Sukses

Cara Memakai Softlens dan Melepasnya dengan Aman, Perhatikan Kebersihan Tangan

Liputan6.com, Jakarta Softlens atau lensa kontak adalah lensa buatan yang berupa lapisan tipis berbentuk kepingan yang dipasang di mata untuk memperbaiki kualitas penglihatan. Lensa kontak memiliki fungsi yang sama seperti kacamata.

Softlens banyak dipilih karena penggunaanya tidak menambah beban di wajah seperti kacamata. Namun, cara memakai softlens kerap kali terkesan menakutkan karena softlens menempel langsung ke bola mata yang merupakan organ yang sensitif.

Jika sudah terbiasa memakai softlen cara memakai softlens tidak akan menakutkan lagi. Selama pemakain mengikuti anjuran yang diberikan pada kemasan, soflen akan aman digunakan.

Berikut cara memakai softlens dan melepasnya dengan aman yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tahap Cara Memakai Softlens yang Aman

1. Cuci Tangan

Tahap cara memakai softlens yang pertama adalah memastikan tangan bersih sebelum menyentuh softlens. Sebelum mulai menyentuh lensa kontak untuk dipasang ke mata, sangat penting untuk memastikan tangan bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko infeksi pada mata. 

2. Keluarkan Softlens dari Tempatnya

Goyangkan perlahan tempat softlens sebelum dibuka agar lensa tidak menempel di tempatnya. Buka tempat lensa kontak satu bagian terlebih dahulu lalu pasang, baru buka tempat softlens bagian yang lain. Hal ini untuk menghindari lensa tertukar bagian kanan dan kiri.

Mengambil softlens dapat dilakukan langsung menggunakan tangan atau menggunakan pinset khusus softlens. Pastikan juga pinset yang digunakan sudah disterilkan. 

3. Bilas Lensa Kontak Sebelum Digunakan

Letakkan softlens di tengan telapang tangan yang bersih, kemudian bilas menggunakan cairan pembersih khusus softlens. Membilas softlens sebelum digunakan akan membuat softlens terasa lebih nyaman saat digunakan 

Tapi pastikan cairan yang digunakan adalah cairan pembersih khusus softlens. Membersihkan lensa kontak dengan selain cairan khusus akan meningkatkan risiko terkena infeksi mata, seperti keratitis.

4. Periksa Kondisi Lensa Kontak

Setelah dibilas, cara memakai softlens selanjutnya adalah memastikan lensa dalam keadaan yang baik, tidak robek atau rusak. Selain itu, pastikan juga lensa berada pada posisi yang benar, tidak terbalik. Posisi lensa yang benar memiliki bentuk sempurna, seperti mangkuk. Apabila terdapat lekukkan dibagian pinggir lensa, tandanya posisi lensa terbalik.

5. Mulai Pasang Softlens

Berdirilah di depan cermin, buka mata dengan cara menarik kelopak mata atas menggunakan jari tangan kiri dan tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah kanan. Arahkan pandangan ke atas. Perlahan dekatkan softlens ke permukaan bola mata sampai menempel di bola mata. Sesuaikan jari tangan yang digunakan memasang sesuai dengan kenyamanan.

6. Kedipkan Mata Secara Perlahan 

Kedipkan perlahan dan putar bola mata agar lensa terpasang sempurna. Kemudian, bukalah mata dan berkedip lagi beberapa kali. Periksa kembali posisi lensa yang sudah terpasang dengan cermin. Softlen yang sudah terpasang sempurna akan membuat melihat dengan nyaman dan jelas. Bila terasa tidak nyaman, sebaiknya lepaskan softlens dan pasang lensa kembali.

Setelah lensa kontak sebelah kanan sudah terpasang, kamu bisa melanjutkan untuk memasang softlens sebelah kiri dengan cara yang sama.

3 dari 4 halaman

Cara Memakai Softlens: Melepas

Setelah mengetahui cara memakai softlens, tidak kalah penting untuk mengetahui cara melepasnya. Berikut tahapan melepas softlens.

1. Cuci kedua tangan sebelum melepas lensa kontak menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah itu, keringkan kedua tangan menggunakan handuk bersih.

2. Gunakan jari tengah untuk menarik kelopak mata bawah dan arahkan bola mata ke atas atau ke samping.

3. Setelah itu, ambil lensa kontak secara perlahan dan keluarkan lensa kontak dari mata.

4. Letakkan softlens yang sudah dilepas pada telapak tangan dan bilas dengan cairan pembersih khusus lensa kontak. Kemudian gosok perlahan softlens sekitar 30 detik untuk membersihkan kotoran yang menempel.

5. Bilas lensa kontak sekali lagi , lalu letakkan softlens pada wadahnya. Lakukan hal yang sama pada sisi softlens yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Memakai Softlens: Hal yang Harus Diperhatikan dan Dihindari

Hal yang Harus Diperhatikan

1. Pastikan rutin membersihkan tempat softlens setidaknya satu kali seminggu dengan cairan khusus lensa dan biarkan tempat lensa terbuka hingga kering

2. Sering mengedipkan mata dapat membantu lensa tetap lembab dan bersih

3. Selalu hidrasi mata dengan obat tetes mata khusus softlens untuk menghindari mata kering

4. Gunakan pelindung mata apabila berada ditempat berdebu

5. Lepaskan softlens apabila mata terasa tidak nyaman

6. Segera periksakan ke dokter apabila mengalami mata merah, nyeri, sensitif terhadap cahaya, atau gangguan penglihatan saat menggunakan softlens

Hal yang Harus Dihindari 

1. Hindari menggunakan softlens lebih dari waktu yang ditetapkan pada kemasan.

2. Hindari tidur menggunakan softlens

3. Hindari berbagi atau meminjam lensa maupun tempat lensa dengan orang lain

4. Hindari berenang menggunakan softlens

5. Hindari membasahi lensa kontak dengan air ludah, air keran, ataupun air minum

6. Hindari memetakan softlens atau tempatnya dibawah sinar matahari

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS