diamkan hingga beberapa menit, lalu bilas dengan sampo dan air mengalir hingga bersih. 

 

5 dari 5 halaman

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

16. Minyak Kedelai dan Minyak Jarak

Cara meluruskan rambut secara alami bisa Anda lakukan dengan bahan rumahan yang memang mudah untuk ditemukan. Menggunakan minyak kedelai dan minyak jarak, ternyata ampuh untuk membuat rambut tampak lebih indah berkilau. Cara menggunakan cukup mudah, Anda bisa menyiapkan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak, lalu campurkan ke dua bahan tersebut. Panaskan dua campuran ini, lalu tunggu sebentar hingga menjadi dingin. Oleskan pada helai rambut dan kulit kepala, sambil memijit dan mengurutnya. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan sampo sampai benar-benar bersih. 

17. Yogurt dan Telur

Cara meluruskan rambut secara alami dan mudah untuk dilakukan, Anda bisa menggunakan campuran yogurt dan telur sebanyak 3 butir, namun yang digunakan hanya putih telurnya saja. Tambahkan juga 3 cangkir yogurt dengan takaran yang sama lalu aduk hingga bahan tercampur rata. Setelah menjadi pasta, maka oleskan diseluruh bagian rambut dan tutupi rambut dengan shower cap. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan sampo juga air hangat. 

18. Lidah Buaya

Cara meluruskan rambut secara alami yang terakhir,, Anda bisa menggunakan lidah buaya yang ampuh membuat rambut tampak indah dan berkilau. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mengambil satu batang lidah buaya, belah dan ambil gelnya. Masukkan gel ke dalam wadah untuk merebus, lalu Anda bisa panaskan gel lidah buaya tersebut hingga mencair. Setelah dingin, oleskan pada batang rambut secara menyeluruh, dan tunggu hingga beberapa menit kemudian bisa Anda bilas. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.